Comscore Tracker

Hidupmu Bisa Sulit Berkembang Akibat 5 Mindset Keliru Ini, Hati-hati!

#IDNTimesLife Coba pelan-pelan kita benahi yuk

Pernahkah kamu menyadari bahwa kenyataan kerap tidak serumit yang dipikirkan? Ternyata manusia dalam beberapa hal terlalu banyak berkutat dengan pikirannya, sementara apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan, tidaklah seperti itu. Apakah kamu merasakannya?

Ya, pikiran bisa mempengaruhi banyak hal. Karenanya, apabila mindset keliru, tentu akan berdampak pada kehidupan sehari-hari dan masa depan. Nah, apa saja mindset yang keliru ini? Kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini ya. 

1. Selalu merasa dirimu benar

Hidupmu Bisa Sulit Berkembang Akibat 5 Mindset Keliru Ini, Hati-hati!Ilustrasi Gambar Catur. (unsplash.com/Randy Fath)

Mindset yang membuatmu sulit berkembang adalah merasa bahwa dirimu benar. Dengan memiliki pola pikir seperti ini, kamu merasa apa yang kamu lakukan sempurna sehingga tidak ada keinginan untuk mengevaluasi diri. 

Dilansir dari Lifehack, Zak Khan menyarankan agar kamu lebih open-minded, menerima berbagai pendapat dan mengapresiasi berbagai nasihat. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk dirimu. Gak ada yang sempurna, kamu pun harus banyak introspeksi.

2. Merasa tak berguna apabila gagal

Hidupmu Bisa Sulit Berkembang Akibat 5 Mindset Keliru Ini, Hati-hati!Ilustrasi Gambar Orang. (unsplash.com/Tom Pumford)

Jika kamu gagal dalam suatu hal, apakah kamu suka merasa bahwa dirimu tak berguna? Kalau  jawabanmu, "Iya!" maka mindset-mu keliru. Jangan jadikan kegagalan dalam suatu hal sebagai tolak ukur kemampuanmu. 

Tanamkan dalam dirimu, bahwa setiap kegagalan merupakan pembelajaran baru. Dilansir dari Keepinspiring, Quincy Selae menjelaskan bahwa kamu tidak hidup di dunia yang sempurna. Ada berbagai faktor yang membuatmu gagal, sehingga yang perlu kamu lakukan adalah beradaptasi dengannya. 

3. Tidak bisa mencintai apa yang dimiliki

Hidupmu Bisa Sulit Berkembang Akibat 5 Mindset Keliru Ini, Hati-hati!Ilustrasi Gambar Orang. (unsplash.com/Austin Ban)

Kamu sering melihat kesuksesan teman-temanmu di sosial media? Apa kamu juga sering merasa memiliki banyak kekurangan? Apakah kamu sering merasa tidak puas akan apa yang kamu miliki?

Masih dari Keepinspiring, Quincy Seale menjelaskan bahwa sisi negatif dari ambisi yang kamu miliki adalah tak pernah merasa puas pada apa yang telah kamu miliki. Pikiranmu fokus pada apa yang tidak ada, sehingga melupakan apa yang ada di depan mata.  Ubahlah mindset seperti itu karena akan membuatmu merasa tidak pernah cukup. 

Baca Juga: 5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menunda

4. Kamu terlalu fokus pada impian orang lain

Hidupmu Bisa Sulit Berkembang Akibat 5 Mindset Keliru Ini, Hati-hati!Ilustrasi Gambar Anak. (unsplash.com/Mikael Kristenson)

Terlalu banyak melihat kehidupan orang lain membuatmu ingin menjadi seperti dirinya. Kamu pikir dengan menjadi orang tersebut, kamu akan memiliki hidup yang lebih baik dan lebih bahagia. Sayangnya, kamu keliru.

Terlalu fokus pada impian orang lain membuatmu kehabisan waktu untuk diri sendiri. Kamu sibuk memikirkan cara untuk menjadi orang itu. Zak Khan dalam laman Lifehack menyarankan agar kamu lebih baik memprioritaskan diri sendiri dan fokus pada hidupmu. 

5. Mengutamakan hasil daripada proses

Hidupmu Bisa Sulit Berkembang Akibat 5 Mindset Keliru Ini, Hati-hati!Ilustrasi Gambar Anak. (unsplash.com/Ismail Salad Hajji dirir)

Salah satu faktor mengapa kamu tak kunjung berkembang adalah terlalu fokus pada hasil. Jika kamu memiliki suatu tujuan, kamu hanya memikirkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu. Padahal, bisa saja kamu gagal. 

Berhasil itu baik, tapi gagal gak kalah baik, kok! Dari kegagalan kamu belajar menghindari kesalahan yang serupa dan mencari jalan lain agar tidak jatuh ke lubang yang sama. Jadi, nikmati saja setiap proses yang kamu lalui, tak harus selalu berhasil. Ingat, bahwa semua orang juga pernah gagal.

Kamu sudah baca kan ulasan di atas? Apakah ada di antara mindset tersebut yang ternyata selama ini ada pada kamu? Tidak ada kata terlambat untuk improve diri. Yuk bersama-sama kita mulai membuat pikiran menjadi lebih sehat. 

Baca Juga: Hindari 5 Mindset Ini kalau Tak Mau Kariermu Terus-terusan Mentok!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya