Comscore Tracker

5 Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri, Silakan Direnungi

Orang yang populer aja bisa minder kok. Jadi semangat ya!

Kamu pernah gak sih mengalami minder setelah berada di atas panggung, padahal tadi malam sudah banyak latihan agar semakin percaya diri?

Tidak hanya terjadi di atas panggung saja. Mungkin dalam situasi-situasi tertentu, kamu pernah kehilangan rasa percaya diri. Nah, kalau kamu dalam posisi seperti itu, berikut ini yang harus kamu lakukan ketika kehilangan rasa percaya diri:

1. Orang yang kamu temui juga punya masalah yang sama denganmu. Hanya saja orang itu tidak menunjukkan kekurangannya padamu. Kalian sama kok

5 Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri, Silakan DirenungiUnsplash/Alexis Brown

Ketika bertemu seseorang yang kamu kagumi, terkadang selalu berpikiran bahwa dia jauh lebih baik. Lantas kamu langsung rendah diri, dan merasa tidak mungkin bisa seperti dia. Guys, cobalah untuk mengontrol perasaan-perasaan yang seperti itu. Dia sama seperti kamu.

Dia juga punya kekurangan dan kelebihan. Begitu pula kamu. Dia pernah lho menghadapi masa-masa sulit dan dan struggle sama permasalahannya. Bedanya, dia tidak memperlihatkan kondisi itu kepadamu, dia tidak menunjukkan kekurangannya di depanmu.

2. Abadikan setiap pencapaian kamu, sekecil apa pun itu

5 Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri, Silakan DirenungiIlustrasi mengabadikan momen (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Abadikan setiap hal atau pencapaian yang sudah kamu lakukan, sekecil apa pun itu. Kamu bisa mengabadikannya melalui tulisan, foto atau merekamnya lewat ponsel. Ini bisa jadi pengingat, bahwa kamu pernah tidak berharga, tetapi berhasil melewatinya dan menghasilkan sesuatu.

Jadi ketika kamu kehilangan rasa percaya diri, bacalah kembali catatan-catatan yang sudah kamu tulis atau potret maupun rekaman tersebut. Kamu pasti akan bangkit kembali, dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri setelah Diremehkan, Makin Hebat!

3. Seringlah berlatih secara rutin

5 Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri, Silakan Direnungibriantracy.com

Kamu harus sering latihan supaya jam terbangmu tinggi. Tidak memandang pekerjaan maupun profesi yang kamu lakoni, latihan secara rutin itu perlu. Sebab kamu akan jauh lebih percaya diri jika telah memiliki banyak pengalaman.

Kamu akan menghadapi banyak kegagalan, menghadapi berbagai macam pemikiran dari tim kerja, mencari solusi singkat di tengah kepanikan, dan lainnya. Tanamkan dalam diri kamu, bahwa kegagalan itu bukan karena kesalahan kamu. Melainkan karena kamu belum tahu saja cara mengatasinya.

4. Take your time untuk melakukan perawatan diri dan menjaga kesehatan. Supaya pandangan pertama orang lain ke kamu itu membawa kesan yang bagus

5 Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri, Silakan DirenungiIlustrasi merawat diri (pexels.com/Ivan Samkov)

Seberapa sehat dan bugarnya dirimu akan sangat berpengaruh dengan tingkat kepercayaan dirimu. Maka dari itu, rutinlah berolahraga dan makan makanan yang sehat. Rajin-rajinlah merawat diri, olahraga, menyantap makanan sehat, menjaga penampilan dengan berpakaian rapi, dan sebagainya. Percayalah, tingkat kepercayaan diri kamu akan naik apabila melakukan itu.

Kamu tahu sendiri toh, kalau orang lain pasti akan memandang penampilan pertama, bukan? Maka lakukan perbaikan diri. Sebab itu diperlukan banget lho.

5. Tidak perlu menyalahkan diri atas kesalahan

5 Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri, Silakan DirenungiPexels.com/Masha Raymers

Hei! Setiap orang itu pasti melakukan kesalahan. Gak ada yang sempurna kecuali Tuhan Yang Maha Esa. Jadi lumrah banget kalau kamu berbuat salah. Tidak perlu menyalahkan diri, apalagi sampai mengambil kesalahan orang lain dan menganggap itu semua karena salahmu.

Kayu yang kamu tancapkan paku secara berulang-ulang pasti akan meninggalkan bekas lubang. Kamu tidak dapat menghilangkan bekas itu seperti semula. Kecuali kamu perbaiki atau menyamarkannya menggunakan dempul. Iya gak? Begitu pula kesalahan. Tidak perlu memandang kesalahan itu sebagai hal yang negatif. Kamu hanya perlu mengolah kesalahan itu supaya agak berkurang atau memilih untuk memperbaikinya. Itu saja pilihannya.

Semoga kamu semakin terbuka ya setelah membaca artikel ini. Semangat, guys!

Baca Juga: Ini Cara 4 Zodiak Cewek Mengembalikan Kepercayaan Diri, Keren Deh!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Addini Safitri di IDN Times Community dengan judul 5 Cara Kembalikan Kepercayaan Diri, Supaya Gak Minder Terus 

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya