Comscore Tracker

Perlu Uang Tambahan karena Gaji Kamu Kecil? Coba 5 Cara Ini 

Good luck ya! Terpenting jangan sampai merugikan orang lain

Dengan besarnya tuntutan hidup saat ini dan banyaknya biaya yang harus dipenuhi, beberapa orang pasti merasa bahwa gaji yang dia terima tidak dapat mencukupi kebutuhannya. Nah, jika kamu salah satu dari orang yang merasa seperti itu, cobalah untuk berani mengambil pekerjaan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara seperti di bawah ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tentunya cara ini halal ya, tidak akan merugikan orang lain.

1. Membangun blog

Perlu Uang Tambahan karena Gaji Kamu Kecil? Coba 5 Cara Ini unsplash/NeONBRAND

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengembangkan hobi yang dimiliki dan menuangkannya ke dalam tulisan blog. Pasalnya, setelah blog kamu sudah memiliki banyak pengunjung, maka kamu bisa mendapatkan passive income dari jasa iklan yang ada di blog tersebut. Akan tetapi, membangun blog yang bagus bukanlah perihal yang mudah. Perlu ketekunan dan konsistensi untuk menyajikan konten yang menarik.

2. Memanfaatkan kemampuan untuk menjadi freelancer

Perlu Uang Tambahan karena Gaji Kamu Kecil? Coba 5 Cara Ini unsplash/@unsplash

Di tengah perkembangan teknologi saat ini, kamu pasti akan menemukan banyak proyek pekerjaan berbasis freelance di internet. Untuk itu, cobalah untuk mendaftarkan ke salah satu pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Biasanya, bayaran yang akan kamu terima dalam pekerjaan tersebut akan bergantung dengan hasil kerja yang kamu lakukan.

3. Menjadi reseller atau penjual di media sosial dan marketplace

Perlu Uang Tambahan karena Gaji Kamu Kecil? Coba 5 Cara Ini pixabay/pexels

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi reseller atau penjual di media sosial maupun marketplace. Cobalah untuk menjual barang-barang memang sedang tren saat ini dan kamu bisa meraih keuntungan yang besar dari hal tersebut.

Baca Juga: 5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan Tetap

4. Melakukan investasi

Perlu Uang Tambahan karena Gaji Kamu Kecil? Coba 5 Cara Ini pinterest/pinterest

Investasi merupakan salah satu cara untuk menambah penghasilan dengan cepat dan besar. Namun, itu tergantung dengan seberapa besar pula dana dan tipe investasi yang kamu lakukan. Semakin besar dana yang kamu investasikan, maka semakin besar pula hasil yang akan kamu dapatkan.

5. Belajar kemampuan IT dan membuat website untuk dijual

Perlu Uang Tambahan karena Gaji Kamu Kecil? Coba 5 Cara Ini Pexels/Negative Space

Cara yang terakhir adalah dengan mempelajari kemampuan bidang IT, seperti apps developer, website developer, dan programming. Pasalnya, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, beberapa perusahaan memerlukan orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut. Jadi, jika kamu menguasai kemampuan tersebut, kamu bisa membuka jasa membuat website dengan upah Rp 10-20 juta.

Pada dasarnya beberapa cara di atas memang perlu memiliki skill tertentu. Akan tetapi, kamu bisa kok belajar untuk menguasai kemampuan itu melalui internet dan mulai melakukan salah satu cara tersebut. Good luck ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Ketika Ingin Mencari Penghasilan Tambahan

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya