Comscore Tracker

Deretan Soundtrack Bollywood yang Durasinya di Atas 10 Menit

Betah banget yang dengerin ya

Setiap film produksi Bollywood pasti memiliki soundtrack yang dibuat khusus untuk memperkuat cerita. Tidak peduli apakah lagu tersebut akan menjadi scene penting dalam film atau hanya menjadi backsound di sepanjang film.

Lagu-lagunya pun memiliki banyak genre. Mulai dari musik India klasik hingga akapela. Durasinya terbilang tidak terlalu pendek, juga tidak terlalu panjang. Rata-rata, soundtrack film Bollywood berdurasi 3-5 menit. Tapi ada juga lho yang durasinya lebih dari 10 menit.

Nah, berikut ini penulis mengumpulkan tujuh lagu Bollywood dengan durasi terpanjang sepanjang masa:

1. Ab Tumhare Hawale Watan Saathiyo

https://www.youtube.com/embed/jKzCPLu98O4

Lagu yang memiliki judul sama dengan judul filmnya ini berdurasi selama 15 menit. Lagu ini kemudian dipotong menjadi beberapa bagian untuk kebutuhan adegan yang dilakukan oleh aktor yang berbeda. Tidak hanya itu saja, lagu ini juga dinyanyikan oleh playback singer yang berbeda, yaitu Sonu Nigam dan Udit Narayan.

Sampai saat ini, Ab Tumhare Hawale Watan Saathiyo masih menjadi lagu Bollywood dengan durasi terpanjang.

2. The Medley

https://www.youtube.com/embed/q4R2xRnN89A

Sesuai dengan judulnya, The Medley merupakan gabungan dari berbagai judul lagu yang menjadi soundtrack film India tahun 90-an dan awal tahun 2000-an.

Beberapa judul lagu yang terdapat dalam The Medley antara lain Kaho Na Pyaar Hai yang merupakan OST film Kaho Na Pyaar Hai, Mehndi Laga Ke Rakhna OST film Dilwale Dulhania Le Jayenge, hingga Tum Paas Aaye OST film Kuch Kuch Hota Hai.

Jadi, tidak heran jika durasi soundtrack Mujhse Dosti Karoge ini mencapai 12:09 menit lamanya.

3. Suno Ji Dulhan

https://www.youtube.com/embed/_Jd_bSJJVTw

Lagu Bollywood dengan durasi terpanjang berikutnya ada Suno Ji Dulhan. Soundtrack film Hum Saath Saath Hain ini memiliki durasi 11.38 menit!

Lagu ini sengaja dibuat untuk mengiringi tarian yang dilakukan oleh hampir seluruh pemain film secara bergantian untuk si pengantin wanita yang sudah menjadi bagian dari keluarga besar suaminya.

4. Senti Wali Mental

https://www.youtube.com/embed/qIh6Yk-E1So

Tidak hanya film Bollywood produksi tahun 90-an saja yang lagunya memiliki durasi panjang. Shaandaar yang rilis pada tahun 2015 ini juga memiliki lagu dengan durasi mencapai lebih dari 10 menit.

5. Sandese Aate Hain

https://www.youtube.com/embed/BQBidc3eHPY

Soundtrack dari film Border berdurasi kurang lebih 10 menit. Lagu yang ditulis oleh penulis lagu terkenal, Javed Akhtar, ini menjadi salah satu lagu Bollywood dengan durasi terpanjang yang pernah dibuat untuk kebutuhan film.

6. Antakshari – Maine Pyar Kiya

https://www.youtube.com/embed/1ko0HW4VLvk

Buat kamu yang belum tahu, antakshari merupakan permainan lagu yang dimainkan oleh grup perempuan dan grup pria. Aturan dari permainan ini cukup sederhana, setelah grup pertama selesai menyanyikan lagunya, grup kedua harus menyanyikan lagu lain dengan menggunakan huruf awal dari lagu yang sebelumnya.

Jadi, tidak heran jika salah satu soundtrack film Maine Pyar Kiya yang berdurasi 9,08 menit ini dirasa kurang panjang untuk adegan sekeren ini. Ya, masih ada yang di bawah 10 menit sih. Tapi 9 menit termasuk panjang gak sih?

7. Piya Tose Naina Laage Re

https://www.youtube.com/embed/_i493uN6YHk

Pada tahun 60-an, soundtrack dengan durasi lebih dari 5 menit bukanlah hal yang aneh. Tapi satu lagu dari film Guide yang dinyanyikan oleh Lata Mangeshkar ini memiliki durasi lebih dari 8 menit. Beberapa menit lebih panjang dari durasi standar pada masa itu.

Wew, kamu ada yang dengerin full lagunya gak??

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Febby Arshani di IDN Times Community dengan judul 7 Lagu Bollywood Ini Memiliki Durasi yang Kelewat Ekstrem!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You