Comscore Tracker

5 Manfaat Bangun Pagi, Kamu Jadi Lebih Produktif Lho!  

Jangan sampai rezekinya lewat ya

Apakah kamu termasuk rajin bangun pagi? Ada yang mengatakan bahwa bangun pagi sangat susah, apalagi bagi para pekerja kreatif. Biasanya mereka lebih suka bekerja saat malam hari, bahkan sampai subuh karena pada waktu itulah mereka bisa mendapatkan banyak inspirasi. Akibatnya, mereka pun baru bisa bangun pada siang hari. 

Bagaimana dengan kamu sendiri? Ya, sebenarnya sangat disarankan untuk bangun pagi karena lebih banyak manfaat yang bisa didapat. Bangun pagi sangat bagus untuk kesehatan dan ketenangan pikiran. Biar semakin semangat, cek dulu yuk di bawah ini lima manfaat bangun pagi:

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Masih Sering Chat Kamu, Coba Tetap Jaga Jarak

1. Melatih diri untuk lebih bersyukur

5 Manfaat Bangun Pagi, Kamu Jadi Lebih Produktif Lho!  ilustrasi ketenangan (unsplash.com/Sage Friedman)

Suasana segar di pagi hari membuat seseorang jadi lebih tenang dan damai. Pada momen tersebut, udara masih belum terkontaminasi dengan debu dan polusi.

Hawa sejuk di pagi hari begitu menenangkan. Dapat melatih seseorang untuk lebih bersyukur karena berkah dan kenikmatan yang telah diberikan. Suasana pagi hari benar-benar memberikan energi positif.

2. Hawa sejuk di pagi hari membangkitkan semangat

5 Manfaat Bangun Pagi, Kamu Jadi Lebih Produktif Lho!  ilustrasi bangun pagi (unsplash.com/Bruce Mars)

Udara yang sejuk, bunyi burung berkicau, ayam berkokok, dan embun pagi, dapat memberikan semangat yang luar biasa. Kedamaian suasana ini bisa kamu dapatkan ketika bangun pagi.

Akan berbeda suasana yang kamu rasakan ketika bangun di siang hari. Badanmu cenderung terasa lemas, pikiranmu akan gelisah, dan malah semakin malas untuk beraktivitas. 

3. Cukup waktu untuk merencanakan kegiatan

5 Manfaat Bangun Pagi, Kamu Jadi Lebih Produktif Lho!  ilustrasi jadwal rencana (unsplash.com/Eric Rothermel)

Apabila bangun pagi, pikiranmu masih segar dan positif. Kamu bisa menggunakan semangat itu untuk merencanakan sesuatu untuk hari ini.

Tulislah rencana yang bisa dilakukan hari ini. Dengan bangun pagi, kamu akan memiliki waktu yang efektif dan tujuan yang lebih terarah. Langkah seperti ini juga adalah bentuk rasa syukur kamu dan cara untuk lebih menghargai waktu. 

4. Ada banyak hal yang bisa dikerjakan

5 Manfaat Bangun Pagi, Kamu Jadi Lebih Produktif Lho!  ilustrasi memasak (unsplash.com/Becca Tapert)

Ketika kamu bangun pagi, otomatis kamu mempunyai lebih banyak waktu. Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam rentang waktu itu. Kamu pun bisa menyelesaikan tugas lebih cepat karena pikiran masih dalam keadaan tenang dan jernih. 

Waktu itu bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga, quality time sederhana di rumah, atau memasak. Dengan begitu, hidupmu jadi lebih berwarna dan bermakna karena kamu bisa melakukan kegiatan yang beragam. 

5. Pikiran bisa lebih positif

5 Manfaat Bangun Pagi, Kamu Jadi Lebih Produktif Lho!  ilustrasi energi positif (unsplash.com/Zac Durant)

Dengan bangun pagi, aktivitas bisa berjalan dengan lebih lancar. Kamu menjalankannya dengan tenang, tidak kejar-kejaran. Maka hatimu pun akan lebih bahagia dan pikiranmu terjaga positif.

Mengawali hari dengan pagi yang indah akan membuat sisa harimu ikut menyenangkan, bahkan hingga malam hari. Biasanya apabila kamu mengawali hari dengan tergesa-gesa, itu pun akan memengaruhi mood dan bisa berdampak negatif. 

Nah itu beberapa manfaat bangun pagi. Semangat yuk, kamu juga pasti bisa bangun pagi!

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya