Comscore Tracker

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRD

Jangan terlalu santai menerima telepon guys

Pandemik COVID-19 telah mengubah kebiasaan seseorang maupun perusahaan. Contohnya seleksi calon karyawan. Beberapa perusahaan kini beralih ke phone interview untuk menyeleksi calon karyawan.

Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika diwawancara perusahaan via telepon? Berikut tips wawancara via telepon:

1. Riset dulu perusahaannya secara mendalam

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDIDN Times/Anjani Eka Lestari

Sebelum wawancara dimulai, sebaiknya kamu melakukan riset tentang perusahaannya. Cari situs resminya, membaca artikel terkait perusahaan, hingga memahami seperti apa bentuk komunikasi, dan citra publik yang mereka buat di media sosial (Medsos).

Selain itu, satu yang paling utama adalah mencari tahu job desk kamu seperti apa di perusahaan tersebut. Tujuannya biar kamu mendapat kesan yakin dan paham dengan tugas, ketika diwawancara.

2. Pastikan lokasi di sekitar kamu tidak ada polusi udara dan suara

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDpexels.com/Karolina Grabowska

Pastikan lokasi di sekitarmu bebas dari polusi udara dan suara. Jangan sampai ketika kamu sedang serius wawancara, ternyata ada banyak distraksi yang hadir di sekelilingmu.

3. Perlakukan phone interview seperti wawancara tatap muka agar suara terdengar serius dan profesional

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDpexels.com/Andrea Piacquadio

Sama seperti in-person interview, wawancara via telepon juga memerlukan keseriusan. Jangan perlakukan terlalu santai agenda wawancara teleponmu. Tetap jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tersebut secara profesional!

4. Ciptakan impresi yang bagus pada saat pembukaan wawancara

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDpexels.com/Vlada Karpovich

Perhatikan ketika kamu menyapa interviewer. Kamu boleh menanyakan kabarnya, dan berikan jawaban secara antusias ketika ditanya balik. Selain itu, perhatikan tone dan artikulasimu ketika berbicara. Usahakan selalu bicara dengan jelas dan lugas.

Baca Juga: Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Kamu Dipanggil Wawancara Kerja 

5. Usahakan kamu tetap tersenyum ketika menerima telepon meski tidak bertatap muka. Sebab hal itu dapat memengaruhi suara lho

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDIDN Times/Rizka Yulita

Meskipun tidak dapat bertatap secara langsung, kamu tetap harus tersenyum ketika berbicara di telepon. Sebab nada suaramu pasti akan terdengar lebih menyenangkan dan antusias ketika tersenyum. Cobalah.

6. Tunjukkan antusiasme dengan menanyakan hal-hal yang bijak

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDIDN Times/Rizka Yulita

Kamu juga bisa menunjukkan rasa ketertarikanmu terhadap perusahaan dengan menanyakan hal-hal yang menarik. Misal, tanyakan hal yang lebih dalam tentang posisimu di sana, atau seperti apa lingkungan kerja di dalamnya.

Tanyakan hal-hal yang gak bisa kamu cari tahu di situs resmi perusahaan atau bisa kamu baca di Google! Hal ini membuatmu terdengar orisinal dan memang tertarik untuk masuk ke perusahaan.

7. Ini gak gampang. Makanya jangan lupa untuk latihan dan mempersiapkan diri ya

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDpexels.com/Yan

Sebelum jadwal interview datang, kamu bisa latihan wawancara dengan menelepon teman. Minta bantuan temanmu untuk menanyakan hal-hal dasar. Seperti kekurangan dan kelebihanmu, bagaimana caramu mengatasi tantangan, dan apa tujuan pribadimu.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan notes, lho! Tulislah outline dari hal-hal yang ingin kamu sampaikan! Terakhir, persiapkan semua berkas seperti resume, cover letter, dan sebagainya. Sehingga ketika mereka memintanya, kamu bisa langsung mengirim.

8. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih ketika sesi wawancara selesai. Setelah itu, kirimkan thank you notes kepada mereka

8 Cara Wawancara Kerja Via Telepon Biar Cepat Dilirik HRDIDN Times/Rizka Yulita

Mengucapkan terima kasih kepada interviewer atas kesempatannya itu berguna lho, guys. Sama halnya ketika kita menerima bantuan dari orang lain, lalu mengucapkan terima kasih. Ini merupakan kalimat positif sebagai bentuk penghargaan karena mereka bersedia kasih kamu kesempatan untuk menunjukkan kemampuan. Lalu kirimkan mereka thank you notes lewat e-mail.

Itulah tips wawancara via telepon. Semoga kamu bisa diterima kerja.

Baca Juga: Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya