Comscore Tracker

Ikut Try Out Gratis Yuk! Ada Beasiswa dan Hadiah Miliaran Rupiah

#IDNTimesLife Daftar aja di sini

Banyak cara yang dilakukan untuk persiapan seleksi masuk ke perguruan tinggi. Satu di antaranya mengikuti banyak try out. Lembaga bimbingan belajar hingga platform pendidikan berbasis teknologi kini juga banyak yang menyelenggarakan try out. Seperti platform pendidikan berbasis teknologi bernama Zenius, misalnya.

Kalau kamu mengikuti try out dari Zenius ini berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan hadiah senilai miliaran Rupiah lho. Gimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Zenius menggelar grand try out secara daring dan gratis!

Ikut Try Out Gratis Yuk! Ada Beasiswa dan Hadiah Miliaran RupiahUnsplash/Mikael Kristenson

Zenius menghadirkan Zenius Grand Try-Out (GTO) mulai bulan Maret sampai April 2021. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh siswa kelas 12 dan gap year di Indonesia secara daring. Kabar gembiranya adalah kegiatan ini gratis!

Menurut Chief Executive Officer Zenius, Rohan Monga, try out dianggap sebagai ajang penting bagi siswa untuk mengukur kemampuannya dan menentukan target program studi nanti. Antusiasme itu terlihat dari jumlah peserta try out pada tahun 2020 lalu, yang mencapai 65 ribu orang.

2. Try out Zenius menggunakan sistem penilaian IRT yang sama digunakan pada UTBK 2020

Ikut Try Out Gratis Yuk! Ada Beasiswa dan Hadiah Miliaran RupiahDok. Zenius

Zenius menyiapkan simulasi UTBK yang mendekati aslinya. Selain itu banyak hadiah dan beasiswa untuk memotivasi para siswa. Try out ini menggunakan sistem penilaian item response theory (IRT), yang sama digunakan pada UTBK tahun lalu.

Rohan Monga menjelaskan, sistem ini jadi tantangan tersendiri untuk peserta UTBK. Karena memberikan bobot yang berbeda untuk tiap soalnya. Bobot soal akan lebih rendah apabila banyak siswa dapat menjawab. Sebaliknya, bobot soal akan lebih tinggi jika hanya segelintir siswa yang bisa menjawabnya.

3. Peringkat peserta bakal ditayangkan secara daring di setiap sesi try out

Ikut Try Out Gratis Yuk! Ada Beasiswa dan Hadiah Miliaran RupiahPexels.com/Keira Burton

Siswa dapat mengikuti try out Tes Potensi Skolastik serta Tes Kompetensi Akademik untuk kategori Saintek dan Sosial-Humaniora. Selama try out berlangsung, bakalan ada papan peringkat (Leaderboard) yang akan ditampilkan secara daring. Isinya adalah penilaian dari setiap sesi try out, termasuk pencapaian tertentu seperti siswa dengan nilai tertinggi dan waktu pengerjaan tercepat. Hal ini diharapkan dapat memicu peserta supaya semakain termotivasi.

Baca Juga: 5 Tahapan Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa, Lakukan dengan Matang!

4. Tiap peserta bisa menyimak pembahasan soal try out secara live

Ikut Try Out Gratis Yuk! Ada Beasiswa dan Hadiah Miliaran RupiahPexels.com/Armin Rimoldi

Kalau ada siswa yang pengin meningkatkan kemampuannya, Zenius Grand Try-Out juga dilengkapi oleh kelas pembahasan soal secara live, dan tautan ke video konsep untuk bahan evaluasi serta pembelajaran lebih lanjut. Semua itu disediakan secara gratis!

5. Ada empat sesi try out yang bisa diikuti

Ikut Try Out Gratis Yuk! Ada Beasiswa dan Hadiah Miliaran RupiahPexels.com/Keira Burton

Pendaftaran ini dibuka sejak 15 Februari 2021 lalu melalui aplikasi smartphone atau situs Zenius. Siswa dapat mengikuti seluruh sesi try out yang akan diadakan tanggal 20 dan 27 Maret, serta tanggal 1 dan 8 April 2021.

Zenius kemudian mengumumkan pemenangnya setelah periode UTBK setelah pada bulan Mei 2021. Para siswa berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan untuk 50 orang dengan nilai terbaik, dan berbagai hadiah lainnya seperti voucher belanja hingga paket belajar dengan nilai total hadiah miliaran Rupiah.

Ikutan yuk!

Baca Juga: Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya