Comscore Tracker

Gak Usah Emosi, 5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat Kusir

Kalau caramu sendiri gimana?

Mungkin kamu suka kesal menghadapi teman yang suka mengajak debat. Hal yang sepele saja bisa jadi besar jika berdebat kusir dengannya. Terkadang debat kusir tak berkesudahan bukannya membawa kebaikan. Malah semakin memperparah situasi. Bisa-bisa hubunganmu dengan teman menjadi runyam hanya karena dipicu debat.

Debat panjang tanpa ujung tentu merugikan dan gak menghasilkan solusi. Berikut ini lima cara menyikapi teman yang suka mengajak debat.

1. Diam dan tidak membalas debatnya

Gak Usah Emosi, 5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/ humberto chavez

Cara pertama untuk menyudahi aksi temanmu yang mengajak debat yakni dengan bersikap diam. Jangan sesekali menggubris omongannya dan tak perlu membalas setiap argumen-argumen debat yang temanmu lontarkan.

Jadilah bijaksana dengan bersikap diam, dengan begitu temanmu pun tidak punya lawan debat. Diam adalah cara elegan untuk meminimalisir debat tak berkesudahan.

2. Bersabarlah dan dengarkan saja apa yang ia lontarkan

Gak Usah Emosi, 5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/Landis Brown

Tarik napas dalam-dalam dan dengarkan saja dahulu apa yang ia lontarkan. Jangan bersikap emosional dengan memukul meja atau berteriak lantaran malas mendengar debat dari temanmu.

Yakinlah, orang yang terus berbicara tanpa mendapat umpan balik dari lawan bicara tentu akan merasa bosan sendiri. Ujungnya ia akan berhenti berdebat dan memilih menyerah.

3. Tersenyumlah meski temanmu sedang naik pitam saat berdebat

Gak Usah Emosi, 5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/ Ben Konfrst

Dengan melemparkan senyum, kamu mencoba untuk bersikap tenang dan tidak terpancing debat temanmu. Bisa jadi temanmu juga akan heran melihat sikapmu yang tidak terpengaruh emosi akibat kondisinya yang tengah naik pitam. Semoga dengan sikap ini temanmu menjadi berhenti berdebat.

4. Jika ia belum juga berhenti berdebat, minta dengan sopan untuk tidak melanjutkan debatnya

Gak Usah Emosi, 5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/Ashkan Forouzani

Apabila temanmu belum juga mau berhenti berdebat, mulailah untuk memintanya untuk berhenti. Gunakan kalimat yang sopan dan tidak menyakiti perasaannya. Meminta teman berhenti berdebat merupakan cara untuk menyelamatkannya agar tak larut dalam debat tak berkesudahan.

5. Minta maaf dan tinggalkan dia jika masih bersikukuh untuk mengajak debat

Gak Usah Emosi, 5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/ Warren Wong

Cara terakhir ketika temanmu masih saja gak menyerah debatnya adalah meninggalkannya. Tinggal bilang saja sikapmu itu bukan untuk memusuhinya. Namun untuk menghindari debat kusir tak berkesudahan, dan sudah tidak sehqt lagi.

Ketahuilah, debat hanya membuat kita sibuk berargumen paling benar dengan persepsinya masing-masing. Tapi ujung-ujungnya pertemanannya jadi terpecah belah. Lebih baik kita sibuk introspeksi diri saja daripada menghabiskan waktu buat berdebat. Setuju gak?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Anggita RA di IDN Times Community dengan judul 5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat Kusir

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You