Comscore Tracker

5 Tindakan yang Tidak Boleh Diputuskan Terburu-buru

Gegabah justru bisa merugikan diri sendiri dan orang lain

Penulis: Community Writer, Ni Made Vera Yuni Artini

Istilah jangan gegabah dalam mengambil keputusan sepertinya cocok untuk mengingatkan kita dalam bertindak atau memutuskan sesuatu. Namun, gak sedikit orang yang memutuskannya dengan cara terburu-buru. Padahal hal tersebut menyangkut sesuatu yang penting dalam kehidupan.

Jadi hal ini gak bisa kamu anggap remeh. Nyatanya, melakukan sesuatu dengan terburu-buru malah menghasilkan hal yang kurang baik dan bisa merugikan diri sendiri. Untuk menghindari hal itu, alangkah baiknya untuk mengetahui hal-hal yang gak seharusnya dilakukan terburu-buru dalam hidup. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 6 Etika Menjaga Privasi Orang, Apalagi Kamu Sudah Dipercaya

1. Mengonsumsi makanan dan minuman

5 Tindakan yang Tidak Boleh Diputuskan Terburu-buruIlustrasi Street Food (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Sepertinya tidak boleh makan dan minum secara terburu-buru sering diajarkan orangtua sejak kecil ya. Sepertinya sepele, tapi gak bisa kamu anggap remeh, lho!

Banyak hal yang kurang baik bagi tubuh akibat makan dan minum secara terburu-buru. Misalnya tersedak, penyerapan nutrisi yang kurang maksimal, asam lambung naik, sistem pencernaan terganggu, hingga obesitas. Jadi, lebih baik makan secara perlahan dan nikmati apa yang sedang kamu konsumsi.

2. Membuat sebuah keputusan

5 Tindakan yang Tidak Boleh Diputuskan Terburu-buruFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Startup Stock Photos)

Hal selanjutnya yang gak boleh kamu lakukan dengan terburu-buru adalah membuat keputusan. Jangan membuat keputusan dalam kondisi marah atau sedih. Hal ini untuk menghindari kamu dari keputusan yang salah, dan mungkin berisiko akan merugikan diri sendiri atau orang lain. 

Jika situasimu sedang tidak baik-baik saja, cobalah untuk menenangkan diri terlebih dulu. Jika kondisi sudah lebih tenang dan stabil, barulah kamu bisa mengambil keputusan dengan lebih bijak.

3. Merasa tahu dan menilai kepribadian seseorang begitu saja

5 Tindakan yang Tidak Boleh Diputuskan Terburu-buruilustrasi berbicara dari belakang (pexels.com/cottonbro)

Gak sedikit orang yang merasa tahu dan sangat mengenal kepribadian orang lain. Nyatanya, berapa lama pun kamu mengenal seseorang itu, belum tentu jadi jaminan benar-benar mengenali kepribadian aslinya.

Jadi sebelum mengetahui bagaimana karakter seseorang yang sesungguhnya, janganlah terburu-buru menilai, apalagi menghakimi orang lain tanpa tahu cerita yang sebenarnya. Cobalah memposisikan diri menjadi orang lain. Tentu kamu juga gak suka jika buru-buru dinilai begitu saja oleh orang lain.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Gak Boleh Menyerah Meskipun Gagal Terus

4. Memilih pasangan hidup

5 Tindakan yang Tidak Boleh Diputuskan Terburu-buruFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memilih pasangan hidup juga gak boleh tergesa-gesa. Perlu kamu ingat bahwa mencari pasangan hidup juga bukanlah perlombaan. Jangan merasa terburu-buru hanya karena melihat orang lain sudah menemukan pasangan hidupnya.

Dalam memilih pasangan sebaiknya kamu tidak mengikuti emosi sesaat. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu benar-benar siap untuk menjalin hubungan dengannya atau tidak. Hal ini menyangkut kehidupanmu selanjutnya bersama pasangan. Apalagi untuk ke jenjang serius dan menjadi pasangan seumur hidup. Jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan yang toxic.

5. Memberikan kepercayaan pada orang lain

5 Tindakan yang Tidak Boleh Diputuskan Terburu-buruFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Designecologist)

Kepercayaan adalah kunci utama dalam menjalani kehidupan sosial. Tentu kepercayaan ini gak ternilai harganya dan tidak bisa buru-buru kamu berikan kepada orang lain begitu saja.

Sebelum memberikan kepercayaan pada orang lain, pastikan bahwa kamu sudah benar-benar mengenalinya. Jangan sampai hubunganmu dengan seseorang renggang karena memberikan kepercayaan pada orang yang salah.

Nah, itulah beberapa hal yang gak semestinya kamu lakukan secara terburu-buru. Tanpa disadari, memang setiap hal harus dipikirkan secara matang dan tenang agar dapat menghasilkan keputusan yang baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi jangan sampai salah langkah, ya!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya