Comscore Tracker

5 Hal Kecil yang Bikin Skripsi Kamu Cepat di-ACC Dosen

Semangat buat teman-teman yang lagi garap skripsi

Bagi sebagian mahasiswa, mengerjakan skripsi atau tugas akhir adalah fase kritis menuju sarjana. Karena skripsi merupakan bagian yang menentukan mahasiswa luus atau tidak, dan pengalaman ini jarang didapatkan ketika masih Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ada beberapa hal kecil yang harus kamu perhatikan biar skripsi kamu segera di-ACC oleh dosen pembimbing:

1. Patuhi target yang sudah kamu buat sendiri

5 Hal Kecil yang Bikin Skripsi Kamu Cepat di-ACC Dosenpexels.com/rawpixel

Pastikan kamu mematuhi jadwal dan target yang telah kamu buat sendiri. Terutama, kapan akan mengajukan proposal penelitian, mengambil data, analisis maupun target lulusnya. Disiplin terhadap jadwal dan target itu sangat penting. Tanpa ini, kamu tidak punya semangat mengakhiri skripsimu. Jadi coba tanyakan pada hatimu, apakah sudah menentukan targetnya?

2. Tulis pendahuluan dan tinjauan pustaka sembari kamu mengumpulkan data

5 Hal Kecil yang Bikin Skripsi Kamu Cepat di-ACC Dosenpexels/bruce mars

Terkadang, hal yang dilalaikan oleh mahasiswa adalah terpaku pada satu pekerjaan saja, padahal bisa bisa dilakukan secara bersamaan. Misalnya ketika ambil data. Biasanya proses analisis belum dimulai. Maka hal terbaik yang perlu kamu lakukan adalah menulis pendahuluan dan tinjauan pustaka. Jadi gak semuanya dirapel di akhir, guys. Bebanmu di akhir juga lebih ringan daripada harus menulis semuanya setelah penelitian selesai.

3. Untuk meminimalisir kesalahan, lakukan konsultasi ke dosen setiap membahas satu bab

5 Hal Kecil yang Bikin Skripsi Kamu Cepat di-ACC Dosenpexels/startup-stock-photos

Ada beberapa tipe mahasiswa yang jarang konsultasisampai dicari oleh dosennya sendiri. Begitu menghadap dosen, ternyata prosedurnya salah semua. Kamu jadinya kerja dua kali, kan? Biar hal ini tidak terjadi, maka yang perlu kamu lakukan adalah berkonsultasi setiap bab yang sudah dikerjakan. Fungsinya untuk meminimalisir kesalahan yang menumpuk. Kalau pun salah, setidaknya masih bisa diperbaiki bab per bab.

4. Segera kerjakan jika ada revisi

5 Hal Kecil yang Bikin Skripsi Kamu Cepat di-ACC Dosenpexels/divinetechygirl

Jika dosen memberikan masukan, segera perbaiki. Jangan menunda sampai ke pertemuan selanjutnya. Trik ini memudahkan kamu untuk cepat menyelesaikan perbaikan skripsi. Kalau kamu sering intens konsultasi, maka dosen juga akan menilaimu sebagai orang yang punya tekad luar biasa untuk segera lulus.

5. Jagalah hubungan baik dengan dosen dan teman. Intens berkomunikasi ya

5 Hal Kecil yang Bikin Skripsi Kamu Cepat di-ACC Dosenpexels.com/Divinetechygirl

Menjaga hubungan yang baik dengan dosen akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi. Dosen juga pasti tidak akan menutup mata jika kamu selalu menjaga komunikasi yang baik.Selain dosen, menjaga pertemanan juga diperlukan lho. Terutama pada teman-teman seperjuangan kamu. Karena kamu dan teman-teman bisa saling mendukung agar skripsi juga cepat selesai.

itu dia hal kecil yang perlu kamu lakukan agar skripsi segera di-ACC dosen. Semoga skripsi kamu cepat selesai ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Vita Ayu Kusuma Dewi di IDN Times Community dengan judul Dear Mahasiswa, Ini Lho 5 Hal Kecil yang Bikin Skripsimu Cepat ACC

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya