Comscore Tracker

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lho

Apa saja kuncinya?

Aturan umum di masyarakat kadang menggiring seseorang untuk merasa harus memiliki pasangan, entah status sebagai pacar maupun suami/istri. Apabila single dalam waktu yang cukup lama, masyarakat umum cenderung akan menganggapnya aneh.

Nah, oleh sebagian orang, berstatus single adalah sebuah pilihan. Mereka merasa juga bisa bahagia sebagaimana yang memiliki pasangan. Terlebih untuk bisa merasakan cinta atau kasih sayang, tidak melulu harus dengan hubungan romantis. Mereka memiliki banyak cara untuk merasa bahagia. Apa saja itu?

 

1. Bebas

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lhounsplash/ KAL VISUALS

Salah satu alasan konkret kenapa kaum single juga bisa sebahagia mereka yang sudah berpasangan adalah karena merasa adanya kebebasan. Bagi sebagian orang, kebebasan itu sesuatu yang terbilang sangat mahal yang hanya bisa didapat dalam kondisi tertentu, bahkan kadang sangat sulit untuk diperoleh. Termasuk, ketika memilih menyelami kehidupan sendiri terlebih dulu.

Bagi orang-orang yang belum siap buat menjalin hubungan, menjadi single juga diyakini salah satu cara untuk menyenangkan diri sendiri. 

2. Lebih banyak waktu buat keluarga dan sahabat

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lhounsplash/ Priscilla Du Preez

Saat menjadi single, secara otomatis kamu memiliki waktu lebih untuk memberikan perhatian kepada orang-orang terdekat. Terutama, dalam hal ini adalah keluarga dan sahabatmu.

Kamu berkesempatan mengukir lebih banyak momen berharga bersama mereka. Selain itu, kamu juga bakalan memahami bahwa berbagi bukanlah hanya tentang pasangan, namun dimulai dari orang-orang terdekat.

3. Bisa fokus buat meningkatkan kualitas diri

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lhounsplash/ Joshua Harvey

Hal membahagiakan dari menjadi single adalah kamu jadi punya lebih banyak waktu buat meningkatkan kualitas diri. Entah itu tentang pendidikan, karier, atau pun hal lain yang sedang kamu perjuangkan.

Sebagian percaya, semuanya akan indah apabila kamu sudah siap menjalankannya. Termasuk dalam kesiapan untuk mencari dan menjalankan hubungan dengan pasangan. 

Baca Juga: 6 Cara Cewek Single Menangkal Sepi, Biar Tetap Happy

4. Gak ada yang membatasi untuk jadi diri sendiri

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lhounsplash/ Tim Woodson

Dengan menjadi single, kamu bisa mengeksplor diri lebih jauh lagi. KIta akan bebas menjadi diri sendiri karena tidak ada yang membatasi dan tidak ada yang memaksakan untuk menjadi sosok tertentu yang diinginkan pasangan.

Kamu gak perlu persetujuan siapa pun buat jadi dirimu, termasuk dalam urusan penampilan sampai apa yang kamu makan dan kemana kamu akan pergi, juga dengan siapa akan pergi. 

5. Membuka kesempatan belajar hal baru

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lhounsplash/ Marek Mucha

Banyak kegiatan yang bisa kamu gunakan untuk building yourself saat jadi single. Bukan hanya tentang pencapaian diri, namun juga waktu luang yang bisa kamu habiskan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan dan orang-orang di sekitar.

Kamu akan tercengang sendiri ketika berani membiarkan dirimu berpetualang, bertemu banyak tipe orang, dan berbagi pengalaman bersama mereka.

6. Punya lebih banyak peluang buat traveling

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lhounsplash/ Chris Lawton

Kamu akan menemukan hal tak terduga yang membuatmu dapat mengambil perspektif lain dalam memandang kehidupan setelah bepergian ke tempat yang belum pernah didatangi. Di tempat baru itu, kamu akan mendapatkan perspektif baru dalam memandang sebuah kehidupan.

Kamu bisa menantang dirimu melakukan solo traveling, bahkan dengan mengunjungi tempat-tempat dengan bahasa yang tidak kamu mengerti sama sekali. Tentu pengalaman itu akan menjadi momen yang sangat berharga untuk masa depan kamu. 

7. Lebih mencintai diri

Jangan Salah! Kaum Single Juga Bisa Sebahagia Kaum Taken Lhounsplash/Avrielle Suleiman

Menjadi single adalah kesempatan buat mencintai diri sendiri. Memanjakan diri dengan hobi, mengukir momen berkualitas bersama orang-orang terdekat, hingga melakukan berbagai hal yang mungkin gak bisa kamu lakukan saat menjalin sebuah hubungan.

Ya, itulah alasan sederhana mengapa kaum single juga bisa sebahagia kaum taken. Apabila sudah mencintai diri sendiri, kamu bakal tahu bahwa kebahagiaan sebenarnya bisa diciptakan sendiri dan tergantung dari diri kita sendiri.

Baca Juga: Masih Single? Ini yang Harus Kamu Lakukan di Tahun Ini!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya