Comscore Tracker

5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership Kamu

Mulailah belajar jadi pendengar yang baik

Apapun bidang yang kamu jalani, sangat penting untuk memiliki skill leadership. Dengan kemampuan itu kamu dapat mengatur sesuatu dengan baik, mampu memutuskan suatu pilihan, dan berinteraksi dengan orang lain.

Oleh karena itu, skill ini merupakan hal yang sangat diperlukan oleh semua orang, baik ketika kamu masih berada di bangku sekolah, kuliah, maupun saat sudah memasuki dunia kerja. Untuk mengasah dan meningkatkan skill leadership, kamu dapat mengikuti beberapa cara ini.

1. Melatih kemampuan komunikasi dengan baik

5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership KamuPexels/Andrea Piacquadio

Skill kepemimpinan ternyata juga bisa meningkat ketika kamu terbiasa melatih skill berkomunikasi. Ini karena saat berkomunikasi dengan orang lain, terlebih dalam sebuah rapat atau diskusi, kamu akan dapat melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Jadi, lama-kelamaan kamu bisa menganalisis suatu permasalahan dengan baik, dan inilah yang diperlukan oleh seseorang yang memiliki skill leadership.

2. Menjadi pendengar yang baik

5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership KamuPixabay/jamesoladujoye

Nah, untuk menguasai skill komunikasi yang baik, itu artinya kamu juga harus menjadi pendengar yang baik. Biasanya pemimpin yang baik adalah orang-orang yang mau mendengarkan pendapat dari anggota-anggotanya. Dari situ, kamu bisa mengetahui masalah yang sedang mereka hadapi sekaligus memberikan saran yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Selalu menganalisis masalah terlebih dahulu

5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership Kamupexels/Kaboompics.com

Seorang pemimpin yang baik biasanya selalu menganalisis sebuah masalah terlebih dahulu sebelum menjabarkan pendapatnya. Ini karena mereka adalah seorang ketua atau pemimpin yang akan dapat memotivasi dan mengarahkan anggota lainnya untuk mengerjakan apa yang harus dikerjakan. Agar tidak salah mengambil keputusan, kamu harus belajar untuk menganalisis setiap masalah yang kamu hadapi.

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Pasti Dimiliki Orang INFJ dan ENFJ

4. Berani mengambil keputusan dan risiko yang ada

5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership KamuUnsplash/Campaign Creators

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu tanggung jawab seorang pemimpin adalah mengambil keputusan agar sesuatu dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, biasa kan dirimu dalam mengambil sebuah keputusan dan memikirkan apa saja akibat yang akan diterima nantinya. Dengan begitu, kamu pasti akan memiliki skill kepemimpinan yang baik.

5. Belajar untuk memberikan pendapat dan arahan

5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership Kamupixabay/rusdidudi

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan kepemimpinan, itu artinya kamu harus menjadi seseorang yang mampu memimpin dan menghindari kebiasaan menjadi pengikut. Maksudnya, berhentilah untuk menjadi orang-orang yang kerap mengikuti semua keputusan tanpa memberikan saran atau ide lainnya. Kamu juga harus berpikir kritis dan menyampaikan pendapat serta saran tentang apa yang sebaiknya harus dilakukan.

Kesannya sangat sederhana ya, tapi poin-poin tersebut ternyata sangat penting untuk bekal kamu menjadi seorang pemimpin yang baik. Tidak harus memaksakan diri kamu langsung menguasai semuanya. Pelan-pelan saja, nanti hasilnya juga akan kelihatan. Good luck ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Mahasiswa yang Berkualitas dengan Skill Mumpuni

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya