Comscore Tracker

5 Cara Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan, Biar Gak Bau Apek

#IDNTimesLife Boleh juga nih

Hampir seluruh wilayah di Indonesia kini memasuki musim hujan. Bahkan beberapa wilayah mendapat bencana longsor hingga banjir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan di Indonesia terjadi hingga Februari 2021.

Musim hujan tentu sangat memengaruhi aktivitas sehari-hari, terutama menjemur pakaian. Padahal kamu memerlukan pakaian tersebut, tetapi belum kering karena minimnya terik matahari.

Tetapi kamu gak perlu khawatir. Berikut ini cara mengeringkan pakaian di musim hujan. Semoga bisa membantu ya.

1. Selipkan handuk kering di antara pakaian yang baru selesai dicuci

5 Cara Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan, Biar Gak Bau Apekunsplash.com/Sven Mieke

Handuk dinilai mampu menyerap kelembapan dan mencegah air diserap kembali ke dalam pakaian. Kamu cukup menyelipkan handuk di atas cucian yang baru dicuci dalam tabung pengering, baru lakukan proses pengeringan. Selain itu, kamu juga bisa merentangkannya di atas handuk, lalu menggulungnya.

2. Menjemurnya menggunakan kipas angin

5 Cara Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan, Biar Gak Bau ApekIDN Times/Febriyanti Revitasari

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Daripada kamu masuk angin kalau pakai kipas angin, sebaiknya gunakan untuk mengeringkan pakaian. Letakkan pakaian di daerah yang terpapar oleh embusan kipas angin.

Terpaan angin yang terus menerus dapat membantu pakaian cepat kering. Karena terpengaruh angin, air di dalam serat pakaian lama kelamaan akan mengering dengan sendirinya.

3. Gunakan setrika untuk mengurangi kelembapan yang tersisa pada pakaian

5 Cara Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan, Biar Gak Bau Apekpexels.com/Karolina

Selain menggunakan kipas angin, kamu juga bisa mengeringkan pakaian dengan bantuan setrika. Panas dari setrika dapat mengurangi kelembapan yang tersisa pada pakaian.

Untuk melakukannya, kamu perlu meletakkan kain di atas pakaian yang ingin dikeringkan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah kerusakan.

Baca Juga: 9 Ide Padu Padan Kardigan buat OOTD Musim Hujan, Anti Dingin Menggigil

4. Keringkan baju menggunakan panas lampu bohlam

5 Cara Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan, Biar Gak Bau Apekunsplash.com/Bran Sodre

Jangan salah, cahaya lampu bohlam bisa sebagai pengganti sinar matahari lho. Meskipun tidak sekuat matahari, tetapi cahaya bohlam mampu memancarkan panas untuk mengeringkan pakaian.

Caranya, gantung saja pakaian yang basah tepat berada di bawah sorotan sinar lampu bohlam. Kamu bisa melakukan ini semalaman atau sampai pakaian terasa kering. Jadi bebas bau apek, deh!

5. Kalau terdesak, kamu bisa menggunakan hairdryer

5 Cara Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan, Biar Gak Bau Apekpexels.com/Andrea

Mungkin kamu butuh banget pakaiannya, tetapi masih dalam keadaan basah. Kalau sudah urgent begini, kamu bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkannya. Pengering rambut menghasilkan angin panas yang maksimal untuk mengeringkan pakaian.

Tetapi ingat ya, hanya untuk kebutuhan yang mendesak saja! Pasalnya, daya listrik pengering rambut umumnya cukup besar. Cepat kering sih, tetapi tagihan listrikmu juga cepat membengkak.

Itulah cara mengeringkan pakaian di musim hujan. Kamu ada cara yang lain gak? Share di kolom komentar ya.

Baca Juga: Penyakit Langganan Musim Hujan, Cegah Influenza dengan 5 Cara Ini

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya