9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!

Biar akhir bulan ada sisa, bukan pinjam uang

Mengatur keuangan merupakan hal utama yang harus kamu lakukan, apalagi jika masih sekolah, mahasiswa, atau bekerja di tanah rantauan. Sebab kamu tidak tinggal bersama orangtua yang biasanya mencukup kebutuhan hidupmu.

Kamu bahkan perlu mengatur keuangan biar bisa bertahan hidup. Gimana caranya? Berikut ini tipsnya.

1. Kalau baru gajian atau dikasih uang, lebih dihemat dulu di awal bulan

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!olshanka.ru

Awal bulan baru gajian untuk yang sudah bekerja, atau dikasih uang sama orangtua buat yang sekolah atau kuliah. Uang kamu memang masih banyak saat di hari-hari pertamanya. Kalau sudah begini, kamu pasti terbesit keinginan untuk bersenang-senang.

Berhati-hatilah. Sebaiknya kamu hemat dulu di awal bulan hingga pertengahan. Buat jaga-jaga bila ada kebutuhan yang mendesak. Baru setelah itu, kamu bisa menggunakan uang setelah melewati masa pertengahan bulan.

2. Kumpulkan uang sisa yang ada di akhir bulan

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!debt.com

Jika setiap bulan uangmu tak pernah habis dan masih ada sisa, kamu seharusnya bersyukur. Sebab kamu bisa menabung sisa uang tersebut di akhir bulan meskipun nominalnya kecil.

Niscaya, jika rajin melakukannya, kamu akan memiliki tabungan yang cukup. Jadi usahakan di akhir bulan selalu ada sisa uang ya.

3. Buat prioritas untuk barang-barang yang mau dibeli.

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!Foto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Oleg Magni)

Biasanya kalau di tempat perantautan, ada barang-barang yang mesti kamu beli, kan? Nah, sebaiknya bikin saja daftar barang yang harus kamu prioritaskan. Tidak harus semua barang yang kamu beli. Cari yang paling urgent dulu.

Jika bulan ini belum bisa beli, simpan atau tabung lagi uangmu untuk membeli barang kebutuhan bulan depan. Tidak usah terburu-buru harus dibeli semua di bulan ini.

4. Kalau ke kampus, jalan kaki saja

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!pexels.com/@sebastian

Ini yang perlu kamu pikirkan. Biar bisa jalan kaki, sebaiknya cari kost yang dekat dengan sekolah, kampus, atau kantormu. Kalau bisa jalan kaki, kenapa harus naik kendaraan. Selain hemat, kamu juga bisa sehat. Toh, pasti banyak teman-temanmu yang juga sejalan tujuannya dengan kamu. Siapa tahu mereka bisa kasih tumpangan buat kamu. Lebih irit lagi, kan?

5. Gak perlu beli nasi, buat saja di kos

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!shutterstock.com/Nishihama

Pertama, cobalah cari info kostan yang menyediakan nasi putih di dapur. Kedua, jika tidak ada, sebaiknya kamu perlu membuat daftar belanja rice cooker untuk di kamar kost. Masak nasi memang butuh banyak waktu dan malas sih. Tapi ini bisa menghemat pengeluaranmu. Sekali masak nasi, itu bisa dipakai untuk tiga kali makan lho.

Tinggal beli saja sayur dan lauk yang bisa bertahan untuk satu malam. Syukur-syukur di kostan ada kompor. Jadi kamu bisa menghangati lauk pauk tersebut. Murah meriah dan nikmat, bukan?

6. Kalau beli lauk di luar, belilah yang cukup untuk makan dua hingga tiga kali dalam sehari

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!realfood.tesco.com

Seperti yang disinggung di poin kelima, beli lauk pauk itu perlu. Pilihlah yang porsinya bisa cukup untuk disantap minimal dua kali dalam sehari. Meski hal ini terlihat membosankan, namun ini bisa menghemat uangmu.

Ambil saja contoh, sekali makan di luar menghabiskan uang minimal Rp10 ribu. Itupun belum sama minum. Jika kamu punya nasi di rumah, belanja saja lauk pauk di warung seharga Rp 10 ribu. Itu sudah dapat sayur dan lauk. Cukup untuk bertahan sehari.

7. Ikut organisasi di kampus

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!unsplash/yuhao

Kenapa ikut organisasi jadi penting? Gak ada hubungannya dengan mengumpulkan uang? Hmmm, jangan salah.

Tahukah kamu, ikut organisasi di kampus justru bisa menghemat uangmu dari segala hal. Selain bisa dapat makan gratis setiap kali ada event, kamu juga bisa menghemat uangmu karena terlalu sibuk di organisasi. Coba saja sendiri.

8. Di tempat manapun, jangan malu menjadi "fakir Wi-Fi"

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!Stocksnap.io/Helena Lopes

Sebagai anak sekolah, mahasiswa, atau pekerja, tentu memikirkan budget untuk membeli paket data internet. Nah, kalau kebetulan teman-temanmu lagi nongkrong di tempat yang ada free Wi-Fi, jangan sungkan-sungkan untuk ikut nebeng ya.

Gak ada salahnya kok. Kamu gak perlu beli makanan dan minuman, biar temanmu saja. Atau jika kamu sungkan, belilah menu yang harganya paling murah. Gak usah tertawa. Itu perlu. Banyak kok yang melakukannya. Manfaatkan waktu itu sebaik-baiknya untuk mencari tugas atau menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan akses internet, jangan terlalu banyak dipakai untuk bercanda dulu.

Bisa juga kamu lakukan di kampus. Pasti di sekolah, kampus, atau tempat kerjamu kamu sudah ada free Wi-Fi juga, kan? Nah, manfaatkan juga sebaik-baiknya, tidak perlu pulang cepat jika kerjaanmu belum kelar. Lumayan buat menghemat pengeluaran juga.

9. Kumpul bersama teman secukupnya saja

9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!Unsplash/Toa Heftiba

Ini tujuannya bukan untuk membatasi pertemananmu ya. Kalau memang uangmu mepet, jangan dipaksakan ikut kumpul dengan teman hanya karena gengsi ya. Menuruti gengsi apalagi sampai pinjam uang, ya sama saja ceritanya. Pertimbangkan matang kepentingan nongkrong tersebut.

Sebenarnya, Kuncinya cuma satu: kamu perlu menahan dir agar tidak tergoda menghamburkan uang. Semoga cara-cara di atas bisa membantumu ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You