Comscore Tracker

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBI

Ada 8 kata yang masuk daftar gaess

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kembali melakukan pemutakhiran kata sebanyak seribu entri baru Oktober 2019 lalu. Masuknya entri baru ini mencakup penambahan, pembaharuan entri dan makna, serta perubahan informasi etimologis pada kata-kata. Biasanya perubahan ini melibatkan para ahli etimologi bahasa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ada beberapa istilah kekinian yang kini masuk ke dalam KBBI. Berikut ini daftarnya:

1. Ambyar

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBIyoofonts.com

Kata ini semakin akrab di telinga millennial berkat lagu yang dinyanyikan oleh Didi Kempot, dan sering digunakan untuk menunjukkan kekecewaan yang mendalam atau kehilangan kata-kata alias hancur berkeping-keping.

Dalam KBBI, kata ambyar memiliki arti bercerai-berai, berpisah-pisah, tidak terkonsentrasi lagi. Kata ambyar sendiri memiliki makna nyaris sama dengan kata galau, yang sempat hits pada masanya.

2. Mager

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBIMr. Yellow

Kata ini sering digunakan oleh kalangan anak muda bila sedang malas untuk melakukan suatu hal. Mager merupakan kependekan dari kata "malas gerak" atau malas bergerak. Kata ini biasanya juga digunakan untuk menunjukkan seseorang sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

3. Pulkam

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBIIDN Times/Galih Persiana

Sama dengan mager, pulkam adalah kependekan dari kata pulang kampung yang biasa banyak disebutkan saat musim liburan. Pulkam atau pulang kampung sangat identik dengan kebiasaan orang Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya saat musim liburan atau hari raya tiba.

Baca Juga: 10 Kata Bahasa Jawa yang Masuk dalam Daftar di KBBI

4. Julid

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBIsatto.co.id

Sebelum sering digunakan oleh akun-akun gosip dalam caption mereka, kata julid sendiri sudah lebih dulu dipopulerkan oleh Syahrini. Kata julid berasal dari bahasa Sunda 'binjulid', yang dalam KBBI artinya sebagai iri dan dengki atas keberhasilan orang lain.

Saat ini, kata julid sering digunakan untuk menyudutkan seseorang dengan komentar atau status di medsos.

5. Pansos

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBIinstagram.com/ikhsannuofficial

Pansos atau panjat sosial adalah istilah yang belum lama ini populer di berbagai media sosial. Kata ini diartikan sebagai usaha seseorang untuk mencitrakan diri sebagai orang yang memiliki status sosial tinggi.

Biasanya orang-orang yang melakukan hal tadi akan mengunggah foto, tulisan, video, dan lainnya di medsos mereka agar bisa dikenal banyak orang atau menjadi selebriti dadakan.

6. Gaptek

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBIPexels.com/Artem Beliaikin

Gaptek alias gagap teknologi adalah istilah yang sudah sejak lama dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini merujuk pada seseorang yang ketinggalan zaman dalam hal teknologi alias tidak mampu mempergunakan teknologi canggih yang semakin maju dari waktu ke waktu. Misalnya, orang tua yang tidak begitu mengerti bagaimana mengoperasikan suatu komputer atau gawai pintar.

7. Maksi

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBIpixabay.com/StockSnap

Kata maksi juga termasuk istilah kekinian yang masuk ke dalam KBBI. Maksi merupakan kependekan dari makan siang yang biasanya merujuk pada makan siang bersama teman.

8. Cie

Cie Hingga Ambyar Masuk Dalam Daftar Kosakata Baru KBBItwitter.com/_slamjay

Jika kamu sering menggunakan kata "cie", kini sudah saatnya kamu memahami dulu maknanya. Cie merupakan singkatan dari "cause I'm envy". Kata ini didefinisikan sebagai kata seru ketika memuji atau menggoda seseorang agar tersipu malu.

Itulah daftar kosakata baru yang masuk ke dalam KBBI. Menurut Wikipediawan Pencinta Bahasa Indonesia, Ivan Lanin, salah satu kriteria dalam penambahan kosakata baru adalah karena kekerapan penggunaan. Tidak peduli apakah waktu penggunaannya di tengah-tengah masyarakat itu sudah lama atau baru.

Setidaknya, ada lima hal yang menjadi alasan sebuah kata bisa masuk ke dalam KBBI. Yaitu unik, eufonik (Enak didengar), seturut dengan kaidah Bahasa Indonesia, tidak berkonotasi negatif, dan kerap dipakai oleh masyarakat.

Baca Juga: 16 Kata Bahasa Indonesia Ini Mirip Bahasa Portugis

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ines Sela Melia S. di IDN Times Community dengan judul Ambyar Hingga Cie, Ini 8 Istilah Kekinian yang Berhasil Masuk KBBI

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya