Comscore Tracker

6 Prinsip yang Wajib Kamu Pegang Ketika Dijatuhkan Orang Lain

Orang yang bisa menilai kemampuan ya diri kamu sendiri

Kamu yang saat ini sedang struggle dengan orang yang ingin menjatuhkanmu, jangan menyerah, ya. Mereka memang tidak akan berhenti sampai mendapatkan apa yang mereka mau terwujud. Namun kamu harus tetap teguh dan membuktikan bahwa tidak ada yang bisa mengurangi semangatmu.

Tidak mudah sih, dan memang butuh kesabaran. Untuk itu, jangan pernah lupakan enam hal ini saat kamu berhadapan dengan orang yang ingin menjatuhkanmu:

1. Ingat bahwa semua perkataan buruk itu sebenarnya bukan ditujukan untuk dirimu

6 Prinsip yang Wajib Kamu Pegang Ketika Dijatuhkan Orang Laindramabeans.com

Mereka yang berkata buruk tentangmu sebenarnya sedang memiliki masalah dengan dirinya sendiri. Dia tidak puas dengan keadaannya sehingga mencoba menarikmu dalam ketidakpuasan yang sama.

Jangan sampai perkataan atau perbuatannya membuatmu kehilangan nilai diri atau sampai menyalahkan diri sendiri. Ini bukan tentang kamu, tapi tentang dia.

2. Jangan menyerah karena hal itu

6 Prinsip yang Wajib Kamu Pegang Ketika Dijatuhkan Orang Laindramabeans.com

Disepelekan, dijatuhkan, dituduh, atau dipinggirkan memang tidak mengenakkan, tapi mau tidak mau kamu harus menerimanya sebagai proses hidup. Nyatanya, kamu bisa mengalaminya kapan saja.

Kalau tidak cukup kuat menerima perlakuan buruk, kamu akan terus terjebak dengan ketidakpercayaan diri dan akhirnya berujung pada penurunan motivasi dan performamu sendiri.

3. Sesuatu terjadi bukan tanpa alasan

6 Prinsip yang Wajib Kamu Pegang Ketika Dijatuhkan Orang Laindramabeans.com

Dia ada di sana dan menjadi seseorang yang begitu menyebalkan bukanlah kebetulan semata. Pasti ada alasan kenapa dia diizinkan untuk memprosesmu seperti itu. Itu sebabnya, yang perlu kamu ingat adalah menjadikannya pijakan untuk jadi lebih kuat dan menemukan nilai diri yang lebih baik.

4. Kesehatan mentalmu lebih penting dari apa pun

6 Prinsip yang Wajib Kamu Pegang Ketika Dijatuhkan Orang Laindramabeans.com

Memikirkannya tidak akan membuatmu maju. Sebaliknya, kamu akan terkungkung terus dalam rasa sakit hati yang tidak ada ujungnya. Ingatlah bahwa kesehatan mentalmu lebih penting dari apa pun. Kalau ada orang yang berusaha mengganggu pikiranmu, jangan hiraukan itu.

5. Kamu tidak butuh mereka dan mereka tak penting untukmu

6 Prinsip yang Wajib Kamu Pegang Ketika Dijatuhkan Orang Laindramabeans.com

Faktanya adalah kamu tidak butuh mereka dan mereka tidak penting untukmu. Dengan menanamkan pikiran itu, kamu akan jadi lebih kebal terhadap omongan buruk yang menimpamu. Bukan apa yang orang lain katakan tentangmu itu yang penting, tapi apa yang kamu katakan terhadap dirimu sendiri.

6. Seseorang yang layak menentukan bisa atau tidaknya dirimu adalah kamu sendiri

6 Prinsip yang Wajib Kamu Pegang Ketika Dijatuhkan Orang Laindramabeans.com

Kalau mereka bilang kamu tidak bisa dan kamu bilang kamu bisa, itu berarti kamu bisa. Kalau mereka bilang kamu tidak bisa dan kamu juga berpikir demikian, akhirnya kamu tidak akan bisa.

Semua tergantung pada keyakinanmu. Semua itu bukan tentang orang lain yang berkata buruk tentangmu. Tetapi tentang kamu yang tidak cukup kuat untuk menghiraukannya saja.

Cara terampuh adalah menjadi versi dirimu yang paling baik. Saat orang lain menilaimu tidak bisa melakukan sesuatu, maka lakukan hal itu dua sampai tiga kali lipat.

Tantang dirimu sendiri dan teruslah bertahan hingga berkembang. Jangan hiraukan mereka yang menginginkan kamu jatuh. Kamu lebih baik dari mereka yang hanya bisa mengomentari hidup orang lain.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Stella Azasya di IDN Times Community dengan judul Jangan Lupakan 6 Hal Penting Ini jika Seseorang Ingin Menjatuhkanmu!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You