Comscore Tracker

Kamu Perlu Dana Bantuan untuk Kuliah? Coba Ikuti 5 Cara Ini 

Semoga pendidikan kamu lancar ya!

Pendidikan dinilai menjadi salah satu kunci untuk membangun masa depan yang lebih baik. Hanya saja tidak sedikit anak bangsa yang tidak mampu melanjutkan sekolah maupun kuliah karena terkendala finansial. Mereka akhirnya memutuskan untuk berhenti dan mencari pengalaman dengan langsung bekerja. 

Bagi kamu yang juga mengalami kendala ini, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk membantu kamu memenuhi biaya kuliah. Apa saja? Simak di bawah ini yuk!

1. Tabungan dan asuransi pendidikan

Kamu Perlu Dana Bantuan untuk Kuliah? Coba Ikuti 5 Cara Ini Ilustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tabungan pendidikan adalah sebuah produk perbankan yang memiliki ketentuan jumlah dana serta bunga yang telah ditetapkan sebagai rencana tabungan pendidikan dalam jangka menengah maupun panjang.

Sedangkan, asuransi pendidikan adalah produk keuangan berupa asuransi unit link yang tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga nilainya pun bisa turun dan naik tergantung nilai pasar saham.

Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa kedua cara ini memerlukan waktu yang tidak sebentar dan kamu harus bersiap persiapan jangka panjang. Oleh karenanya, kedua hal ini bisa menjadi cara untuk menyediakan biaya pendidikan bagi anak kamu kelak.

2. Dana pendidikan yang disediakan oleh pihak universitas

Kamu Perlu Dana Bantuan untuk Kuliah? Coba Ikuti 5 Cara Ini Pexels/Pixabay

Beberapa universitas umumnya menyediakan bantuan dana pendidikan bagi setiap mahasiswanya yang membutuhkan. Fasilitas ini merupakan keuntungan yang dapat diperoleh bagi mahasiswa yang kondisi keuangannya di bawah taraf mampu. Hanya saja, bantuan ini bersifat ikatan dinas sehingga setelah lulus kamu harus langsung bekerja di tempat sponsor tersebut. 856 

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kamu Perlu Dana Bantuan untuk Kuliah? Coba Ikuti 5 Cara Ini unsplash/Stephen Phillips

Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah upaya untuk memperoleh biaya pendidikan berupa pinjaman tanpa harus memberikan jaminan suatu aset yang kamu miliki. Namun karena tidak ada jaminan, biasanya bunga yang dipatok oleh bank cukup tinggi mencapai 4 persen per bulan. Nah, jika kamu ingin memanfaatkan cara yang satu ini, pastikan bahwa kamu benar-benar komitmen dan disiplin dalam membayar angsuran setiap bulannya.

Baca Juga: 5 Mindset yang Harus Kamu Hindari Kalau Mau Dapat Beasiswa Luar Negeri

4. Beasiswa

Kamu Perlu Dana Bantuan untuk Kuliah? Coba Ikuti 5 Cara Ini Pexels/Ekrulila

Beasiswa merupakan salah satu pilihan paling umum yang biasanya dicari oleh setiap orang untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan. Namun, perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan beasiswa terdapat beberapa persyaratan tertentu, seperti memiliki nilai yang cukup baik, berprestasi di sekolah, bahkan ada beasiswa yang mewajibkan pendaftarnya mengikuti tes seleksi terlebih dahulu.

Jika dikategorikan berdasarkan sumbernya, beasiswa ini akan terbagi menjadi lima yakni beasiswa perguruan tinggi, beasiswa lembaga pemerintahan, beasiswa swasta, beasiswa yayasan pendidikan, dan beasiswa  non-formal atau beasiswa yang berasal dari aktivis/donatur.

5. Investasi

Kamu Perlu Dana Bantuan untuk Kuliah? Coba Ikuti 5 Cara Ini Pixabay/nattanan23

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan investasi pada instrumen properti maupun emas. Kedua nilai investasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin meraih keuntungan karena nilainya selalu mengalami kenaikan. Hanya saja, investasi ini bersifat tabungan jangka panjang sehingga jika ingin mendapatkan keuntungan kamu harus menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Nah itu beberapa cara yang bisa kamu jadikan referensi untuk menangani kesulitan memenuhi biaya pendidikan kamu. Semoga kamu tidak mengalami kendala dan pedidikan bisa ditempuh dengan lancar ya!

Baca Juga: 5 Beasiswa Ini Segera Tutup di Bulan Juni 2020, Jangan Lupa Daftar!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya