Comscore Tracker

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tuliskan di Dalam CV Saat Lamar Kerja

Jangan berpanjang-panjang lebar ya

Biasanya para fresh graduate tidak terlalu memahami apa saja yang seharusnya dicantumkan di dalam CV saat akan melamar pekerjaan. Pengalaman yang masih sangat minim kadang menyulitkan mereka untuk membuat CV yang lebih menarik para HRD untuk hire mereka. Nah sayangnya, akhirnya hal tersebut bisa mempengaruhi kamu tidak mendapat panggilan kerja. Oleh karena itu, coba hindari mencantumkan beberapa hal ini di dalam CV kamu ya.

1. Kemampuan yang sudah terlalu umum

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tuliskan di Dalam CV Saat Lamar KerjaUnsplash/chrisspiegl

Dengan perkembangan teknologi dan masuknya internet saat ini, maka sudah hal lumrah jika kamu memiliki kemampuan untuk mengoperasikan Microsoft Office. Jadi, alih-alih menempatkannya ke dalam CV dan membuat CV terlihat semrawut, sebaiknya coba kamu cantumkan kemampuan yang lebih spesifik. Tidak lagi kemampuan yang sudah mampu dilakukan oleh siapapun saat ini. Misalnya, menguasai aplikasi tertentu seperti Adobe Photoshop.

2. Foto tidak formal

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tuliskan di Dalam CV Saat Lamar Kerjafreepik/freepic.diller

Jangan sekali-kali kamu berani mencantumkan foto yang tidak formal ke dalam CV untuk melamar pekerjaan. Hal tersebut justru bisa membuat citra dirimu menjadi buruk di mata HR. Namun, kamu boleh memasang foto yang tidak formal jika pekerjaan yang kamu lamar adalah bidang desain grafis atau bidang kreatif dengan menyesuaikan warna dan desain CV kamu. Jadi kamu perlu sesuaikan dengan perusahaan tempat kamu melamar.

3. Alamat email yang tidak jelas dan link portofolio yang tidak bisa diklik

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tuliskan di Dalam CV Saat Lamar KerjaPexels/Canva Studio

Selain foto yang harus formal, kamu juga mesti mencantumkan alamat email yang jelas dengan nama asli tanpa embel-embel bahasa gaul atau alay. Selain itu, jika kamu ingin menambahkan link portofolio, usahakan kamu sudah mengaturnya agar bisa langsung dikunjungi. Ingat baik-baik poin ini ya karena akan sangat mempengaruhi citra pertama kamu di depan HR. 

Baca Juga: 6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!

4. Segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tuliskan di Dalam CV Saat Lamar Kerjaunsplash/Freshh Connection

Ketika kamu melamar sebuah pekerjaan, jangan lupa untuk memperhatikan requirement atau persyaratan yang tersedia. Ini penting agar kamu bisa memaparkan kemampuan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut di CV kamu.

Jangan sampai kamu memenuhi CV dengan hal yang sia-sia dan tidak berhubungan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Hal tersebut justru dapat membuat divisi HR tidak bisa melihat potensi kamu yang sesungguhnya. Silakan pilah mana-mana saja yang sesuai dengan perusahaan atau bidang yang kamu lamar.

5. Paragraf atau kalimat yang terlalu panjang

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Tuliskan di Dalam CV Saat Lamar KerjaPixabay/olilynch

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah tidak memasukkan paragraf atau kalimat yang terlalu panjang di dalam CV. Pasalnya, beberapa perusahaan lebih tertarik dengan CV kreatif yang berisikan poin-poin sehingga lebih mudah dipahami. Jangan terlalu bertele-tele atau berbelit-belit. Cobalah untuk menggunakan bullets point dengan keterangan sederhana di tiap poin tersebut. Penampilan seperti itu akan lebih memudahkan HR untuk memahami isi CV kamu.

Sudah tahu kan sekarang apa saja poin-poin yang sebaiknya tidak kamu cantumkan ke dalam CV? Coba lihat ulang CV yang kamu buat, lalu bandingkan dengan hal di atas. Kalau ada yang ternyata belum sesuai, mulailah untuk memperbaiki CV kamu!

Baca Juga: Mahasiswa Wajib Punya Portfolio Sebelum Lulus. Ini 9 Alasannya!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya