Comscore Tracker

6 Kalimat yang Seharusnya Tidak Dikatakan Pada Diri Sendiri 

Jangan sampai merugikan diri sendiri ya

Seseorang kerap tidak sadar telah memberikan pengaruh negatif ke dirinya sendiri. Pengaruh itu lebih sering berupa munculnya pikiran yang justru melemahkan potensi diri sehingga menghambat perkembangan dan kemajuan. 

Percaya pada diri sendiri sangat penting artinya. Kepercayaan itulah yang nantinya akan menjadi kekuatan utama untuk terus melangkah dan mencapai impian. Apabila diri sendiri saja tidak percaya akan kemampuannya, bagaimana orang lain akan mau memberikan kesempatan? Nah, agar kamu tidak menyakiti diri, sebaiknya jangan katakan 6 kalimat ini kepada diri sendiri ya.

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Masih Sering Chat Kamu, Coba Tetap Jaga Jarak

1. "Saya tidak cukup baik.."

6 Kalimat yang Seharusnya Tidak Dikatakan Pada Diri Sendiri ilustrasi sedang sedih (unsplash.com/whoislimos)

Merasa tidak layak termasuk hal yang paling toxic untuk diri sendiri. Ketika kamu berpikir bahwa kamu tidak cukup pintar, tidak cukup menarik, atau tidak cukup baik, maka kamu akan kesulitan untuk melakukan apa yang diinginkan hatimu dan selalu merasa takut akan kegagalan.

Dengan merasa tidak layak, itu akan membuatmu merasa sia-sia dan membuang-buang waktu saja untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, jangan bersembunyi di balik kata-kata "saya tidak layak". Cobalah untuk mulai lebih percaya diri. Ingatlah, bahwa hanya kamu satu-satunya yang dapat mengubah hidupmu sendiri.

2. "Sudah terlambat untukku.."

6 Kalimat yang Seharusnya Tidak Dikatakan Pada Diri Sendiri ilustrasi orang sukses (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu merasa berkecil hati melakukan sesuatu hanya karena kamu merasa terlambat? Perasaan seperti ini memang cukup sering dialami. Terutama ketika seseorang melihat bahwa orang-orang yang berusia jauh lebih muda darinya, ternyata sudah berhasil mencapai prestasi-prestasi yang cemerlang. 

Ketahuilah bahwa tidak ada kata terlambat untukmu. Jangan biarkan dirimu tertahan dengan patokan berdasarkan bingkai waktu dan angka saja. Ikutilah jalanmu sendiri tanpa membandingkannya dengan orang lain. 

3. "Saya tidak mempunyai pilihan... "

6 Kalimat yang Seharusnya Tidak Dikatakan Pada Diri Sendiri ilustrasi memilih jalan (unsplash.com/Burst)

Pada dasarnya, kamu memiliki sejumlah pilihan yang tidak terbatas. Hanya saja, kamu tidak cukup berani atau cukup mampu untuk mempertimbangkan semuanya. Sesekali cobalah untuk membayangkan saat ini seorang temanmu berada di posisi yang sama denganmu.

Lalu tanyakan pada dirimu, apa yang akan kamu katakan padanya? Apa saran yang akan kamu berikan padanya? Setelah itu renungkan, apakah kamu bisa melakukan hal yang sama untuk dirimu sendiri? 

4. "Sesuatu yang kurang sempurna adalah sebuah kegagalan."

6 Kalimat yang Seharusnya Tidak Dikatakan Pada Diri Sendiri ilustrasi membuat kerajinan (unsplash.com/Rebecca Grant)

Apakah kamu pernah merasa berkecil hati ketika kamu tidak dapat melakukan sesuatu dengan sempurna? Ketahuilah bahwa manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, di mana semuanya pasti memiliki kekurangannya masing-masing.

Semua orang memiliki potensi untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal. Tetapi hal itu tentunya membutuhkan waktu dan usaha. Jangan biarkan pengejaranmu dalam hal kesempurnaan menjadi faktor penentu dalam hidupmu.

5. "Saya bisa mengubahnya..."

6 Kalimat yang Seharusnya Tidak Dikatakan Pada Diri Sendiri ilustrasi sahabat (unsplash.com/Vince Fleming)

Pernahkah kamu mengandalkan kemampuanmu untuk bisa membuat seseorang berubah? Percayalah bahwa ini merupakan suatu kebohongan yang kamu lakukan pada dirimu sendiri.

Cobalah renungkan betapa sulitnya kamu mengubah dirimu sendiri di saat kamu benar-benar ingin berubah. Maka, kesulitan itu juga akan terjadi saat kamu berusaha mengubah orang lain, terlebih orang lain tersebut tidak ingin berubah. 

Belajarlah untuk menerima orang lain sebagaimana adanya. Jika kamu benar-benar tidak tahan, beri jarak pada mereka. Jangan buang waktu dan upayamu untuk mencoba melakukan sesuatu yang kemungkinan besar tidak akan memberikan hasil.

6. "Saya tidak layak untuk dicintai."

6 Kalimat yang Seharusnya Tidak Dikatakan Pada Diri Sendiri ilustrasi pasangan (unsplash.com/@ozgomz)

Semua orang yang ada di dunia ini layak untuk dicintai, termasuk kamu. Sebelum kamu berharap dicintai oleh orang lain, maka cintailah dirimu sendiri terlebih dahulu. Jika kamu dapat mencintai diri sendiri, maka kamu akan menghasilkan banyak cinta untuk dunia di sekitarmu. 

Sesekali, habiskanlah waktu yang berkualitas untuk dirimu dan renungkan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Cintai dirimu, hidupmu, dan dunia tempat kamu tinggal. Maka cinta akan datang padamu.

Nah itu enam kalimat yang seharusnya tidak dikatakan kepada diri sendiri. Kamu sudah tahu kan apa saja dampak buruknya apabila kamu terus mengatakannya? Yuk beri energi positif untuk diri sendiri. 

Sharma Khan Photo Community Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya