Comscore Tracker

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!

Jangan tergiur sama gaji besar yang gak masuk akal

Biasanya kalau mencari lowongan pekerjaan, kamu akan mencari di Google, info dari teman, dapat email blast dari sebuah akun, postingan media sosial (Medsos) dan lainnya. Tapi kadang-kadang kamu dibuat bingung, apakah lowongan itu asli atau palsu. Biar kamu tidak tertipu, berikut ini ciri-ciri lowongan kerja palsu:

1. Informasi yang tertera di lowongan kerja tidak spesifik mulai kriteria dan lainnya

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!unsplash/Helloquence

Pada dasarnya, perusahaan akan memberikan informasi yang lengkap di setiap lowongan pekerjaan yang mereka bagikan. Mulai dari jabatan, berkas, hingga kemampuan yang dibutuhkan biasanya dicantumkan dalam lowongan pekerjaannya. Jadi kalau kamu menemukan lowongan kerja dengan informasi yang kurang spesifik, sudah dipastikan itu adalah lowongan kerja palsu.

2. Situs atau website perusahaannya tidak jelas atau abal-abal

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!pexels/startupstock

Ini adalah ciri-ciri lowongan kerja yang palsu. Sebaliknya, lowongan kerja yang asli biasanya memiliki situs dan media sosial (Medsos) resmi yang menjelaskan profil serta kegiatan dari perusahaan. Jadi, jika situs yang ingin kamu lamar terkesan tidak jelas, sebaiknya tidak perlu mendaftar.

3. Mereka menggunakan email dengan domain gratisan

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!unsplash/Yogas Design

Setiap perusahaan resmi, baik yang sedang berkembang atau sudah terkenal biasanya memiliki domain email sebagai ciri identik. Sehingga, email yang tertera dalam lowongan kerja seharusnya tidak menggunakan domain email gratis, seperti @gmail, @yahoo, @ymail, dan lainnya.

4. Lokasi perusahaan yang dicantumkan berbeda dengan yang ada di internet

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!unsplash/Jonathan Borba

Kalau kamu mendapatkan panggilan wawancara di lokasi yang berbeda dari alamat perusahaan, sebaiknya waspada. Sebab bisa jadi itu adalah lokasi fiktif yang sebenarnya tidak ada. Pasalnya, perusahaan asli akan selalu melakukan wawancara kerja di gedung perusahaannya sendiri.

Beberapa perusahaan juga akan memiliki beberapa cabang sehingga alamatnya berbeda-beda. Kamu harus cari kantor cabangnya di situs atau search di Google dulu. Dalam hal ini, biasanya informasi tersebut akan dicantumkan di lowongan kerja yang ditawarkan.

Baca Juga: 6 Tip Cari Lowongan Kerja Luar Negeri

5. Gaji yang ditawarkan tidak masuk akal

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!unsplash/Viacheslav Bublyk

Jika ada lowongan kerja yang menawarkan gaji tinggi dengan kualifikasi rendah sebaiknya jangan berbesar hati dulu. Bisa jadi itu lowongan palsu. Karena biasanya lowongan pekerjaan yang asli akan selalu mencantumkan gaji yang masuk akal sesuai kriteria dan pengalaman kerja dari calon kandidatnya.

6. Memiliki jejak digital yang buruk

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!pixabay/free-photos

Sebelum benar-benar mengirimkan lamaran, sebaiknya periksa dulu mengenai informasi mengenai lowongan kerja yang ingin kamu lamar tersebut. Biasanya informasi perusahaan tersebut mudah kamu temui di internet. Jadi, kalau kamu menemukan informasi yang janggal dan aneh, lebih baik cari saja lowongan yang lain saja.

7. Mereka meminta bayaran saat interview

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu, Awas Tertipu!unsplash/Johanna Buguet

Gimana ceritanya perusahaan justru meminta bayaran ketika interview pelamar. Dengan dalih administrasi atau biaya training, gak jarang orang-orang yang mendaftar rela mengeluarkan uang tanpa berpikir panjang. Begitu uang tersebut sudah ditransfer atau dibayar, perusahaan akan menghilang begitu saja dan meninggalkan korbannya. Mereka akan punya banyak dalih untuk menolak bertemu, atau menyebutkan kalau kamu tidak masuk dalam kriteria meski sudah membayarnya. Uang tidak bisa kembali.

Itu dia ciri-ciri lowngan kerja palsu. Semoga kamu tidak tergiur dan aman dari penipuan ya. Semangat!

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya