Comscore Tracker

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Ini

Pelajar dan mahasiswa di Bali bisa juga coba cara ini ya

Merebaknya penyebaran virus COVID-19 semakin membuat masyarakat Indonesia resah hingga akhirnya banyak sekolah dan kampus pun diliburkan. Meskipun begitu, kemajuan teknologi membuat kita bisa mengakses sistem belajar daring sendiri. Berikut ini adalah 8 sistem belajar daring rekomendasi Kemdikbud! Silakan dicoba ya!

1. Rumah Belajar

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Iniinstagram.com/belajar.kemdikbud

Rumah Belajar adalah portal belajar yang disediakan oleh Kemdikbud. Portal ini menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. 

2. Google G Suite for Education

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Inisites.google.com

Selanjutnya, kita juga bisa mengakses portal belajar dari Google bernama G Suite for Education. Produk Google ini merupakan seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem Google Cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staf, guru, dan juga siswa untuk memudahkan sistem belajar mengajar yang lebih baik.

3. Kelas Pintar

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Iniinstagram.com/kelaspintar_id

Kelas Pintar merupakan portal belajar dengan Kurikulum 2013 dan revisi Januari 2017 yang diselaraskan dengan konten multimedia. Platform belajar ini memiliki tiga pendekatan unik, yaitu LEARN, PRACTICE, dan TEST.

4. Microsoft Office 365

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Inistariteuro.com

Untuk kamu yang sering membuat presentasi dan makalah, pasti familiar dengan Microsoft Office 365. Sistem daring ini menyediakan alat-alat penunjang kebutuhan edukasi gratis termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams.

Baca Juga: Supaya Tetap Produktif, Simak 7 Tips Bekerja dan Belajar dari Rumah

5. Quipper School

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Iniinstagram.com/quipper_id

Quipper School merupakan portal pembelajaran daring terintegrasi untuk mendukung guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif. Portal ini menawarkan cara belajar inovatif untuk proses belajar mengajar dengan ribuan topik yang tersedia gratis!

6. Sekolah Online Ruangguru Gratis dan bebas kuota!

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Iniinstagram.com/ruangguru

Ruangguru meluncurkan program Sekolah Online Ruangguru Gratis. Lewat program ini, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di aplikasi Ruangguru.

Bekerjasama dengan Telkomsel, para pelajar, orangtua, maupun guru yang menggunakan Telkomsel pun, bisa mengakses seluruh materi belajar di aplikasi Ruangguru dengan keuntungan bebas kuota hingga 30Gb!

7. Gratis belajar online Sekolahmu

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Inisekolah.mu

Sekolahmu juga merupakan sekolah dengan sistem blended learning pertama di Indonesia. Sistem ini berbasis teknologi dan berkolaborasi untuk menyediakan program belajar bagi semua orang, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga kuliah.

8. Zenius

Sekolah Diliburkan! Coba 8 Sistem Belajar Daring Usulan Kemdikbud Iniinstagram.com/zeniuseducation

Zenius merupakan aplikasi yang menyediakan puluhan ribu video materi belajar lengkap  untuk SD, SMP, SMA. Gak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, hingga UTUL UGM. Mantap, kan?

Nah itu dia 8 sistem belajar daring rekomendasi Kemdikbud. Walaupun sekolah dan kampus sudah mulai diliburkan hingga akhir Maret, gak perlu khawatir kalau kamu gak bisa menimba ilmu ketika sekolah diliburkan. Sehat penting, belajar juga penting. 

Baca Juga: 8 Negara yang Menetapkan Lockdown untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya