Comscore Tracker

Kamu Merasa Burnout saat Bekerja? Ini Tips untuk Mengatasinya

Coba cari sisi positifnya ya!

Kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan biasa disebut dengan burnout. Kondisi ini terjadi ketika kamu merasa kelelahan dan tidak bisa lagi memenuhi target yang diminta. Emosi pun kian terkuras.

Apabila tidak segera diatasi dan dibiarkan terus menerus, burnout bisa sangat berpengaruh buruk pada kesehatan fisik, mental, dan tentunya kinerja kamu di kantor. Bagaimana cara mengatasinya? Simak tipsnya di bawah ini ya!

1. Memahami masalah yang sedang dihadapi

Kamu Merasa Burnout saat Bekerja? Ini Tips untuk Mengatasinyapexels/Burst

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi pada dirimu. Jika diperlukan, tulis berbagai situasi atau kesulitan selama bekerja yang bisa membuatmu merasa stres. Dari hal tersebut, pikirkan solusi untuk menghadapi situasi yang kamu alami.

2. Melihat sisi positif dari pekerjaan kamu

Kamu Merasa Burnout saat Bekerja? Ini Tips untuk MengatasinyaPexels/Andrea Piacquadio

Meski stres dan lelah, coba pikirkan kembali alasan yang membuat kamu tetap bertahan! Bukan hanya tentang pencapaian kerja, canda tawa teman kantor, tempat kerja yang nyaman, dan makan siang yang enak bisa jadi tolok ukur yang menyenangkan.

Namun, jika kamu tetap merasa stres ketika bekerja, segeralah komunikasikan dengan HRD atau atasan di kantor! Dengan begitu, mungkin saja kamu akan menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

3. Sharing dengan orang-orang terdekatmu

Kamu Merasa Burnout saat Bekerja? Ini Tips untuk Mengatasinyaunsplash/Christina

Mengatasi burnout tentu membutuhkan proses yang tidak singkat. Kamu harus tetap fokus melakukan perubahan kecil selama bekerja agar dapat menjadi lebih tenang. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan dan dukungan dari orang-orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh untuk Menenangkan Pikiran yang Terlalu Sibuk Bekerja

4. Jalani kebiasaan hidup sehat

Kamu Merasa Burnout saat Bekerja? Ini Tips untuk Mengatasinyapexels/Nathan Cowley

Kamu bisa mulai menerapkan pola hidup sehat yang terdiri dari kebiasaan makan makanan sehat, rutin olahraga, dan tidur yang cukup. Meski tak sedang mengalami burnout, pola hidup sehat tetap harus dilakukan.

Pola hidup sehat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas. Jadi, jangan lupa mencobanya, ya!

5. Terapkan sikap mindfulness

Kamu Merasa Burnout saat Bekerja? Ini Tips untuk Mengatasinyaunsplash.com/benblenner

Mindfulness adalah sikap memusatkan pikiran pada sesuatu yang sedang dikerjakan tanpa memikirkan hal-hal yang sudah berlalu dan efeknya di masa depan. Sikap ini sangat berguna untuk mengatasi burnout.

Mindfulness dapat menarik semua pikiran negatif dan rasa cemas yang dimiliki. Oleh karena itu, coba praktikkan sikap ini dalam kehidupan sehari-harimu!

Langkah untuk mengatasinya memang tidaklah mudah. Apalagi jika pikiran sudah terlanjur kacau balau. Tapi daripada tenggelam terus menerus, ada baiknya jika dicoba pelan-pelan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G Indonesia

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya