Comscore Tracker

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington 

Kuliah sambil traveling di New Zealand? Why not?

Rara Sekar, kakak sulung Isyana Sarasvati, pernah menempuh studi di kampus Victoria University of Wellington, New Zealand. Penasaran seperti apa kampus almamater penyanyi muda Indonesia ini?

Wellington tercatat sempat mendapat penghargaan sebagai kota paling aman di New Zealand dan the most liveable city in the world. Tentu hal ini akan akan menarik perhatian banyak pelajar yang ingin melanjutkan studi di sana.

Kalau kamu tertarik untuk belajar sekaligus menjelajah kota Wellington, intip kampus Victoria University of Wellington yuk!

1. Mengadaptasi nama Queen Victoria dari Britania Raya

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington wgtn.ac.nz

Victoria University of Wellington, atau yang disebut sebagai Te Herenga Waka dalam bahasa Māori, didirikan pada tahun 1897, lebih dari 100 tahun yang lalu. Tercatat bahwa nama Victoria diangkat dari perayaan ke-60 tahun penobatan Ratu Victoria.

Kampus yang sebelumnya diberi nama Victoria University College ini, memiliki jumlah siswa sebanyak 22.000 dan 3.700 siswa internasional yang tersebar di 139 negara.

2. Memiliki delapan fakultas

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington stuff.co.nz

Universitas yang sudah berdiri sejak 123 tahun lalu ini, dikenal menonjol pada program studi hukum, humanities, dan disiplin ilmunya. Di dalamnya, terdapat delapan fakultas.  

Fakultas yang dimaksud adalah Faculty of Architecture and Design, Victoria Business School, Faculty of Education, Faculty of Engineering, Faculty of Graduate Research, Faculty of Humanities and Social Sciences, Faculty of Law, dan Faculty of Science.

3. Konsisten meraih peringkat tinggi di dunia

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington stuff.co.nz

Berdasarkan catatan dari QS World University Ranking, Victoria University of Wellington berhasil meraih peringkat ke-215. Selain itu, kampus ini juga meraih rangking tertinggi dalam bidang riset.

Perguruan tinggi ini mendapat penghargaan oleh New Zealand Government's Performance-Based Research Fund pada tahun 2012. Menariknya juga, di dalamnya terdapat banyak institusi internasional yang bekerja sama, bahkan lebih dari seribu yaitu sekitar 1.510 institusi.

Baca Juga: Bisa Nikah di Kampus! 5 Fakta Nanyang Technological University (NTU)

4. Terdapat banyak fasilitas untuk mahasiswa

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington studyabroad.arcadia.edu

Kampus ini memiliki berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pelajarnya. Fasilitas yang barangkali paling banyak dikunjungi adalah perpustakaan. Nah, ada 4 perpustakaan lama yang didirikan sejak 1899 di antaranya Kelburn Library, Law Library, Architecture and Design Library, serta Commerce Library.

Para mahasiswa juga bisa berbelanja dan berwisata kuliner di toko makanan dan toko buah di sekitar kampus. Pihak kampus juga menyediakan gym membership dan klub olahraga bagi mereka yang ingin berolahraga. 

Bagian yang paling penting dan sangat diperlukan oleh mahasiswa, terutama mahasiswa baru adalah service center di antaranya adalah student health, student counselling, disability services, dan student finance advicers.

5. Tersedia pusat riset dan institut

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington wgtn.ac.nz

Pada tahun 2018, mereka menjadi universitas dengan intensitas riset dengan kualitas terbaik (2018 Performance-Based Research Fund). Selama ini kampus tersebut dikenal dengan prestasi terunggul dalam bidang riset. 

Dua tahun lalu, terdapat sekitar 2.534 jurnal yang dipublikasi dari akademi kampus ini. Guna memfasilitasi kemajuan kualitas riset mereka, Victoria University of Wellington bahkan menyediakan lebih dari 40 pusat riset dan institut.

Beberapa dari pusat riset dan institut yang dapat dikunjungi oleh mahasiswa antara lain Centre for Strategic Studies, Ferrier Research Institute, MacDiarmid Institute for Advanced Materials and Nanotechnology, Malaghan Institute of Medical Research, New Zealand Centre for Literary Translation, New Zealand Climate Change Research Institute, New Zealand Contemporary China Research Centre, dan Stout Research Centre.

6. Kesempatan untuk calon mahasiswa internasional

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington teanabroad.org

Seperti yang sempat disinggung pada poin sebelumnya, Victoria University of Wellington bekerja sama dengan banyak institusi internasional yang tersebar di seluruh dunia. Tujuannya tak lain adalah demi menciptakan kesempatan yang luas bagi para calon mahasiswanya.

Nah, catat baik-baik ya. Kesempatan itu di antaranya adalah:

1. Sponsorship agreements (pihak kampus bekerjasama dengan agensi yang akan memfasilitasi kesempatan kuliah di sana)

2. Joint degrees and articulation (pihak kampus bermitra dengan sejumlah lembaga tersier di seluruh dunia untuk menyediakan jalur bagi siswa untuk belajar di universitas Wellington)

3. Study abroad and exchange (pihak kampus bekerjasama dengan lebih dari 160 universitas dan institusi pendidikan di seluruh dunia untuk pengalaman kuliah di sana)

4. Wellington International Leadership Programme (bekerjasama pada Program Kepemimpinan Internasional Wellington dan membantu kampus menumbuhkan keterampilan kepemimpinan siswa dan meningkatkan kesadaran global mereka).

7. Terdapat empat bagian gedung kampus

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington teanabroad.org

Universitas ini memiliki empat bagian gedung. Bagian kampus pertama adalah kampus Kelburn yang berada di pusat kampus. Mahasiswa bisa berjalan kaki untuk pergi ke perpustakaan pusat dan student hub.

Bagian kampus ini menjadi tempat bagi mahasiswa yang mengambil program studi business (first year), education, engineering, health, humanities and social sciences, law (first year), dan science.

Selanjutnya, kampus yang juga dekat dengan pusat kota adalah Kampus Pipitea. Kampus ini dekat dengan Stafford House dan Joan Stevens Hall. Kampus ini untuk mereka yang mengambil kelas bisnis atau hukum mulai dari tahun kedua ke atas.

Ketiga adalah kampus Te Aro yang bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki dari pusat kota. Bagi mereka yang ingin mempelajari jurusan architecture dan design innovation, kampus ini adalah pilihan yang tepat.

Terakhir, ada Miramar Creative Centre yaitu pusat pembuatan film dengan fasilitas teknologi yang canggih. Kamu bisa masuk kampus ini jika mengambil program Master of Design Technology atau Master of Fine Arts (Creative Practice) in Film or Music.

Nah itu dia beberapa fakta yang perlu diketahui tentang Victoria University of Wellington. Barangkali ada di antara kamu yang ingin melanjutkan studi di kampus tersebut. Semoga artikel ini menambah semangatmu untuk mengejar kesempatan berkuliah di kampus almamater Rara Sekar ini ya!

Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington IDN Times/Alfi Syahrin

Baca Juga: Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvati

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya