7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai Sekarang

Bahagia gak selalu tentang uang

Menginjak usia 25 tahun, biasanya diliputi oleh perubahan sikap hingga membentukmu jadi dewasa, meski belum hidup mapan dan masih bingung mencari tujuan. Lalu, apakah kondisi ini kamu simpulkan bahwa mengalami kegagalan dan belum bisa membahagiakan orangtua, terutama ibu?

Bukan. Hidup mapan bukanlah tolak ukur kamu bisa membahagiakan ibu. Justru tujuh sikap ini bisa membahagiakan ibu meski kamu belum hidup mapan.

1. Sering-sering berbagi cerita dengan ibu, supaya ibu bisa mengerti perkembangan hidupmu

7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai Sekarang© 2007 Universal Pictures

Mungkin kamu sudah jarang di rumah karena memiliki segudang aktivitas dan kesibukan lainnya, namun jangan jadikan ini alasan untuk tidak menjalin komunikasi yang baik dengan ibumu.

Luangkan waktu untuk bertukar cerita dengan beliau. Selalu kabari beliau mengenai hal-hal terkini dari hidupmu. Mengerti perkembangan hidup anak-anaknya, sudah jadi kebahagiaan tersendiri untuk seorang ibu.

2. Jadi pendengar yang baik supaya ibumu gak merasa sendirian

7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai Sekarang© 2007 Universal Pictures

Selain berbagi cerita dengan ibu, jadilah pendengar yang baik ketika ibumu bercerita. Cara ini ampuh membuat ibumu gak merasa sendirian. Selain itu, kamu juga jadi tahu perkembangan terkini mengenai ibumu.

3. Sering meluangkan waktu untuk pulang dan menemani kegiatan ibu

7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai SekarangPhoto by Beth Dubber/Netflix

Makin senja usia ibumu, tentu beliau ingin makin sering ditemani oleh anak-anaknya. Oleh sebab itu, jangan jadikan kesibukanmu ini alasan utama untuk tidak pulang. Selalu prioritaskan ibu sehingga kalian bisa memiliki waktu yang berkualitas bersama. Hal kecil ini sudah bisa membuat ibu bahagia kok.

4. Memperhatikan kondisi ibumu

7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai Sekarangimdb.com

Jika dulu ibu yang selalu memperhatikan dan memenuhi kebutuhanmu, maka sekarang sebaliknya. Kamulah yang harus memperhatikan kondisi ibumu dan berusaha semampu mungkin memenuhi kebutuhan beliau. Misalnya saja ketika beliau tidak memiliki sepatu yang nyaman dipakai, maka sisihkan uang gajimu untuk membelikan sepatu untuk ibu. Meski kecil, namun hadiah ini bakal sangat berkesan untuk beliau.

5. Sudah mandiri dengan hidupmu sendiri

7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai SekarangPhoto by Saeed Adyani/Netflix

Kamu mungkin masih meraba dan mencari arah tujuan hidupmu. Masih sering pindah tempat kerja atau masih belum punya tabungan yang cukup. Meski demikian, berusahalah untuk selalu mandiri dan tidak merepotkan ibu. Sifat mandirimu ini yang akan membuat ibu bangga sekaligus bahagia.

6. Ketika pulang ke rumah, minimalisir untuk merepotkan ibumu

7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai Sekarangimdb.com

Saat pulang ke rumah, maksimalkan waktu yang berkualitas bersama ibu. Selain itu, minimalisir untuk merepotkan beliau. Ringankan pekerjaan rumah tangga sehingga ibu merasa terbantu saat kamu pulang, bukannya malah merasa terbeban.

7. Tekuni bidang pekerjaan yang kamu suka dan bertanggungjawablah

7 Cara Sederhana Membahagiakan Ibu Meski Belum Mapan Sampai SekarangPhoto by Juan Ramos on Unsplash

Mungkin kamu memang belum berprestasi di tempat kerja atau belum punya tabungan hingga puluhan juta. Meski demikian, ibumu tetap bangga ketika kamu jadi orang yang bertanggung jawab dan menekuni bidang pekerjaanmu secara sungguh-sungguh.

Kamu tidak memerlukan materi dan karier gemilang untuk membahagiakan ibu, yang terpenting kamu selalu mengingat, serta mengutamakan beliau di manapun kamu berada.

Ada satu hal sederhana lagi cara membahagiakan ibu. Apakah kamu sudah mencium ibumu hari ini?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You