Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Ghosting Orang Lain, Gak Melulu Soal Cinta

#IDNTimesLife Ghosting karena ditagih utang juga termasuk

Ghosting baru-baru ini mencuat di tengah dunia maya. Istilah itu sering dikaitkan dengan urusan percintaan. Sebenarnya suka menghilang secara tiba-tiba itu bisa dilakukan oleh siapa dan dalam situasi apa saja.

Jadi gak hanya berkaitan dengan percintaan saja. Tetapi juga pekerjaan hingga menagih utang. Iya gak sih? Bukan sulap, bukan sihir tiba-tiba menghilang! Jangan sampai kamu seperti itu ya. Biar kamu paham, berikut ini dampak buruk ghosting:

1. Bikin bingung banyak orang

5 Alasan Kamu Gak Boleh Ghosting Orang Lain, Gak Melulu Soal CintaPexels.com/masharaymers

Punya ponsel, tetapi tidak bisa dihubungi. Padahal biasanya lancar-lancar saja. Ia masih bisa berkomunikasi sama kamu ketika butuh. Tetapi dia tiba-tiba menghilang. Dicari sampai ke rumah atau kos-kosannya juga gak ada. Keluarga hingga kerabatnya juga gak tahu keberadaannya. Apa pun masalahnya, please deh, jangan bikin repot orang.

2. Membawa kesan bahwa tidak berani menghadapi kenyataan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Ghosting Orang Lain, Gak Melulu Soal CintaPexels.com/officialflavio

Kalau emang gak ada yang perlu ditakuti atau merasa salah, ngapain juga harus menghilang? Kalau seperti itu berarti memang ada yang gak beres. Apa pun duduk permasalahannya, kalau menghilang itu tandanya takut salah dan tidak mampu menghadapinya. Kalau benar, pasti berani menghadapinya dan gak sabar untuk segera menyelesaikannya.

3. Perlu mempertanyakan rasa tanggung jawabnya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Ghosting Orang Lain, Gak Melulu Soal CintaPexels.com/minan1398

Orang yang bertanggung jawab tidak akan kabur atau menghilang. Ia harus memiliki rasa malu kepada diri sendiri maupun orang lain.

Maka seburuk apa pun keadaannya, dia pasti akan tetap ada di posisinya dan siap untuk bertanggung jawab. Sementara orang yang hobi ghosting pasti 'tangannya pengin tetap bersih'.

Baca Juga: Mengapa Ghosting Terasa Menyakitkan? Simak Penjelasannya di Sini

4. Ghosting justru memunculkan masalah baru, bukan solusi

5 Alasan Kamu Gak Boleh Ghosting Orang Lain, Gak Melulu Soal CintaPexels.com/zun1412

Kalau punya rasa takut yang tinggi karena merasa salah, pasti akan berupaya untuk menghindari banyak orang. Padahal jurus menghilang ini sama sekali bukan solusi, malah menambah masalah. Orang-orang yang berurusan denganmu pasti semakin kesal. Masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan secara baik-baik dan cepat, malah semakin pelik serta berlarut-larut apabila menghilang.

5. Ghosting dapat menghilangkan kepercayaan orang lain kepada kita

5 Alasan Kamu Gak Boleh Ghosting Orang Lain, Gak Melulu Soal CintaPexels.com/brian-1464356

Kamu mungkin bisa menghindari satu orang yang jadi 'korbanmu'. Tetapi kalau sudah banyak orang yang kamu libatkan di dalamnya, mereka akan seketika illfeel. Seiring berjalannya waktu, kamu akan kehilangan kepercayaan dari orang lain. Karena mereka yakin, suatu saat nanti kamu pasti akan mengulanginya lagi.

Menghilang sih boleh ya. Tetapi tidak membiarkannya berlarut lama hingga menimbulkan persepsi yang negatif kepada kamu. Kalau kelima poin di atas sudah terjadi, kamu mau berbuat apa coba? Mau sampai kapan menghilang terus?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Marliana Kuswanti di IDN Times Community dengan judul 5 Alasan Kamu Gak Boleh Suka Ghosting, Bukan Cuma Soal Asmara

Baca Juga: Kamu Pernah Ghosting Pacar? Ini 5 Cara Meminta Maaf Secara Tulus

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya