Comscore Tracker

5 Suka Duka Jadi Mahasiswa Hukum, Dikira Suka Demo dan Debat Saja

Tag teman-temanmu yang kuliah di fakultas hukum

Apa sih kesan pertama seseorang ketika tahu, bahwa kamu kuliah di Fakultas Hukum? Mungkin ada yang bilang kalau kamu keren, orang yang hati-hati, suka demo, otomatis bisa jadi pengacara dan terkenal seperti Hotman Paris, atau lainnya. Tapi tunggu dulu.

Gak semudah itu, guys. Nih, lima suka duka jadi mahasiswa hukum selama kuliah. Hanya anak-anak hukum yang tahu:

1. Mempelajari banyak teori dan dituntut peka melihat kejadian di sekitar

5 Suka Duka Jadi Mahasiswa Hukum, Dikira Suka Demo dan Debat Sajafreepik/mindandi

Mengambil studi hukum berarti harus siap menghadapi mata kuliah yang teoritis. Gak harus menghafalkan semua undang-undang dan peraturan Negara juga sih.

Tapi mahasiswa hukum dituntut peka terhadap kejadian-kejadian di sekitarnya, yang berkaitan dengan pelanggaran dan penegakan hukum. Mau tidak mau, tumpukan teori serta materi kuliah kian menebal dan bakal jadi santapan sehari-hari.

2. Anak fakultas hukum hak harus jago debat. Tapi perlu memiliki public speaking skill yang baik

5 Suka Duka Jadi Mahasiswa Hukum, Dikira Suka Demo dan Debat Sajafreepik/user12150432

Katanya, mahasiswa hukum itu harus jago debat. Benar gak sih? Sebenarnya bukan jago debat. Mahasiswa hukum disarankan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan public speaking.

Skill berbicara di depan publik juga harus diimbangi oleh kemampuan menganalisis suatu masalah, berpikir secara strategis, dan bagaimana mengolah informasi secara tepat.

3. Peluang kerjanya gak hanya jadi pengacara saja

5 Suka Duka Jadi Mahasiswa Hukum, Dikira Suka Demo dan Debat Sajaunpar.ac.id

Sarjana Hukum gak selalu jadi pengacara, hakim, atau jaksa saja. Ada banyak peluang kerja yang menarik untuk para lulusan hukum.

Contohnya Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung. Kampus ini aktif menyelenggarakan Quo Vadis, yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum. Salah satu programnya adalah Quo Vadis Law Fair.

Quo vadis sendiri diambil dari bahasa Latin yang bermakna “Ke mana engkau pergi?”Sesuai arti harfiahnya, Quo Vadis Law Fair Unpar memang bertujuan untuk memberi informasi tentang peluang kerja dan pilihan karier untuk mahasiswa hukum di sana.

4. Sering dianggap terlibat demonstrasi

5 Suka Duka Jadi Mahasiswa Hukum, Dikira Suka Demo dan Debat Sajafreepik/rawpixel

Ini dia anggapan yang juga sulit dilepaskan dari mahasiswa hukum. Anak hukum diangga sering ikut aksi demo. Meski erat kaitannya dengan bidang hukum dan politik, bukan berarti semua mahasiswa hukum itu sering ikut demonstrasi ya.

5. Biasanya fakta sih, kalau mahasiswa hukum orangnya asyik-asyik dan suka bergaul

5 Suka Duka Jadi Mahasiswa Hukum, Dikira Suka Demo dan Debat Sajafreepik/freeograph

Selain empat anggapan di atas, mahasiswa hukum dikenal seru dan asyik untuk urusan pertemanan. Meski selalu menghadapi materi kuliah yang berat dan serius, mahasiswa hukum bisa menjelma jadi sosok yang asyik di pergaulan. Iya gak sih? Hanya mahasiswa hukum yang tahu.

Kamu setuju gak sama kelima anggapan di atas? Kalau kamu punya pendapat lain, share di kolom komentar ya. Buat mahasiswa fakultas lain, gimana pengalaman suka duka kamu?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Arthasalina di IDN Times Community dengan judul Suka dan Duka Mahasiswa Hukum, Ibarat Roller Coaster Ya!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya