Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBI

Pernah dengar alay dan lebay? Itu masuk KBBI lho

Semua kosakata Bahasa Indonesia dikumpulkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus ini disusun oleh Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang terdiri dari versi cetak, luring (offline), dan daring (online).

Untuk versi cetak, KBBI edisi ke-5 merupakan yang terbaru dan diterbitkan pada tahun 2016. Sedangkan untuk versi luring dan daring, Pusat Bahasa memperbaharuinya secara berkala.

Menariknya, ada kosakata dalam bahasa gaul juga dimasukkan ke dalam KBBI. Selama ini kita sering menggunakan bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari. Apa saja ya?

1. Alay

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpixabay.com/cocoparisienne

Menurut KBBI, alay berarti anak layangan atau gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian. Kurang lebih dalam bahasa gaul artinya sama, namun konteksnya untuk gaya yang dianggap norak atau kampungan. Mungkin, kamu dulu kamu pernah bersikap alay kan?

2. Lebay

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpixabay.com/RyanMcGuire

Lebay artinya gaya yang berlebihan dalam penampilan, berbicara, dan sebagainya. Artinya dalam KBBI dan bahasa gaul kurang lebih sama. Sudah nggak asing lagi kan?

3. Kepo

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIUnsplash.com/King's Church International

Kepo adalah kepanjangan dari "kelakuan polisi". Kata ini biasa dipakai untuk menggambarkan rasa ingin tahu yang berlebihan terhadap kepentingan atau urusan orang lain. Kata ini digunakan baik dalam KBBI maupun bahasa gaul. Kayaknya banyak nih orang kepo di sekitar kita?

4. Jomlo

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpixabay.com/Engin_Akyurt

Menurut KBBI, jomlo artinya pria atau wanita yang belum memiliki pasangan hidup. Terdengar nggak asing kan? Sebenarnya, jomlo merupakan bentuk penulisan yang tepat dari kata 'jomblo'. Mungkin masih banyak diantara kita yang masih salah menyebutnya. Jangan salah lagi ya!

5. Kece

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpixabay.com/SarahRichterArt

Dilansir dari KBBI, kece artinya cantik. Namun, dalam pergaulan sehari-hari maknanya lebih luas. Kata ini bisa digunakan untuk menyebut sesuatu yang sangat keren, orang yang sangat cantik, maupun orang yang sangat ganteng. Pastikan dirimu kece pada hari ini!

6. Kicep

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpexels.com/Kat Jayne

Nah, kicep artinya diam karena takut atau gelisah. Baik dalam KBBI maupun bahasa gaul, artinya kurang lebih sama saja. 

7. Bokek

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpixabay.com/derneuemann

Sering kehabisan uang? Dalam pergaulan sehari-hari, banyak orang yang menyebutnya dengan istilah 'bokek'. Ternyata istilah ini sudah masuk dalam KBBI, lho!

Baca Juga: Ngaku Cinta Bahasa Indonesia, Sudah Tahu Arti 10 Kosakata Ini?

8. Bokep

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpixabay.com/sasint

Hayo, siapa yang sering nonton bokep? Menurut KBBI, bokep artinya adalah film porno. Sama saja kan? 

9. Nyokap

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIunsplash.com/PNG Design

Dalam KBBI, nyokap artinya adalah ibu. Kata ini juga sering dipakai dalam pergaulan sehari-hari. Uniknya, kata 'bokap' yang berarti ayah belum masuk ke dalam KBBI ketika artikel ini di tulis.

10. Doi

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIpexels.com/Yuri Catalano

Doi gimana nih kabarnya? Menurut KBBI, kata ini bisa berarti uang, pacar, ataupun dia (laki-laki). Namun, arti yang sering kita pakai dalam pergaulan lebih merujuk kepada pacar atau pasangan. 

11. Songong

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIunsplash.com/Patrick Fore

Menurut KBBI, songong berarti orang yang tidak tahu adat. Namun, dalam bahasa gaul maknanya sedikit berbeda. Songong dapat diartikan sebagai orang yang sombong atau belagu. Intinya, orang songong memang menyebalkan!

12. Agan

Makin Bervariasi, 12 Kosakata Gaul Masuk dalam KBBIunsplash.com/rawpixel

Dilansir dari KBBI, Agan adalah kependekan dari kata 'juragan' yang berarti tuan, nyonya, atau majikan. Dalam bahasa gaul, kata 'agan' biasa digunakan sebagai kata sapaan, sama seperti bos, brosis, dan sebagainya.

Kadang, orang cukup menyebutnya dengan kata 'gan'. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh para warganet. Untuk perempuan, istilah yang digunakan berubah menjadi 'aganwati'.

KBBI telah mengakui bahasa gaul itu sebagai kosakata bahasa Indonesia. Mungkin karena saking seringnya diucapkan oleh orang-orang kali ya. Ayo utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Syah Deva Ammurabi di IDN Times Community dengan judul Gak Disangka, Ternyata 12 Kosakata Gaul Ini Masuk dalam KBBI

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You