TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jarang Dipakai, 10 Inspirasi Nama untuk Bayi Berawalan Huruf "X"

Lucu-lucu banget sih namanya

Pixabay.com/regina_zulauf

Sebagai orangtua, sering ada hasrat untuk memberikan nama yang unik buat bayinya dan jarang dimiliki orang lain. Namun beratnya, orangtua kesulitan mencari nama yang memiliki makna postif.

Ini ada rekomendasi buat kamu. Barangkali ingin memberikan nama untuk buah hati berawalan huruf X. Semoga bisa membantu ya.

Baca Juga: Referensi Buat Orangtua, 10 Nama Sansekerta untuk Bayi

1. Nama "Xavier" amat cocok bila disematkan pada bayi laki-laki. Dalam bahasa Portugis, ini berarti rumah baru

Pexels/Daniel Reche

Kata "Xavier" ini ada dalam berbagai bahasa, yaitu Arab, Italia, Prancis, Spanyol, dan Portugis. Dalam bahasa Arab, kosakata ini berarti bersinar. Kalau di Italia, nama ini bermakna cerah dan cemerlang. Sementara Prancis dan Portugis, "Xavier" adalah rumah yang baru.

2. Mengingatkan pada ikon wanita kuat di era 90-an, "Xena" atau "Xenia" bermakna ramah dan murah hati

Pexels/Maierean Andrei

"Xena" adalah nama anak perempuan yang berasal dari Yunani. Maknanya adalah ramah dan murah hati. Nama ini juga punya bentuk lain, yaitu "Xenia". Sekilas, "Xena" mengingatkan kita pada serial bertema pahlawan perempuan perkasa di tahun 90-an ya?

3. Beda lagi sama "Xander". Nama anak laki-laki ini adalah harapan agar si kecil menjadi penolong umat manusia kelak

Pexels/Pixabay

Diambil dari bahasa Yunani, "Xander" bermakna penolong umat manusia. Nama ini bisa berdiri sendiri atau dibuat jadi "Alexander" karena maknanya pun sama saja.

4. Jika ingin nama unik yang khas Spanyol, coba deh sematkan "Xalbador" pada putra kecilmu yang baru lahir!

Pexels/Spencer Selover

Cocok untuk nama anak laki-laki, "Xalbador" berarti penyelamat. Dari akhiran katanya saja, nuansanya sangat Spanyol, bukan?

5. Yang punya anak cowok dengan paras imut, lucu, menawan, jangan ragu kasih nama "Xaquil" di aktanya. Kata ini artinya adalah rupawan

Pexels/Pixabay

Meskipun terdengar unik, menurut beberapa sumber "Xaquil" adalah nama anak-anak Islami lho! Nama ini cocok diberikan pada bayi laki-laki. Arti namanya sendiri adalah rupawan atau tampan. Bentuk lain dari nama ini adalah Shaquel.

6. Diambil dari bahasa Cina, "Xian" bisa berarti dongeng tentang burung phoenix maupun lagu surga yang indah

Pexels/Pixabay

Dalam bahasa Cina, "Xiān" adalah nama yang lekat dengan anak perempuan. Kata ini punya beberapa makna, namun keseluruhannya sama-sama sangat indah. Makna yang dimaksud adalah dongeng tentang burung phoenix, lagu surga, surgawi, musik surga, atau musik yang indah.

7. Mungkin kamu ragu memberi nama ini sebab takut anakmu duduk di belakang kelas dan sering menyontek. Tenang, karena "Xinerva" berarti jujur!

pexels/public domain pictures

Giliran nama bernuansa Italia, nih! "Xinerva" adalah nama itu dan sangat cocok ditujukan untuk anak perempuan. Arti dari kosakata ini adalah jujur.

8. Bahasa Yunani, Italia, Cina, dan Arab sudah. Bagaimana dengan Afrika? Nih, ada nama "Xola" spesial buat jagoan kecilmu!

Pexels/Pixabay

Untuk anak laki-laki, "Xola" adalah nama dari Afrika yang tepat. Sebab makna dari kata tersebut adalah tinggal dalam damai.

9. Ingin yang lebih unik? Ada bahasa Nahutal yang memperkenalkanmu dengan nama "Xiuhtonal" dan bermakna cahaya mulia

Pexels/Prince Photos

Untuk yang belum tahu, Nahutal atau Nahuatl merujuk pada kelompok dengan berbagai dialek dan bahasa dari Suku Aztec di sekitar Meksiko. "Xiuhtonal" sendiri adalah nama perempuan dan maknanya adalah cahaya mulia.

Berita Terkini Lainnya