TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Kepribadian Introvert, Lebih Suka Kesunyian 

Adakah teman kamu yang seperti ini?

Pexel/Andrea Piacquadio

Istilah introvert pertama kali dicetuskan oleh Carl Gustav Jung di dalam bukunya yang berjudul Psychologische Typen, terbitan tahun 1920. Umumnya, masyarakat mengenal istilah introvert sebagai sikap pemalu. Namun, pengertian tersebut dapat dikata keliru. 

Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang cenderung lebih menyukai ketenangan dan kesunyian. Mereka akan mudah mengumpulkan energi, fokus, dan meningkatkan produktivitas saat sedang sendirian.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan ekstrovert, yang cenderung menyukai keramaian, mudah bergaul, dan tidak akan kesulitan saat menangani banyak rangsangan seperti suara, musik yang keras, dan sebagainya. Jadi, bagaimanakah ciri-ciri dari sikap introvert? Apakah kamu salah satunya? Simak yuk penjelasannya di bawah ini:

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Masih Sering Chat Kamu, Coba Tetap Jaga Jarak

1. Lebih menghargai hubungan dari segi kualitas 

Pexels/Jopwell

Sebagian besar introvert cenderung memiliki lingkup pertemanan yang sedikit dan kecil. Hal ini karena mereka lebih menyukai dan memandang pertemanan dari segi kualitas, bukan kuantitas.

Berbeda dengan kepribadian ekstrovert yang notabene memiliki lingkup pertemanan yang sangat luas, introvert justru cenderung lebih suka menjaga dan merawat pertemanan, meskipun dalam skala yang kecil.

2. Introvert cenderung berpikir sebelum bertindak

Pexels/Theo Decker

Orang dengan kepribadian introvert biasanya akan terlebih dahulu berpikir sebelum melakukan sebuah tindakan. Mereka akan berpikir dengan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Selain itu, mereka juga akan lebih memikirkan perasaan orang lain. Sikap ini pula yang biasanya akan membuat orang introvert lebih disukai oleh orang lain, karena terlihat jauh lebih bijak.

3. Introvert tidak nyaman berada di keramaian

pixabay.com

Berada di keramaian adalah hal yang sangat dihindari oleh para introvert. Mereka lebih menyukai ketenangan tanpa banyak rangsangan yang membuat merasa tidak nyaman. 

Keramaian juga akan membuat energi mereka terkuras dan membuat mereka lebih cepat lelah. Tingkat produktivitas orang dengan pribadi introvert biasanya akan meningkat jika sedang menyendiri.

4. Intovert lebih sadar akan dirinya sendiri

Pexels/Andrea Piacquadio

Menghabiskan waktu di kesunyian juga membuat introvert akan lebih mengenal dan sadar akan dirinya sendiri. Biasanya, orang introvert akan lebih suka merenung dan berdialog dengan dirinya sendiri.

Hal ini tentu sangat positif di mana ketika kita lebih mengenal diri sendiri, maka kita akan lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri.

Writer

Farid Handika

Mari buat membaca lebih asik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya