5 Pelajaran Hidup di Balik Peran Jahat Plankton, Gak Seburuk Itu Lho!

Coba tag temanmu yang masih suka nonton Spongebob

Siapa yang tak kenala Plankton dalam kartun Spongebob Squarepants. Meski kecil, tapi ia jadi tokoh antagonis, pesaing bisnisnya Tuan Krab. Ia punya keinginan untuk berbisnis dan kerap mau mencuri resep rahasia Krabby Patty. Banyak rencana jahat yang ia lakukan tapi tak satupun ada hasil.

Namun di balik sikap jahatnya itu, Plankton mengajarkan banyak hal lho pada kita. Apa saja ya itu?

1. Sikap terlalu profesional dapat merusak kehidupan pribadi

5 Pelajaran Hidup di Balik Peran Jahat Plankton, Gak Seburuk Itu Lho!spongebob.fandom.com

Karena kegigihannya mencuri resep Krabby Patty dan hidupnya yang lebih didominasi oleh rencana jahatnya, kehidupan pribadi Plankton menjadi agak sepi dan menyedihkan. Dia menikah dengan komputer, meskipun tidak satu pun dari mereka yang sebenarnya tertarik satu sama lain serta dia tinggal di restoran gagal yang dia jalankan.

Kita memang boleh fokus pada pekerjaan namun itu bukan berarti kita harus mengorbankan kehidupan pribadi kita ya.

2. Bersikap kasar tidak akan bisa membantu dalam hidup

5 Pelajaran Hidup di Balik Peran Jahat Plankton, Gak Seburuk Itu Lho!theredneckdiva.com

Restoran milik Plankton, Chum Bucket, tentu saja sepi dan tidak memiliki pelanggan karena kualitas makanannya yang menjijikkan. Namun, masalah lain terletak pada kenyataan bahwa Plankton sering kali bersikap kasar kepada setiap pelanggan yang berkunjung. Memperlakukan orang dengan tidak hormat tentunya tidak akan bisa membantu kita menjalin hubungan baik dengan orang lain.

3. Kegigihan adalah sesuatu hal yang baik

5 Pelajaran Hidup di Balik Peran Jahat Plankton, Gak Seburuk Itu Lho!twitter.com/aifwings

Meskipun tujuannya kurang terhormat, tekad bulat yang dimiliki Plankton untuk mencuri resep rahasia Krabby Patty walau terus menerus gagal cukup mengagumkan. Umumnya jika seseorang telah gagal beberapa kali maka mereka akan menyerah, namun tidak dengan sosok Plankton.

Plankton mengajarkan agar tidak pernah menyerah dan berjuang dalam mencapai apa yang kita inginkan. Tapi dalam hal yang baik-baik saja ya.

4. Penting untuk menyadari apa kelemahan diri sendiri

5 Pelajaran Hidup di Balik Peran Jahat Plankton, Gak Seburuk Itu Lho!spongebob.fandom.com

Faktor yang berkontribusi terhadap kegagalan Plankton yang konsisten untuk mendapatkan resep Krabby Patty adalah kurangnya kesadaran diri. Kepercayaan diri Plankton yang terlalu tinggi sering mengganggunya.

Inilah yang terkadang menuntunnya pada kegagalan karena tidak sadar atas kelemahan dan kekurangan dirinya. Ia lebih banyak fokus pada kelebihannya saja.

5. Selalu ada konsekuensi setiap kali melanggar hukum

5 Pelajaran Hidup di Balik Peran Jahat Plankton, Gak Seburuk Itu Lho!twitter.com/mokoffiziell

Hanya di kartun ini, tokoh antagonis kerap ditahan karena melakukan pelanggaran hukum. Plankton adalah tokoh yang kerap ditangkap polisi dan dijebloskan dalam penjara.

Ia ditangkap karena rencana jahatnya. Dari sini ada pelajaran yang bisa kamu petik, bawah selalu ada konsekuensi dan hukuman jika kamu berani melanggar hukum.

Gak semua tokoh antagonis ini harus kamu benci ya. Cobalah untuk memetik pelajaran di balik perannya sebagai orang jahat.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh YOOL di IDN Times Community dengan judul Berperan Jahat, 5 Hal Baik Ini Nyatanya Plankton Ajarkan Pada Kita

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You