Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Orang yang Meremehkan Penghasilan Gak Tetap Kamu

Kamu perlu membuktikan untuk diri sendiri, bukan orang lain

Kerja di perusahaan pasti ada lebih dan kurangnya, termasuk juga kalau bekerja lepas dan tidak terikat di satu tempat kerja, serta usaha sendiri. Belum lagi terkait penghasilannya yang merasa tak sesuai.

Terkadang orang lain ada yang ikut mempermasalahkan penghasilan kamu. Mungkin sekali atau dua kali tidak ada pengaruhnya. Tetapi kalau terlalu sering dilakukan, bukan gak mungkin kamu jadi minder dan pesimis dengan pilihan hidupmu. Sebelum mentalmu semakin drop, coba deh lakukan lima hal ini:

Baca Juga: Hindari 5 Sikap Ini Jika Jumlah Penghasilan Suami Istri Berbeda

1. Penghasilan boleh tidak tetap, yang penting kamu masih berpenghasilan dan bisa dikelola dengan baik

5 Cara Hadapi Orang yang Meremehkan Penghasilan Gak Tetap KamuUnsplash.com/andrewtneel

Penghasilan yang tidak menentu bukanlah akhir dari segalanya. Pengelolaan keuangan yang baik tidak ditentukan oleh besar atau kecilnya penghasilan. Mau itu penghasilanmu besar atau kecil, asalkan pengelolaanny tepat, pasti bisa menabung.

Satu hal yang harus kamu pastikan adalah kamu masih punya penghasilan dan kontrol diri yang baik. Kalau kamu sedang mendapat penghasilan besar, jangan lantas berfoya-foya. Tujuannya biar ketika penghasilanmu sedang kurang bagus, kamu tetap punya simpanan. Begitu pula jika penghasilannya kecil. Kamu harus sanggup mengelolanya, cari yang paling prioritas, dan tahan diri untuk berbelanja tersier.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Jadi Orang Kaya dan Bisnis Tanpa Utang Versi OBS Group

2. Berpenghasilan tidak tetap bukan berarti selalu lebih rendah daripada yang berpenghasilan tetap, kan?

5 Cara Hadapi Orang yang Meremehkan Penghasilan Gak Tetap KamuUnsplash.com/mann_pantoja

Kalau orang berpenghasilan tetap seringkali digambarkan kondisinya jauh lebih baik daripada yang gak tetap. Padahal belum tentu juga. Kamu tinggal mencari ide-ide peluang lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan peluangnya masih sangat besar lho.

Awalnya memang tidak mudah. Cari passion kamu, seringlah nimbrung dengan orang-orang pebisnis, ikut pelatihan, manfaatkan internet, dan masih banyak cara lain untuk menemukan penghasilan tambahan.

3. Meskipun kerja secara mandiri, kamu tetap harus menjaga produktivitas dan kualitas hasil kerja

5 Cara Hadapi Orang yang Meremehkan Penghasilan Gak Tetap KamuPexels.com/bongkarn-thanyakij-683719

Ini kuncinya. Kamu gak punya atasan seperti karyawan yang kerja di kantor. Tetapi bukan berarti kamu bisa sebebasnya dan santai. Kamu tetap harus punya target sendiri untuk menjaga produktivitas, sekaligus kontrol atas hasil kerjamu. Kalau kamu produktif dan hasil kerjamu gak sembarangan, pasti hasilnya juga gak akan mengkhianati usaha.

Baca Juga: Tangguh tapi Sensitif, 5 Zodiak Ini Paling Gak Tahan Ketika Diremehkan

4. Penghasilan yang gak menentu akan memaksamu untu kbelajar berhati-hati

5 Cara Hadapi Orang yang Meremehkan Penghasilan Gak Tetap KamuUnsplash.com/kiyun911

Kamu jadi lebih hati-hati mengeluarkan uang dan semakin menjaga kesehatan. Sebab ketika jatuh sakit saja, kamu pasti mengeluarkan uang yang tidak sedikit dan itu akan memengaruhi kinerja. Jadi kamu gak mudah lengah dalam hal apapun. Ketika dapat uang lebih, kamu akan memilih untuk menabungnya atau berinvestasi daripada bersenang-senang.

5. Ketika diremehkan, motivasi kamu harus semakin besar biar maju

5 Cara Hadapi Orang yang Meremehkan Penghasilan Gak Tetap KamuPexels.com/daria

Kamu punya pilihan: mau terpengaruh oleh remehan orang-orang sekitar, lalu pesimis ataukah tidak. Sebaiknya remehan itu jadi cambukan kamu untuk belajar dan bekerja lebih giat.

Kamu tidak perlu merasa terbebani untuk membuktikan apapun kepada orang lain. Fokus saja pada dirimu dan pekerjaan. Lakukan yang terbaik buat kamu. Yang penting, penghasilan itu cukup dan kamu bahagia. Toh, mereka tidak perlu tahu berapa jumlah penghasilanmu yang sebenarnya.

Tetap semangat ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Gagal Produktif, Jangan Diremehkan!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Marliana Kuswanti di IDN Times Community dengan judul 5 Pengingat Jika Sering Diremehkan karena Gak Punya Penghasilan Tetap

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya