Comscore Tracker

Kenali 5 Tanda Anak Bakal Jadi Manja Banget, Jangan Dianggap Sepele

Berbahaya bagi anak jika terus dibiarkan 

Banyak orangtua yang kesulitan menangani anak yang terlanjur manja. Karena ingin membuat anak-anak mereka bahagia, tidak sedikit orangtua yang berusaha memenuhi semua tuntutan anaknya dan memberi mereka keistimewaan. Namun apabila anak terlalu diberikan kemudahan dalam segala hal, sangat berpotensi justru membuat mereka jadi manja. 

Barangkali orangtua tidak sadar bahwa segala kemewahan yang mereka berikan justru berdampak negatif terhadap masa depan anaknya. Agar lebih jelas, simak dulu ya tanda-tanda anak yang bakal jadi manja banget:

Baca Juga: Anak Menjadi Picky Eater? Ini 5 Cara untuk Mengatasinya

1. Sering menolak dan mengabaikan orangtua

Kenali 5 Tanda Anak Bakal Jadi Manja Banget, Jangan Dianggap Sepeleilustrasi anak nakal. (Pexels.com/Kindel Media)

Apakah menjengkelkan apabila seorang anak terus-terusan melakukan sesuatu yang berlawanan dengan apa yang diminta oleh orangtua? Ketika mereka dinasihati untuk mengikuti aturan, anak tersebut selalu gak mau menurut.

Mereka berulang kali menolak untuk membersihkan tempat tidur, mencuci piring, atau pulang tepat waktu. Mereka juga gak mendengarkan masukan orangtua dan secara arogan hanya mau melakukan apa yang mereka suka.

2. Beebicara kepada orangtua dengan emosi

Kenali 5 Tanda Anak Bakal Jadi Manja Banget, Jangan Dianggap Sepeleilustrasi konflik dalam keluarga (istockphoto.com/shironosov)

Anak manja sering agresif. Mereka justru dapat menimbulkan risiko bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar mereka. Anak yang selalu dimanjakan akan bereaksi dengan penuh emosi ketika kebutuhan mereka gak dipenuhi.

Mereka menolak semua yang dikatakan oleh lain. Mengapa bisa demikian? Karena mereka gak dapat memahami dan memproses emosi sehingga sering menunjukkan perilaku agresif, seperti berteriak, menangis, memukul, atau bahkan melempar barang.

3. Selalu ingin menjadi yang paling baik

Kenali 5 Tanda Anak Bakal Jadi Manja Banget, Jangan Dianggap Sepeleilustrasi kemenangan seorang anak (pixabay.com/StartupStockPhoto)

Beberapa anak manja cenderung mengembangkan rasa superioritas atas orang lain dan merasa bahwa hanya mereka yang pantas mendapatkan yang terbaik. Perilaku ini bisa semakin buruk jika orangtua terlalu menuruti keinginan mereka.

Apabila orangtua memberi mereka kue atau mainan, mereka akan selalu ingin lebih. Jika orangtua membiarkan mereka keluar malam bersama teman-teman, mereka akan terus-terusan seperti itu, bahkan sampai dini hari. Mereka gak pernah bersyukur atas apa yang mereka miliki dan mengharapkan orangtua melakukan banyak hal untuk mereka.

4. Gak mau menghormati orang lain

Kenali 5 Tanda Anak Bakal Jadi Manja Banget, Jangan Dianggap Sepeleilustrasi menutup telinga. (Pexels.com/RODNAE Production)

Anak manja cenderung gak mau menghormati orang lain. Dalam pandangan mereka, setiap orang harus melayani, sementara dia tidak pernah mau berkorban untuk orang lain.

Mereka gak menghormati guru, teman, dan orang-orang di lingkungan sosial. Mereka juga gak memiliki empati untuk orang lain walaupun sahabatnya sendiri. Ia sering menuntut apapun yang mereka mau tanpa memedulikan kondisi orang lain.

5. Senang membandingkan diri dengan orang lain

Kenali 5 Tanda Anak Bakal Jadi Manja Banget, Jangan Dianggap Sepeleilustrasi narsisme. (Pexels.com/Tim Douglas)

Seorang anak dengan sifat yang menuntut, akan sulit diatur. Ketika tuntutan mereka gak dipenuhi, mereka pasti akan marah dan membuat keributan. Kamu selalu membandingkan diri dengan orang lain. Hal itulah yang dijadikan sebagai alasan agar mereka bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Mereka selalu memandang orang yang lebih tinggi dan ingin mencapai level yang sama. Apabila tidak terpenuhi, maka dia akan terus menuntut sampai akhirnya orangtua memenuhinya. 

Sekarang kamu sudah mendapat pandangan kan ya apa saja tanda-tanda seorang anak yang bakal jadi manja banget? Semoga bisa kamu hindari ya!

Le DixAiles Photo Community Writer Le DixAiles

Terbiasa dipermainkan oleh hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya