Comscore Tracker

6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan Kamu

#IDNTimesLife Jangan langsung tersinggung begitu saja ya

Siapapun pasti pernah berbeda pendapat dengan orang lain. Apalagi di lingkup dunia kerja. Antara satu orang dengan yang lainnya kerap terjadi perbedaan pendapat, terlebih dalam menyelesaikan persoalan yang terbilang cukup rumit. Bahkan tidak jarang, saking sengitnya perdebatan, bisa masuk sampai ke ranah personal. 

Nah mengingat bahwa perbedaan pendapat itu akan banyak terjadi dalam kehidupan dunia kerja, tentu tidak semua perbedaan harus kamu selalu pikirkan. Bisa jadi itu justru akan merusak hubungan personal kalian. Bila terjadi perbedaan pendapat, apa yang perlu kamu lakukan? Kamu bisa simak ya di bawah ini beberapa cara elegan untuk menghadapi orang yang beda pendapat dengan kamu.

1. Kamu bisa tanyakan lebih lanjut maksud pendapatnya

6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan Kamuunsplash.com/Charles Deluvio

Kamu mungkin hanya mendengar sedikit pendapatnya dan langsung menghakiminya karena berbeda denganmu. Dilansir dari Your Tango, Carolyn Hidalgo, Life Coach, menyarankanmu untuk menanyakan lebih lanjut tentang pendapatnya agar kamu tahu alasan kenapa ia sampai berpikir begitu.

2. Jangan selalu menganggap setiap perbedaan dengan cara pribadi

6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan Kamupexels.com/Garon Piceli

Saat seseorang gak sependapat denganmu, ingatlah untuk gak menganggapnya secara pribadi. Dilansir dari Psychology Today, Barbara Markway Ph.D., Psikolog Klinis, menjelaskan bahwa kamu mungkin saja gak tahu alasan ia mempunyai pemikiran yang berbeda. Mungkin saja, dia mengalami masalah dan gak ingin kamu tahu.

3. Coba pahami cara berpikirnya

6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan KamuFreepik.com/katemangostar

Setelah memahaminya alasannya berbeda pendapat, kamu tentu lebih bisa berpikiran terbuka terhadapnya. Cobalah memandang dari caranya berpikir. Kalau ia mempunyai cara yang berbeda denganmu, bukan berarti ia salah, kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipahami Ketika Berbeda Pendapat dengan Orang Lain

4. Coba cari cara agar suasana menjadi lebih cair

6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan Kamuunsplash.com/@brookecagle

Untuk memecah suasana tegang karena perbedaan pendapat, kamu bisa mencari hal yang lucu dan membuatmu dan orang itu tertawa. Saat suasana menjadi lebih cair, kamu pun bisa berpikir dengan lebih tenang dan gak menghakiminya lagi.

5. Kurangi sikap ingin mengendalikan orang lain

6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan Kamuunsplash.com/rpnickson

Kalau kamu ingin mengurangi sikap judgemental terhadap orang lain, coba perhatikan sikap mengendalikan dalam dirimu. Markway menjelaskan bahwa sikap ingin mengendalikan orang lain membuatmu merasa ingin selalu benar dan gak menerima orang yang berbeda pendapat denganmu.

6. Jangan terus menerus menghakimi orang lain

6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan KamuPexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau pendapatmu salah, akui bahwa kamu salah. Jangan terlalu defensif dan menghakimi orang yang berbeda pendapat denganmu terus menerus. Kamu bisa memilih untuk menjauhi sikap defensif ini.

Nah itu beberapa cara elegan yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi seseorang yang berbeda pendapat dengan diri kamu. Dengan cara seperti itu semoga kamu bisa lebih menerima pendapat yang berbeda ya dan tidak langsung melakukan penghakiman.

Baca Juga: Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda Pendapat

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya