Comscore Tracker

5 Alasan Mahasiswa Gak Lulus Tepat Waktu, Bukan Karena Malas

Mimin juga gitu dulunya

Setelah lulus Sekolah menengah Atas (SMA), siswa biasanya akan melanjutkan ke jenjang kuliah. Targetnya sih lulus kuliah tepat waktu dan IPK-nya memuaskan. Tetapi nyatanya tak semudah itu. Ada saja mahasiswa yang justru menghabiskan masa kuliah lebih lama. Bukan karena malas, ada beberapa alasan mereka tidak lulus tepat waktu:

1. Ada kemungkinan mereka salah jurusan

5 Alasan Mahasiswa Gak Lulus Tepat Waktu, Bukan Karena Malaspexels/@pixabay

Tidak sedikit mahasiswa menganggap jika dirinya salah mengambil jurusan setelah beberapa bulan mengikuti kegiatan perkuliahan. Hal ini dapat memengaruhi psikologisnya, sehingga tidak menikmati aktivitas yang dilakukan.

Mulai dari kesulitan untuk memahami materi kuliah, hingga merasa tidak menemukan passion di jurusannya. Inilah yang jadi alasan mahasiswa biasanya lulus lebih lama daripada waktu yang telah ditentukan.

2. Mereka terlalu sibuk ikut organisasi di kampusnya

5 Alasan Mahasiswa Gak Lulus Tepat Waktu, Bukan Karena Malasunsplash/@vantaymedia

Biasanya selalu ada dua tipe mahasiswa. Pertama, mereka yang langsung pulang setelah kuliah. Kedua, mahasiswa 'kalong' yang selalu berada di kampus untuk ikut kegiatan organisasi hingga larut malam.

Rata-rata mahasiswa yang fokus dengan kegiatan organisasi dan tidak bisa membagi waktu dengan baik, akan membuatnya bertahan lebih lama di kampus. Bukannya mengembangkan diri, mereka jadi mahasiswa abadi dengan segudang prestasi.

3. Mereka kerja sambilan dan terlalu sibuk

5 Alasan Mahasiswa Gak Lulus Tepat Waktu, Bukan Karena Malasunsplash.com/@punttim

Ada beberapa mahasiswa yang mencari pekerjaan sambilan dengan berbagai alasan. Namun tidak semuanya mampu mengatur waktu dengan baik. Sehingga mereka jadi kelelahan dan tidak fokus sama kuliahnya. Biasanya pilihan mereka adalah fokus bekerja dulu agar dapat membiayai perkuliahan.

Baca Juga: Cuma Mahasiswa Semester Akhir yang Paham 5 Perjuangan Ini 

4. Mereka dapat dosen pembimbing skripsi yang super sibuk dan sulit dihubungi

5 Alasan Mahasiswa Gak Lulus Tepat Waktu, Bukan Karena Malasunsplash/@monicomelty

Ini hanya dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir. Pasalnya, dosen yang terlalu sibuk, sulit dihubungi, dan perfeksionis bisa membebani mahasiswa. Skripsi bolak-balik direvisi, hingga dapat makian. Kalau sudah begini, kuncinya adalah harus bersabar.

5. Mahasiswanya kebanyakan mengambil cuti dengan berbagai alasan

5 Alasan Mahasiswa Gak Lulus Tepat Waktu, Bukan Karena Malaspexels.com/@linkedin

Akibatnya, mereka akan ketinggalan beberapa mata kuliah dan lama lulusnya. Gimana menurut pendapatmu? Kamu punya pengalaman yang berbeda? Share di kolom komentar ya.

Baca Juga: 5 Hal Kecil yang Bikin Skripsi Kamu Cepat di-ACC Dosen

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya