TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Kepribadian Tidak Sehat dan Solusinya

Tidak ada kata terlambat untuk berbenah diri

pixabay.com/Sammy-Sander

Karakter dan kepribadian setiap orang pasti berbeda-beda. Tidak akan ada yang persis sama. Bahkan orang yang kembar sekalipun. Namun, yang harus disadari bahwa setiap kepribadian memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. 

Cara seseorang dalam bereaksi dan berinteraksi dengan orang lain sangat mencerminkan kepribadiannya. Semua bentuk tingkah laku diri kita, tentu akan berpengaruh terhadap orang lain. Baik itu bernilai positif maupun negatif. 

Kepribadian yang tidak sehat, selain dapat merugikan diri sendiri, juga bisa menyakiti orang lain. Apabila itu terjadi padamu, maka bisa jadi kamu sedang tidak baik-baik saja. Nah berikut ciri kepribadian yang tidak sehat dan solusi yang mengatasinya:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Kamu sering merasa tertekan

ilustrasi seorang pria yang sedang merasa stres (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin kamu pernah berada di posisi ini. Saat mengalami tekanan, kamu sampai tidak tahu harus berbuat apa. Segala tindakan yang kamu lakukan terasa selalu salah. Kamu pun tidak lagi bisa berpikir dengan jernih dan menemukan solusi yang tepat. Apabila hal itu terjadi, maka itu menandakan pikiran kamu sedang tidak sehat. 

Lalu bagaimana jalan ke luarnya? Solusinya adalah kamu harus menceritakan apa yang membuat diri tertekan. Sampaikan kepada orang yang dapat dipercaya. Ke luarkan semua unek-unek yang ada. Dengan begitu, perasaan tertekan itu akan berkurang.

2. Kamu merasakan kecemasan yang berlebihan

pixabay.com/RyanMcGuire

Pernahkah kamu merasa cemas secara terus-menerus? Orang yang memiliki kecemasan yang berlebihan dan terjadi berulang-ulang, itu menandakan kesehatan mentalnya terganggu. Apabila serangan kecemasan muncul, orang yang mengalaminya seakan tidak berdaya dan tentu saja tidak bisa berpikir tenang.

Solusinya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur napas. Aturlah napas kamu secara perlahan. Kemudian, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena itu malah memperburuk kecemasan. Di samping itu, kamu dapat melepaskan rasa cemas dengan berolahraga. 

3. Kamu kurang bergairah menjalani hidup

ilustrasi tak mau melakukan apa-apa (pixabay.com/DanaTentis)

Apabila kamu tak lagi bergairah dalam hidup, menandakan bahwa mental kamu sedang tidak sehat. Kamu akan menolak diri untuk melakukan sesuatu, termasuk berkumpul dengan teman sejawat, menjauh dari hobi, dan melakukan aktivitas lainnya. Inilah yang disebut dengan 'mati rasa'.

Solusinya adalah belajar untuk memaafkan diri sendiri dari semua kesalahan dan kegagalan. Ingatlah bahwa tak ada manusia yang sempurna. Jika pernah melakukan kesalahan, benahilah agar menjadi lebih baik.

4. Kamu sangat mudah untuk marah

Ilustrasi marah ( pixabay.com/Olichel)

Apabila sedang marah, seseorang akan sangat mudah untuk memukul, melempar, dan membanting barang yang ada di sekitar. Tersinggung sedikit langsung marah. Bahkan bisa marah tanpa sebab. Hal-hal sepele pun dengan cepat membuat kamu marah. Apabila hal itu terjadi, maka ada yang sesuatu yang tidak beres. 

Solusinya, alihkan perhatian pada hal yang membuat kamu tersenyum bahagia. Aturlah napas atau pergi ke tempat yang membuat pikiran tenang. Jangan biarkan kamu hanyut dalam kemarahan. 

Writer

Mella Oktarianti

Kebebasan Hakiki dalam menulis adalah dengan berpikir dan berimajinasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya