Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Maafkan Orang yang Telah Memfitnahmu, Berat Memang

Semangat ya, guys. Kamu hanya perlu membuktikan saja

Tidak semua orang akan menyukaimu meski kamu sudah berbuat baik. Kamu sepakat dengan pernyataan itu? Sebaik-baiknya kamu bersikap, pasti ada orang lain yang akan berpikir negatif tentangmu. Kebaikan yang kamu lakukan belum tentu diterima baik oleh orang lain. Karena orang yang sudah berpikir negatif tentu akan kesulitan menerima maksud baikmu dan cenderung berpikir sebaliknya.

Bisa jadi dia akan menyebarkan fitnah, hinaan, atau kabar yang tidak baik tentangmu. Bikin sakit hati juga ya. Lalu apakah kamu harus memaafkan perbuatan mereka? Jawabannya adalah iya. Mengapa? Berikut lima alasan kamu harus memaafkan orang yang menyakitimu.

Baca Juga: Mengenal Penderita Impostor Syndrome, Ini Bukan Bahas Game Ya

1. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih sabar ketika memaafkan orang tersebut

5 Alasan Kamu Harus Maafkan Orang yang Telah Memfitnahmu, Berat Memangpexels.com/Brett Sayles

Kalau bisa memaafkan orang lain, berarti kamu dapat mengontrol emosi dengan sangat baik. Tidak semua orang bisa menahan rasa emosinya lho. Apalagi sikap orang tersebut dapat memicu emosimu.

Pernah gak sih kamu dapat posisi tertekan dan kesal karena tidak bisa memaafkannya? Itulah efeknya. Jadi, sabar adalah kunci terbaik supaya kesehatan mentalmu terjaga.

2. Dengan memaafkan, hatimu tidak dipenuhi oleh kebencian

5 Alasan Kamu Harus Maafkan Orang yang Telah Memfitnahmu, Berat Memangpexels/Andrea Piacquadio

Jangan biarkan kebencian memenuhi hatimu. Daripada selalu mengingat tindakan oranng yang membencimu, lebih baik kamu belajar untuk mengikhlaskannya secara lapang dada. Berat sih. Tetapi kalau hatimu dipenuhi kebencian, kamu menjadi tidak tenang sepanjang hari. Waktumu akan habis untuk berpikir negatif karena ingin membalas perbuatannya, ketimbang memikirkan hidup kamu sendiri. Jalanmu sudah benar. Jadi lebih baik fokus sama kehidupanmu, dan dia yang menyakitimu masih stagnan karena sibuk menyebarkan kabar buruk ke orang lain tentangmu. Tunjukkan saja bahwa itu tidak benar.

3. Dengan memaafkan, hatimu menjadi lebih tenang dan tidak selalu panas

5 Alasan Kamu Harus Maafkan Orang yang Telah Memfitnahmu, Berat Memangpexels/Nicholas Swatz

Memaafkan orang lain bukan hanya demi kebaikan dia dan orang lain. Tetapi juga dirimu sendiri. Dengan memaafkan, maka kamu menyebar aura yang positif untuk diri sendiri dan orang sekitar. Menjadi pribadi yang tenang dan positif sangat berguna untuk kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorang

4. Dengan memaafkan, kamu akan menjadi pribadi yang lebih kuat

5 Alasan Kamu Harus Maafkan Orang yang Telah Memfitnahmu, Berat Memangpexels/mentatdgt

Ini adalah contoh kamu termasuk orang yang kuat. Kamu bisa menghadapinya, dan belum tentu orang lain bisa sepertimu. Goyah hanya karena omongan mereka yang membencimu malah akan membuat mereka semakin senang dan terus membuatmu terpuruk. Jadi jangan mudah down ya. Libas saja dan tatap masa depan.

5. Memaafkan adalah bukti bahwa kamu tidak sama seperti mereka

5 Alasan Kamu Harus Maafkan Orang yang Telah Memfitnahmu, Berat Memangpexels/Alexy Almond

Memaafkan adalah hal yang terberat. Terutama ketika ada orang yang menjelekkan kamu. Jika kamu membalasnya, lalu apa bedanya dengan mereka yang menyakitimu. Jangan biarkan orang lain memandangmu sebagai orang jahat yang sama seperti mereka. Percayalah, tekanan yang akan kamu terima akibat cap buruk tersebut akan memengaruhi kehidupanmu.

Itulah alasan pentingnya memaafkan orang yang menyakitimu. Intinya, kamu tidak perlu membalas perbuatannya. Cukup maafkan, terima, ikhlaskan, dan jalani kehidupanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Harus Memaksakan Diri untuk Memaafkan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Shella Rafika Sari di IDN Times Community dengan judul 5 Alasan Pentingnya Memaafkan Demi Kesehatan Mentalmu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya