Comscore Tracker

5 Fakta Unik Tentang Kucing Peliharaan di Rumah

Kamu punya kucing jugakah di rumah?

Hewan peliharaan yang cukup populer di dunia selain anjing adalah kucing. Hewan ini dikenal rajin menjaga kebersihan diri dan memiliki kebiasaan tidur. Para pemiliknya pun tidak akan terlalu merasa bersalah ketika meninggalkan kucing-kucing tersebut sendirian di rumah.

Kucing juga dikenal manja dengan pemiliknya. Studi yang meneliti perilaku setiap kucing, mengungkapkan bahwa sebagian besar kucing peliharaan akan mengenali nama mereka dan menunjukkan bahwa mereka akan aman dengan pemiliknya. Dilansir dari beberapa sumber, nah berikut beberapa fakta unik tentang kucing peliharaan di rumah:

Baca Juga: Perilaku 5 Hewan ini Inspiratif Banget, Ajarkan Self-Care!

1. Kucing peliharaan akan merasa cemas saat berpisah dengan pemiliknya

5 Fakta Unik Tentang Kucing Peliharaan di Rumahilustrasi kucing yang lagi sedih (pixabay.com/kirgiz03)

Menurut survei dalam sebuah penelitian, satu dari 10 kucing akan menunjukkan perilaku murung ketika dipisahkan dari pemiliknya. Perilaku kucing ketika ditinggal biasanya di tandai dengan vokalisasi berlebihan, buang air kecil sembarangan, agresif, merasa cemas, dan sembarangan buang air besar.

Adapun ciri-ciri lain yang ditunjukkan oleh kucing seperti depresi yang ditandai dengan kurangnya energi dan kehilangan minat pada saat ditinggal sementara oleh pemiliknya.

2. Kucing dapat mengetahui kapan datangnya badai

5 Fakta Unik Tentang Kucing Peliharaan di Rumahilustrasi wajah kucing (pixabay.com/alexas_fotos)

Pada umumnya sebagian besar hewan lebih sensitif dari pada manusia, terutama kucing. Mereka sangat sensitif terhadap suara, bau, dan perubahan cuaca di mana indra mereka akan meningkat saat mereka mengetahui petunjuk bahwa badai itu akan datang jauh sebelum pemiliknya mengetahui.   

Sebelum badai datang, biasanya telinga bagian dalam kucing akan mendeteksi penurunan tekanan atmosfer secara tiba-tiba dan ia mungkin telah belajar mengaitkan hal tersebut sebagai tanda badai akan datang. Kucing biasanya juga akan masuk ke dalam rumah.

3. Kucing menghabiskan 18 jam untuk tidur

5 Fakta Unik Tentang Kucing Peliharaan di Rumahilustrasi kucing sedang tertidur (pixabay.com/kavowo)

Tidak dipungkiri bahwa kucing memang dijuluki pemalas. Kucing dapat menghabiskan waktu 18 jam perhari hanya untuk tidur karena mereka merupakan hewan penyendiri dan menginginkan tempat bersembunyi yang aman.

Kucing senang akan suhu ruangan yang lebih hangat dari pada manusia yang lebih menyukai suhu kamar yang dingin. Ketika mereka mulai merasakan kedinginan, kucing biasanya akan mencari tempat yang sekiranya lebih hangat. Umumnya mereka akan mencari kardus untuk tidur di dalamnya.

4. Kucing peliharaan memiliki pengaruh besar terhadap satwa liar di sekitar kita

5 Fakta Unik Tentang Kucing Peliharaan di Rumahilustrasi kucing sedang berburu (pixabay.com/miezekieze)

Menurut penelitian, kucing domestik atau kucing yang sudah dijinakkan cenderung membunuh lebih banyak mangsanya di area-area tertentu dibanding predator liar lain yang berukuran serupa dengannya.

Perburuan oleh hewan peliharaan dapat memiliki efek besar pada populasi satwa liar di sekitar rumah. Para ilmuwan mengatakan, efeknya sebagian besar terkonsentrasi di sekitar rumah tuanya. Hal ini karena sebagian besar kucing akan ke luar berburu atau bermain di sekitar radius 100 meter dari rumah pemiliknya.

5. Kucing bisa berkomunikasi dengan pemiliknya

5 Fakta Unik Tentang Kucing Peliharaan di Rumahilustrasi kucing putih lucuh (pixabay.com/pexels)

Mengeong merupakan cara kucing berkomunikasi dengan pemiliknya. Sebagian dari kita bahkan tidak menyadari bahwa telah melatihnya di saat memberi mereka makan.

Sebagian kucing lebih mudah dilatih dari pada kebanyakan kucing yang lain. Tetapi jika dilakukan dengan tekun dan sabar, diyakini kucing akan menjadi lebih pintar ketimbang hanya mengeong saat meminta makan.

Pada umumnya hampir semua kucing memiliki sifat yang sama. Semuanya kembali lagi ke kita selaku pemiliknya, bagaimana cara memperlakukan mereka. Nah itulah beberapa fakta unik tentang kucing peliharaan di rumah. 

Ahmad Sandi Photo Community Writer Ahmad Sandi

Menulis itu menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya