Comscore Tracker

Please Jangan Diucapkan! 5 Komentar yang Bikin Mental Orang Jadi Down

Konteksnya sih bercanda, tapi kamu gak pernah tahu dampaknya

Warga Indonesia memang dilindungi untuk berbicara dan mengutarakan pendapatnya secara bebas. Tetapi tidak semuanya menyadari bahwa kata-kata yang diucapkan maupun yang ditulis terkadang membuat orang lain terluka. Mungkin konteksnya bercanda. Tetapi orang yang dituju mungkin menanggapinya secara berbeda. Ada kadar toleransi yang harus kamu pahami. Berikut hindari lima kalimat berikut ketika mengomentari orang lain.

1. Gitu saja, masak gak bisa? Gampang banget gak pakai mikir kok!

Please Jangan Diucapkan! 5 Komentar yang Bikin Mental Orang Jadi Downpexels.com/Andrea P

Terkesan menyepelekan, kKomentar ini sering banget kita jumpai di lingkungan pergaulan. Kalimat menyepelekan meski terucap dengan penuh canda. Tetapi yang perlu diketahui, orang yang kamu tuju belum tentu kondisi hatinya sedang baik-baik saja, atau menerima ucapan itu semudah yang kamu sampaikan. Kalimat tersebut bisa bikin seseorang down dan merasa kemampuannya jauh di bawah standar. Kalimat yang kamu nilai bercandaan itu tidak tepat, guys.

2. Udah umur segitu belum kerja, nikah, punya anak, dan lainnya

Please Jangan Diucapkan! 5 Komentar yang Bikin Mental Orang Jadi Downunsplash.com/Ben White

Obrolan ini pasti ada di kalangan pertemanan, tetangga, bahkan keluarga sendiri. Memang tidak salah sih jika konteksnya untuk memotivasi. Tetapi akan jadi keliru jika sampai membandingkannya dengan orang lain. Setiap orang punya tujuan masing-masing. Ada perjuangan yang tidak kamu ketahui harus dihargai dan diapresiasi.

3. Baru dapat masalah kecil saja galau. Masalah saya lebih besar dari kamu

Please Jangan Diucapkan! 5 Komentar yang Bikin Mental Orang Jadi Downpexels.com/Garon Piceli

Penginnya sih curhat dan menyampaikan keluh kesah ke orang lain. Eh, malah disepelekan dan dianggap cengeng. Jika ada orang yang datang dan ingin bercerita sebaiknya kamu hargai dan dengarkan.

Dia pasti memilihmu dengan banyak pertimbangan. Jangan sampai dia urung cerita karena kamu yang terlalu egois. Ia nanti memendam masalahnya dan dikhawatirkan akan depresi.

Baca Juga: 5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmu

4. Kamu harus sadar diri, siapa kamu. Jangan kebanyakan mimpi

Please Jangan Diucapkan! 5 Komentar yang Bikin Mental Orang Jadi Downpixabay.com/Dana Tentis

Dipandang sebelah mata memang gak enak ya. Apalagi mendapatkan ucapan seperti itu. Mungkin cita-citanya dianggap mustahil untuk diwujudkan. Tetapi bukan berarti kamu menjatuhkan mentalnya begitu saja.

Iya sih, memang ada kemungkinan orang itu justru termotivasi ketika dipandang sebelah mata. Tetapi apakah kamu tidak memikirkan perasaan orang yang justru down karena kalimat tersebut? Jadi, berhentilah memandang orang sebelah mata. Cari kalimat-kalimat lain yang dapat memacu dia untuk mencapainya.

5. Segini saja kemampuanmu? Anak TK juga bisa

Please Jangan Diucapkan! 5 Komentar yang Bikin Mental Orang Jadi Downunsplash.com/Igor Miske

Belum tahu sih apa motivasi orang yang berkata seperti itu. Padahal kalimat tersebut membuat seseorang merasa tidak dihargai kinerjanya sekecil apapun, dan ia jadi semakin berkecil hati.

Orang yang berkata seperti itu bisa jadi iri karena kemampuan seseorang. Hanya saja malu untuk mengakui dan mengapresiasi kinerjanya. Sekecil apa pun hasil karya seseorang, tetap harus dihargai usahanya.

Itulah kalimat yang harus kamu hindari ketika mengomentari orang lain. Meski konteksnya bercanda, tetapi kamu juga harus bijak.

Baca Juga: 5 Cara Menyaring Komentar Negatif, Jangan Mudah Dijatuhkan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh It's Me, Sire di IDN Times Community dengan judul 5 Komentar yang Bisa buat Mental Orang Down, Jangan Pernah Katakan!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya