Comscore Tracker

5 Cara Mengetahui Pasangan Bisa Dipercaya atau Tidak, Jangan Terkecoh 

Jangan langsung curigaan ke doi. Bisa dikomunikasikan lho

Kepercayaan adalah salah satu kunci awetnya sebuah hubungan. Apakah selama ini kamu mengalami permasalahan dalam mempercayai pasangan? Mungkin kamu curiga atau ada hal-hal yang dia sembunyikan. Persoalan seperti inilah yang biasanya akan mengganggu kelanggengan sebuah hubungan. Kepercayaan itu terkesan sangat simpel, tapi penting sekali.

Nah berikut ini beberapa tanda bagaimana mengetahui pasangan kita bisa dipercaya atau tidak. Coba pelan-pelan kamu ingat kembali ya, apakah semua itu ada pada si doi atau hanya beberapa saja. Jangan langsung curigaan ya, tapi jangan juga sampai terkecoh.

1. Terbuka terhadap masa depan yang akan kalian lalui berdua

5 Cara Mengetahui Pasangan Bisa Dipercaya atau Tidak, Jangan Terkecoh pexels/Anastasiya Lobanovskaya

Jadi pasangan yang bisa dipercaya, berarti mau terbuka terhadap dirinya. Termasuk dengan apa yang akan dia rencanakan sama kamu. Penting baginya untuk menceritakan impian serta rencana masa depannya bersama kamu.

Dia tak segan memberi tahu aspek apa dalam hidupmu yang perlu didukung dan ditingkatkan. Misalnya, pasangan memberi tahu tentang promosi jabatan yang diperoleh di kantor atau ketika ia ingin traveling ke luar negeri untuk pekerjaannya.

Baik rencana jangka panjang atau pendek, dia bersedia memberi tahu kamu. Ini karena baginya, kamu penting untuk tahu hal itu. 

2. Memberi tahu dengan jujur, bagaimana dia memperoleh serta mengelola keuangan

5 Cara Mengetahui Pasangan Bisa Dipercaya atau Tidak, Jangan Terkecoh pexels/ Jonathan Borba

Salah satu ciri pasangan yang bisa dipercaya adalah ia bisa membedakan mana yang privasi dan mana yang bisa dibagikan denganmu. Apabila ia memberi tahu tentang bagaimana mengelola keuangan dan jujur, besar kemungkinan ia adalah orang yang bisa kamu percaya untuk dijadikan pasangan kelak.

Ketika pacar mau transparan dengan urusan finansial, berarti dia sudah percaya dan ingin kamu juga ikut andil dalam mengatur keuangannya.

3. Menjadi diri sendiri saat bersama kamu

5 Cara Mengetahui Pasangan Bisa Dipercaya atau Tidak, Jangan Terkecoh pexels/Athena

Ada masalah ketika dia yang kamu lihat, berbeda dengan dia saat harus berhadapan dengan orang lain. Ada indikasi bahwa dia gak jujur terhadap dirinya sendiri. Kalau kepada diri sendiri saja gak jujur, bagaimana dia bisa menghadapi orang lain?

Sebaliknya, orang yang bisa kamu percaya, tidak akan ragu menunjukkan dan mengekspresikan dirinya yang sesungguhnya. Dia tahu bagaimana memposisikan diri saat bersama orang lain, tanpa kehilangan jati dirinya. 

Baca Juga: 6 Tanda yang Tunjukkan Bahwa Kamu Benar-benar Percaya pada Pasangan

4. Dia pernah sesekali menceritakan masalah pribadinya

5 Cara Mengetahui Pasangan Bisa Dipercaya atau Tidak, Jangan Terkecoh pexels/mentatdgt

Setiap manusia memiliki masalah. Orang terdekat yang biasanya tahu perihal ini, termasuk pasangan. Apabila kamu sudah dipercaya sebagai pasangan, dia gak bakal ragu menceritakan masalah pribadi.

Dia ingin meningkatkan kelekatan emosional sama kamu. Dia ingin hubungan kalian menjadi lebih terbuka dan bebas, serta berbenah jadi lebih baik lagi. 

Tak hanya itu, orang yang bisa kamu percaya, barangkali juga pernah menceritakan masalah keluarganya. Masalah keluarga adalah hal yang dianggap tabu oleh orang yang tak terlalu dikenal. Kalau dia pernah bercerita tentang hal ini, dia layak kamu percayai. 

5. Dia tahu bagaimana mengekspresikan perasaannya

5 Cara Mengetahui Pasangan Bisa Dipercaya atau Tidak, Jangan Terkecoh pexels/ Adam Kontor

Saat kesal atau marah, dia akan bilang alasannya dengan hati-hati. Dia mungkin ingin sendiri untuk sementara waktu, namun dia bisa mengomunikasikan hal itu sehingga gak bikin kamu jadi salah paham.

Ketika dia mau jujur terhadap perasaannya, ini tanda dia ingin kamu juga ikut memperbaiki masalah dalam hubungan.

Pasangan yang bisa dipercaya bukanlah yang selalu mengiyakan apa yang kamu katakan, namun juga jujur ketika tak nyaman dengan perilaku atau ucapanmu. Dia tahu bagaimana kerja sama dan kompromi menemukan win win solution saat ada persoalan.

Nah itu beberapa cara untuk mengetahui apakah orang yang dekat denganmu saat ini bisa dipercaya untuk membangun hubungan lebih lanjut atau tidak. Jangan terlalu terburu-buru juga untuk mengambil kesimpulan. Nikmati saja prosesnya ya.

Baca Juga: 6 Tanda Pasanganmu Sedang Berusaha Membawa Hubungan ke Arah Serius  

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya