Comscore Tracker

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu Terlelap

Cobain deh. Bangun tidurmu akan lebih segar

Kamar tidur adalah ruang yang paling personal di dalam rumah. Tempat kamu menghabiskan waktu istirahat dan mengisi ulang energi. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat fungsinya, termasuk melengkapinya dengan tanaman hidup.

Ada tanaman hias yang cocok ditempatkan di kamar tidur. Selain mempercantik ruangan, kamu juga bisa mendapatkan suntikan oksigen di malam hari. Plus, tumbuhan ini membantu membersihkan udara sehingga lebih segar.

Dilansir dari Pinkvilla.com dan Thespruce.com, berikut rekomendasi tanaman hias di kamar tidur.

Baca Juga: 8 Tanaman yang Cocok di Dapur, Bisa Dipakai Bahan Masak

1. Lidah buaya

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapTanaman lidah buaya (pexels.com/Cintia Siqueira

Satu tanaman yang cocok untuk menghias kamar tidur adalah lidah buaya. Lidah buaya bisa melepaskan oksigen dan membantu memurnikan udara dari racun. Kamu bisa meletakkannya di dekat jendela atau sudut lain kamar dengan pencahayaan cukup.

Lidah buaya mudah dirawat, tidak perlu perawatan khusus, dan bisa hidup dari cahaya tidak langsung. Kamu juga tidak perlu sering-sering menyiramnya, cukup seminggu sekali.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Pupuk Rumahan, Minim Biaya Kebun Jadi Rimbun

2. Lili perdamaian

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapIlustrasi lili perdamaian (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bagi penyuka tanaman hias berbunga, maka lili perdamaian adalah pilihan yang tepat. Penampilannya yang cantik akan membuat kamar tidur menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, kelopak bunganya mampu menyaring racun berbahaya dan polutan udara, sehingga membuat udara jadi lebih bersih.

Kamu bisa meletakkan tanaman ini di banyak sudut kamar dalam segala situasi pencahayaan. Menempatkannya di dekat jendela akan mendorong pertumbuhan bunganya yang berwarna putih. Atau jika ruangannya agak gelap, kamu bisa memilih varietas Domino yang memiliki daun dengan gradasi warna putih berbeda.

Lili perdamaian mudah tumbuh, tidak perlu sering-sering disiram. Sayangnya, tanaman ini memiliki umur hidup yang relatif pendek, yaitu 3-4 tahun.

3. Snake plant atau lidah mertua

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapSnake plant (pexels.com/Fabian Stroobants)

Tanaman daun memanjang dengan kombinasi warna putih hijau ini sangat populer dan bisa ditempatkan di segala ruangan. Pemeliharaannya sangat mudah dan praktis, tidak ada sampah daun, tidak perlu ada pemangkasan.

Penyiramannga pun hanya diperlukan sekali dalam beberapa minggu karena air berlebih justru akan membuatnya membusuk. Terutama, lidah mertua bisa tumbuh subur di bawah sinar matahari tidak langsung atau suasana cahaya rendah. Sehingga cocok diletakkan di beberapa sudut kamar.

Terlepas dari perawatannya, meletakkan tanaman ini di kamar tidur akan memberi manfaat lain. Lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang mampu menghasilkan oksigen di malam hari sehingga dapat memurnikan udara.

4. Bunga gerbera daisy

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapIlustrasi bunga gerbera daisy (pexels.com/Victoria Emerson)

Bunga gerbera daisy biasanya ditanam di luar ruangan, tetapi kamu juga bisa membawanya ke kamar dan meletakkannya di ruang tidur. Gerbera daisy atau juga disebut Herbras, memiliki bunga yang tahan lama dan mampu melepaskan oksigen sehingga bagus dalam menyaring racun.

Bunga ini tampak anggun karena memiliki tangkai panjang. Kelopaknya yang cerah memiliki varian warna yang lebar, mulai dari oranye, merah, hingga kuning, sangat cocok untuk penyegaran setelah aktivitas sepanjang hari.

Herbras memerlukan perawatan yang lebih. Namun bagusnya, bunga ini tumbuh sangat baik di iklim tropis dan dapat bertahan pada suasana cahaya rendah.

5. Palem parlor

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapIlustrasi tanaman palem (pexels.com/Lina Kivaka)

Palem parlor atau chamaedorea elegans merupakan tanaman hias populer yang bisa tumbuh subur di kantor, mal, dan ruangan lainnya dengan sedikit atau tanpa cahaya alami. Terlalu banyak justru cahaya akan membakar daunnya, sehingga bisa ditempatkan di sudut kamar yang jauh dari jendela.

Sudut terbagus untuk tanaman ini adalah dekat kamar mandi beruap. Kelembapan yang dihasilkan uap adalah kondisi ideal untuk palem agar tumbuh baik dan tidak diserang hama.

6. Palem jari

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapIlustrasi tanaman di kamar tidur (pexels.com/Ivan Samkov Ivan Samkov)

Selain palem parlor, palem jari juga cocok diletakkan di kamar tidur. Tanaman oriental ini sangat toleran terhadap lingkungan cahaya rendah karena termasuk dalam keluarga semak. Selain itu, palem jari juga dikenal sebagai tanaman pemurni udara, dan yang terutama tidak berbahaya bagi anak-anak serta hewan peliharaan.

Letakkan palem jari pada area yang teduh dan siram beberapa kali seminggu. Hindarkan area dekat jendela atau ruang ber-AC, karena tanaman ini akan tumbuh subur pada kondisi ruangan normal.

Satu lagi, palem jari seringkali menarik serangga-serangga kecil, jadi kamu harus sering menyeka daunnya menggunakan air atau kain basah.

7. Rubber plant atau tanaman karet

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapIlustrasi rubber plant (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Rubber plant memiliki daun mencolok dengan permukaan mengilap, gelap, atau bentuk beraneka ragam. Tumbuhan yang satu ini menyukai cahaya terang, tetapi bisa hidup dalam ruangan dengan cahaya cerah. Kamu hanya cukup menyiram saat tanah agak kering atau sekitar seminggu sekali.

Tanaman ini hadir dalam berbagai ukuran sehingga benar-benar harus disesuaikan dengan kamar tidur. Selain itu, tanaman karet ini aman untuk semua anggota keluarga karena tidak memiliki sifat alergi. Tumbuhan karet juga bekerja sangat baik sebagai pembersih udara dan menyediakan lingkungan yang bersih.

8. Spider plant atau tanaman laba-laba

10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu TerlelapIlustrasi spider plant (pexels.com/TIVASEE)

Spider plant termasuk tanaman dalam ruang yang paling mudah beradaptasi untuk ruang kamar tidur. Tumbuhan hias ini mudah dirawat, membutuhkan cahaya tidak langsung, sedikit air, dan tanah kering agar bisa tumbuh baik.

Spider plant mampu membersihkan dan memurnikan udara dalam ruangan di sekitarnya dengan menyerap bahan kimia melalui daunnya yang tebal. Tanaman ini juga bisa tumbuh subur secara alami dalam kondisi lembap, dan bisa menyerap kelembapan di kamar tidur.

Perhatikan saat menyiram spider plant ya. Kandungan garam dalam air dapat mengubah ujung daun menjadi warna cokelat dan tekstur layu. Namun itu tidak berbahaya dan kelebihan garam juga bisa dilepaskan dengan penyiraman menyeluruh. Atau siramlah dengan air hujan karena tanaman ini juga sensitif terhadap fluoride dalam air keran.

Nah, itulah beberapa pilihan tanaman hias kamar tidur. Semoga ini bisa menjadi referensi kamu ya biar terlelap tidurnya.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya