Comscore Tracker

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorang

Manakah yang mewakili kepribadian kamu?

Sangat penting mempelajari idiom secara keseluruhan, khususnya idiom yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Apalagi untuk kamu yang sedang senang-senangnya belajar Bahasa Inggris. Setiap idiom tidak dapat diartikan secara harfiah sebab dalam Bahasa Inggris idiom pada dasarnya memiliki makna tersendiri.

Nah terkait dengan itu, di bawah ini beberapa idiom yang bisa kamu gunakan untuk menggambarkan karakter seseorang. Apa saja? Cek langsung yuk di bawah ini!

1. Bright spark

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangunsplash.com/@sickhews

Ketika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kamu pasti akan mendapati bahwa arti dari idiom ini adalah percikan terang. Namun, perlu diketahui bahwa makna sesungguhnya dari idiom ini merujuk pada seseorang yang cerdas dan penuh energi atau antusiasme. Contoh:

"The growers appeared to be facing ruin until one bright spark hit on an idea." Artinya, para petani tampaknya menghadapi kehancuran sampai satu orang cerdas mendapatkan sebuah ide.

2. Cold fish

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpixabay.com/Free-Photos

Cold fish merupakan idiom dalam Bahasa Inggris yang biasa dipakai untuk menggambarkan kepribadian seseorang yang sangat pendiam, menyendiri, tidak ramah, ataupun tidak memiliki perasaan. Contoh idiom ini:

"She's a lovely person, but her boyfriend's a bit of a cold fish." Artinya, dia orang yang menyenangkan, tetapi pacarnya agak dingin.

3. Dark horse

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpexels.com/Vinicius Wiesehofer

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan idiom yang satu ini. Nah, dalam Bahasa Indonesia, idiom ini memiliki arti seorang kandidat atau pesaing yang tidak terlalu diketahui tetapi secara tak terduga menang atau berhasil. Contoh:

"Anna's such a dark horse. I had no idea she'd published a novel." Artinya, Anna adalah seorang kuda hitam. Saya tidak tahu dia telah menerbitkan sebuah novel.

4. Chatterbox

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpexels.com/Fauxels

Makna dari idiom yang satu ini merujuk pada seseorang yang suka berbicara panjang lebar tentang hal-hal sepele. Singkatnya, arti dari idiom ini adalah cerewet atau pembual. Contoh penggunaannya:

"That little girl is a chatterbox." Artinya, gadis kecil itu cerewet.

5. Worrywart

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpexels.com/Andrea Piacquadio

Worrywart merupakan idiom untuk menggambarkan kepribadian seseorang yang cenderung terlalu khawatir dan kerap memikirkan kesulitan dan masalah. Contoh dari penggunaan idiom ini, antara lain:

"Don't listen to him. He's just an old worrywart." Artinya, jangan dengarkan dia. Dia hanya orang tua yang terlalu khawatir.

Baca Juga: Bukan Bermakna Kematian, 7 Idiom Berawalan 'Dead' Ini Punya Arti Lain

6. Cheapskate

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpixabay.com /stevepb

Cheapskate merupakan idiom yang biasa digunakan untuk menyatakan seseorang yang benci menghabiskan banyak uang atau pelit. Misalnya:

"My dad's such a cheapskate that he cuts his hair himself." Artinya, ayahku adalah orang yang pelit sampai dia memotong rambutnya sendiri.

7. Social butterfly

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpexels.com/Andrea Piacquadio

Idiom ini biasa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki kepribadian ekstrover. Maksudnya, makna social butterfly merujuk pada sikap seseorang yang suka dan merasa nyaman dalam situasi atau acara sosial yang banyak orang. Contoh penggunaan idiom ini:

"Tom's always been something of a social butterfly, so we've never really worried about him making friends or finding his way in the world." Artinya, Tom selalu menjadi semacam kupu-kupu sosial, jadi kami tidak pernah benar-benar khawatir tentang dia berteman atau menemukan jalannya di dunia.

8. Couch potato

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpexels.com/JESHOOTS.com

Idiom yang satu ini biasa digunakan untuk menyatakan seseorang yang sangat malas. Misalnya, orang yang banyak duduk atau berbaring, orang yang hanya menonton tv seharian, dan sebagainya. Contoh penggunaannya:

"Stop being a couch potato! Turn off the tv and go get some exercise." Artinya, Berhentilah menjadi pemalas! Matikan TV dan mulailah berolahraga.

9. Goody-goody

9 Idiom Bahasa Inggris untuk Menggambarkan Karakter Seseorangpexels.com/Andrea Piacquadio

Terdapat dua makna berbeda untuk idiom yang satu ini. Pertama, idiom ini bisa diartikan untuk mengatakan seseorang yang selalu bertindak baik, sangat saleh, bajik, dan mengikuti aturan dengan sempurna.

Kedua, idiom ini juga bisa digunakan untuk menyatakan perilaku orang yang sombong. Nah, contoh penggunaannya sebagai berikut:

"You're too goody-goody to get into trouble, aren't you?"Artinya, kamu terlalu baik untuk mendapat masalah, bukan?

"She’s a real goody-goody. I hate her!" Artinya, dia benar-benar sombong. Aku benci dia.

Nah itu 9 idiom dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang. Kamu bisa latih kemampuan Bahasa Inggris kamu dengan menggunakan idiom di atas ya! Selamat belajar.

Baca Juga: Selain Bad Mood, 7 Idiom Ini Bisa Ungkapkan Suasana Hati yang Buruk

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya