Comscore Tracker

Kerja Bertahun-tahun Tapi Tak Naik Jabatan? Terapkan Saja 6 Sikap Ini

Biar kamu gak setengah-setengah kalau kerja

Setiap orang yang terjun ke dunia kerja profesional, pasti menginginkan segera naik jabatan. Tapi nyatanya gak semudah itu bisa naik ke jenjang karier yang lebih tinggi. Bahkan sampai ada yang sudah bekerja bertahun-tahun, tapi gak juga kunjung mendapatkan promosi jabatan.

Nah, kalau kamu termasuk pekerja yang punya ambisi ingin segera naik level dalam pekerjaan, coba saja mulai terapkan enam sikap berikut ini. Bisa kamu mulai sejak awal bekerja di perusahaan ya.

1. Sejak awal pilih pekerjaan yang sesuai denganmu

Kerja Bertahun-tahun Tapi Tak Naik Jabatan? Terapkan Saja 6 Sikap Inipexels/ bruce mars

Sebelum melamar pekerjaan, kenali dulu perusahaan yang akan kamu tuju. Apakah visi dan misi serta posisi yang kamu incar, sesuaikan dengan minat serta bakatmu. Jangan sampai kamu salah alamat, alias asal dapat pekerjaan tanpa memikirkan seluk-beluk perusahaan, dan job desk yang akan kamu emban saat diterima nanti.

Keliru memilih kantor, hanya akan membuat kamu gak leluasa dan nyaman dalam bekerja. Gimana mau segera dapat promosi kalau begitu?

2. Buat dirimu nyaman dengan suasana kantor

Kerja Bertahun-tahun Tapi Tak Naik Jabatan? Terapkan Saja 6 Sikap Inipexels/ Canva Studio

Setelah berhasil diterima di perusahaan yang kamu impikan, langkah selanjutnya adalah membuat dirimu sendiri nyaman dengan lingkungan kantor. Anggap kantor tersebut sebagai rumah keduamu, dan warga di dalamnya adalah keluargamu.

Kamu bisa mulai dengan mendekor meja kerja sesuai gayamu, atau membawa bantal kecil, serta mug kesayangan untuk menemanimu bekerja. Suasana kantor yang nyaman akan membuatmu betah, dan mudah berkonsentrasi dalam bekerja. 

3. Sebisa mungkin hindari konflik dengan rekan kerja

Kerja Bertahun-tahun Tapi Tak Naik Jabatan? Terapkan Saja 6 Sikap Inipexels/ mentatdgt

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu harus menganggap rekan kerja sebagai saudara atau keluargamu juga. Maka sebisa mungkin hindari konflik dengan mereka. Usahakan untuk main aman, salah satunya dengan bersikap netral.

Jangan ikut bergosip, atau melakukan cara-cara licik untuk menjatuhkan sesama karyawan. Ingat, punya musuh di kantor hanya akan menghambat kinerjamu saja, otomatis tujuan awalmu untuk dipromosikan juga ikut terhambat.

Baca Juga: 5 Gestur yang Dinilai Buruk di Mata HRD Saat Wawancara Kerja

4. Selesaikan pekerjaanmu tepat waktu

Kerja Bertahun-tahun Tapi Tak Naik Jabatan? Terapkan Saja 6 Sikap Inipexels/ Burst

Usahakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan atasan tepat waktu. Tapi tetap ingat kualitas kinerjamu juga, ya. Jangan hanya karena diburu deadline, kamu jadi mengerjakannya asal-asalan yang penting kelar. Kalau kamu bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat dan cepat, tentu saja bosmu akan memberikan nilai plus tersendiri buatmu. 

5. Taati peraturan yang berlaku

Kerja Bertahun-tahun Tapi Tak Naik Jabatan? Terapkan Saja 6 Sikap Inipexels/ Christina Morillo

Tak kalah penting adalah kamu harus paham serta taat terhadap peraturan kantor. Jangan sampai lalai apalagi melanggarnya. Kalau perlu tanyakan secara detail pada HRD, jika ada peraturan yang tak kamu pahami. Karyawan yang mentaati peraturan tentu saja menjadi idaman atasan.

Selain mendapat predikat teladan, kamu juga bisa menarik simpati si bos, dan bisa saja untuk kenaikan jabatan berikutnya, kamu bakal masuk daftar calon yang dipertimbangkan.

6. Tunjukkan pada atasan kalau kamu punya kemampuan mumpuni

Kerja Bertahun-tahun Tapi Tak Naik Jabatan? Terapkan Saja 6 Sikap Inipexels/ fauxels

Jangan takut untuk show up, selama kamu yakin bisa mengerjakannya. Tidak perlu ragu untuk menawarkan diri. Bos paling suka dengan karyawan yang punya rasa percaya diri dan inisiatif bekerja.

Tak harus menunggu disuruh, kamu bisa mengambil langkah cepat untuk mengerjakan tugas sesuai kemampuanmu. Tunjukkan pada atasan kalau kamu punya kemampuan dan layak diberi apresiasi olehnya.

Perusahaan yang bagus adalah ketika mereka mendukung karyawannya untuk mengembangkan diri. Karyawan yang benar-benar punya kemampuan, tidak akan bosan untuk menantang dirinya, sampai ia bisa mencapai posisi yang diinginkan. Semoga kamu termasuk di dalamnya ya. Selamat berkarya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Angel Rose di IDN Times Community dengan judul Terapkan 6 Sikap Ini Supaya Kamu Lekas Naik Jabatan di Kantor

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You