Comscore Tracker

5 Penyebab Jabatan dan Gaji Kamu Gak Naik-naik

Tanggung jawab semakin tinggi kalau naik jabatan. Iya gak?

Seseorang sering dikatakan kariernya bagus apabila memiliki jabatan dan gaji yang besar. Apalagi jika usianya masih, namun kedudukannya setara dengan senior. Itu impian semua orang sih. Mungkin kamu juga merasa jabatan dan gajinya stuck. Tidak ada perkembangan meskipun udah lama kerja di perusahaanmu.

Kenapa ya gak naik-naik jabatan dan gaji? Mungkin, ada hal yang membuatmu tidak menyadari akan beberapa poin di bawah ini:

Baca Juga: 5 Cara Cepat Jadi Orang Kaya dan Bisnis Tanpa Utang Versi OBS Group

1. Sistem kenaikan gaji di perusahaan kamu memang minim

5 Penyebab Jabatan dan Gaji Kamu Gak Naik-naikpixabay.com/CUsai

Sistem yang diterapkan oleh perusahaan juga bisa menentukan naik atau tidaknya jabatan gaji. Semua dimulai dari start gaji yang kamu terima di awal. Kenaikan gaji normalnya 8 hingga 10 persen per tahun. Jadi kalau sejak awal terima gaji kecil, pasti kalah sama yang baru masuk dan gajinya udah mengikuti Upah Minimum Regional (UMR) tahun yang baru.

2. Kamu menghadapi saingan yang terus baru setiap tahunnya

5 Penyebab Jabatan dan Gaji Kamu Gak Naik-naikpixabay.com/olga-filo

Para fresh graduate setiap tahunnya itu pasti masuk ke perusahaan tempat kamu kerja bukan? Jangan sekali-kali meremehkan para fresh graduate ini, karena kamu mungkin menang secara pengalaman. Namun mereka menang secara semangatnya.

Kamu saja sudah mulai mengeluh kapan naik gaji dan naik jabatan. Tapi mereka yang baru lulus hanya berpikir bagaimana mereka bisa lolos jadi karyawan tetap dengan menunjukkan kinerja yang baik. Jadi, jangan remehkan para lulusan baru juga, ya.

Baca Juga: Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja Ini

3. Mungkin jabatan kamu sudah yang paling top di bidangnya

5 Penyebab Jabatan dan Gaji Kamu Gak Naik-naikpixabay.com/SNCR_GROUP

Misalnya, kamu sebagai pekerja lapangan. Menjadi manajer lapangan adalah posisi teratas di divisi kamu. Kamu juga gak bisa berharap kerja di dalam kantoran atau menjadi manajer di kantor pusat. Boleh sih bermimpi, tapi kamu juga harus mengetahui realitasnya.

Balik lagi, semua diawali dari mana kamu memulainya. Kalau full time di lapangan, harus berbesar hati jika jadi manajer lapangan adalah posisi top yang kamu kamu dapatkan.

4. Pemimpin yang mengawali kamu sejak awal berkarier udah diganti

5 Penyebab Jabatan dan Gaji Kamu Gak Naik-naikPexels/Andrea Piacquadio

Ini yang harus kamu hadapi. Karena bisa jadi pemimpin yang baru juga memerlukan karyawan sesuai pilihannya, bukan 'bekas' dari pemimpin sebelumnya.

Maka akan wajar jika kamu gak bisa berkembang. Karena posisi yang seharusnya bisa kamu dapatkan, justru digantikan oleh orang baru pilihan pemimpin baru. Sakit sih, tapi ini realitas yang harus kamu hadapi.

5. Usaha kamu memang belum benar-benar serius dan tidak menunjukkan performa yang baik

5 Penyebab Jabatan dan Gaji Kamu Gak Naik-naikpixabay.com/BLACK17BG

Kerja lama sampai berpuluhan tahun di perusahaan belum tentu dapat menaikkan jabatan. Misalnya nih, kamu bekerja sebagai sales:

Target jualan kamu terpenuhi selama sebulan, lantas bersantai-santai setelahnya.

Kamu tidak ada usaha untuk bekerja keras lagi untuk mencari banyak konsumen. Tujuannya supaya di akhir bulan nanti, penjualan kamu dapat menutup penjualan enam bulan ke depan.

Makanya kamu tetap berada di posisi itu-itu saja. Kalau menginginkan jabatan dan gaji yang besar, kamu juga harus bekerja keras serta bertanggung jawab. Artinya, kalau melihat contoh kasus di atas, usahamu belum mampu meyakinkan pemimpin bahwa kamu layak naik jabatan.

Semoga poin-poin di atas bisa menyadarkan kamu ya. Semangat, guys!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Laurensius Aldiron di IDN Times Community dengan judul Kamu Merasa Karier dan Gaji Gak Naik-naik? Mungkin Ini 5 Penyebabnya!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya