Comscore Tracker

5 Tips Tak Mudah Terpengaruh Dampak Negatif Perubahan Zaman

Tak semuanya harus diikuti ya

Seiring berkembangnya zaman, pasti akan ada saja perubahan yang terjadi. Perubahan ini bisa berdampak positif maupun negatif. Karenanya, perlu pengendalian diri agar gak mudah terkontaminasi oleh pengaruh negatif.

Dalam era digital yang semakin canggih ini segala sesuatu memang menjadi lebih mudah. Di satu sisi memang sangat menguntungkan. Namun di sisi lain kamu perlu meningkatkan kewaspadaan. Apabila kamu lengah, maka hal-hal yang negatif bisa merusak kehidupanmu. Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap waspada? Nah berikut beberapa tips agar tak mudah terpengaruh dampak negatif perubahan zaman:

Baca Juga: 5 Cara Menjalani Hidup Ala Taoisme, Bikin Pikiran Lebih Tenang

1. Selalu terbuka pada sesuatu yang positif 

5 Tips Tak Mudah Terpengaruh Dampak Negatif Perubahan Zamanilustrasi orang yang memiliki pemikiran terbuka (pexels.com/George Pak)

Cara melindungi diri agar gak mudah terkontaminasi oleh dampak negatif perubahan zaman adalah dengan belajar menjadi orang yang selalu terbuka pada hal-hal yang positif. Jangan pernah merasa paling pintar dan paling benar karena perubahan dalam hidup dapat terjadi begitu cepat.

Jadilah pribadi yang mau menerima pendapat orang lain. Kemudian pandailah dalam menyaringnya. Pilih mana yang baik untukmu dan abaikan yang kurang tepat dan menjatuhkan. Karenanya diperlukan kemampuan berpikir secara logis sehingga nantinya kamu gak akan terkontaminasi oleh berbagai dampak negatif perubahan zaman. 

2. Kembangkan terus kemampuan kamu

5 Tips Tak Mudah Terpengaruh Dampak Negatif Perubahan Zamanilustrasi berlatih keterampilan berbicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Pasti selalu ada sesuatu yang baru dalam setiap perubahan. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Asah dan kembangkan lagi kemampuan yang sudah kamu miliki. Dengan mengembangkan potensi diri, maka nilai dan kualitasmu akan terus bertambah dan meningkat.

Jangan meremehkan kemampuan diri dan menganggapnya sebagai hal yang sudah biasa. Kamu gak pernah tahu jika suatu saat keberhasilanmu bisa diraih dengan keterampilan yang kamu miliki saat ini. Potensi diri yang terus dikembangkan dapat membawamu menuju jalan kesuksesan, meski perubahan zaman juga bearti ada banyak tuntutan yang harus dipenuhi.

3. Selalu membuat rencana sebelum bertindak

5 Tips Tak Mudah Terpengaruh Dampak Negatif Perubahan Zamanilustrasi orang sedang membuat rencana dan tujuan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perencanaan adalah senjata yang dapat membantumu bertahan di tengah perkembangan zaman. Buatlah rencana dengan berbagai pertimbangan yang matang dan terukur. Mengapa tahap perencanaan itu penting untuk menjaga diri? Agar gak mudah terkontaminasi oleh perubahan yang terjadi?

Memang gak ada satu orang pun yang bisa tahu secara pasti apa yang akan terjadi dalam hidup ini. Rencana yang matang dapat membuatmu lebih siap. Jika suatu saat perubahan yang terjadi tak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, ikuti saja alurkan.

Biasakan diri untuk memiliki rencana sebelum kamu melangkah maju. Mengapa? Supaya saat dihadapkan dengan hal negatif, maka kamu gak akan mudah terpengaruh dan terkena imbasnya.

4. Biasakan untuk berpikir kritis

5 Tips Tak Mudah Terpengaruh Dampak Negatif Perubahan Zamanilustrasi berpikir (pexels.com/Thirdman)

Menghadapi era globalisasi yang penuh dengan kemudahan dan kecanggihan, serta dampak positif dan negatifnya, maka tingkatkan kemampuanmu dalam berpikir kritis. Cara berpikir seperti itu akan membantumu membedakan mana tindakan yang baik dan tepat, serta mana tindakan yang bisa mendatangkan keburukan.

Perubahan zaman yang terjadi menuntutmu agar mampu mengolah segala hal yang terjadi dan yang ada dalam pikiranmu sendiri. Semakin kamu kritis terhadap perubahan, maka kamu akan semakin cerdas, terbuka, dan bijaksana dalam menyikapi semuanya.

5. Jalani segala sesuatu dengan mengikuti kata hati dan jadi diri sendiri

5 Tips Tak Mudah Terpengaruh Dampak Negatif Perubahan Zamanilustrasi orang merasa nyaman menjalani hidup (pexels.com/Miguel Arcanjo Saddi)

Tips berikutnya agar kamu gak mudah terkontaminasi oleh dampak negatif perubahan zaman yaitu dengan menjalani segala sesuatu sesuai dengan kata hati. Jangan mudah terpengaruh oleh janji-janji yang belum terbukti kebenarannya. Jadilah dirimu sendiri, jalani kegiatan yang memang kamu suka, bukan karena ikut teman supaya terlihat keren.

Kenali dirimu secara lebih dalam. Terima diri sendiri apa adanya, dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Cari tahu juga tentang hal yang sebenarnya kamu ingin jalani. Ketika kamu mengikuti kata hati, maka kamu akan lebih mudah mengetahui apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidupmu. Dengan begitu, ketika menghadapi perubahan dan perkembangan zaman, kamu akan tetap menjadi yang terbaik dengan versimu sendiri. 

Hadapi perubahan zaman dengan lebih siap, supaya kamu gak mudah terbawa arus dan terkontaminasi oleh dampak negatif. Jangan takut akan adanya perubahan, karena dari perubahan, kamu bisa semakin berkembang. Kuncinya adalah mampu mengendalikan diri sendiri. Nah itu beberapa tips agar gak mudah terpengaruh dampak negatif perubahan zaman. Semoga bermanfaat ya!

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya