Comscore Tracker

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama Populer

Keberhasilan cerita ada di tangan mereka

Belakangan ini drama Korea semakin digandrungi oleh publik di Indonesia. Keberhasilan sebuah tayangan, termasuk drama Korea itu sendiri ditentukan oleh banyak hal. Selain berkat arahan piawai sang sutradara, penulis naskah atau script writer juga memegang peranan penting. Karya mereka dipertaruhkan dalam meraih kesuksesan lantaran ide cerita dan dialog para pemeran sangat menentukan respons dari penonton. 

Karya yang baik biasanya akan mampu membekas di hati penonton dalam jangka waktu yang sangat lama, meskipun drama tersebut sudah lama mengudara. Selama ini sosok para penulis naskah memang jarang terekspos. Nah berikut ini beberapa nama penulis naskah yang mampu ikut mengantarkan tayangan sebuah drama Korea sukses diterima publik. 

1. Park Ji Eun

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama PopulerBerbagai sumber

Park Ji Eun mulai meniti kariernya sebagai penulis naskah pada tahun 1997. Perempuan kelahiran 1976 ini terkenal dengan naskah drama dengan jalan cerita yang unik dan menarik untuk diikuti. Ada yang bergenre fantasi, ada pula yang nonfantasi.

Beberapa naskah drama hits yang pernah ditulis Park Ji Eun di antaranya Queen of Housewives (2009), My Husband Got a Family (2012), My Love From The Stars (2013), The Producers (2015), hingga Legend of The Blue Sea (2016), dan Crash Landing on You (2019).

2. Hong Sisters

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama PopulerBerbagai sumber

Hong Sisters atau Hong Bersaudara merupakan dua penulis naskah yang terdiri dari Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran. Mereka debut pada tahun 2005 dan langsung sukses dengan drama Sassy Girl Chun Hyang. The Greatest Love (2011) adalah drama yang mengantarkan Hong Bersaudara menerima berbagai penghargaan sebagai penulis naskah terbaik.

Hong Bersaudara ternyata juga piawai menulis naskah drama bergenre fantasi. My Girlfriend is Gumiho (2010), Master's Sun (2013), dan yang terbaru adalah Hotel Del Luna (2019).

3. Lee Woo Jung

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama PopulerDok. STARNEWS dan Dok. tvN

Kalau kamu penyuka drama bergenre slice of life, kamu pasti tak melewatkan drama-drama keren seperti Reply 1997 (2012), Reply 1994 (2013), dan Reply 1998 (2015). Yaps, drama tersebut merupakan garapan penulis ternama Lee Woo Jung.

Drama-drama di atas membuat hati tak karuan karena kombinasi unsur komedi, sedih, luka, dan gembira yang dibalut kisah persahabatan, romansa, dan keluarga. Apakah kamu menonton Hospital Playlist (2020)? Drama yang dibintangi Jo Jung Suk dan Yeo Yeon Seok itu juga ditulis oleh Lee Woo Jung lho.

4. Lee Kyung Hee

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama PopulerBerbagai sumber

Kamu suka dengan cerita melodrama yang menguras hati dan air mata? Jika iya, kamu pasti familiar dengan drama I'm Sorry, I Love You (2004) dan Uncontrollably Fond (2016).

Dua melodrama hits yang dibintangi aktor So Ji Sub dan Kim Woo Bin ditulis oleh Lee Kyung Hee. Drama terbarunya adalah Chocolate (2019) yang dibintangi oleh Ha Ji Won dan Yoon Kye Sang.

Baca Juga: Penuh Romansa, 13 Drama Korea Populer yang Ditulis Kim Eun Sook

5. No Hee Kyung

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama Populerasianwiki.com

Drama-drama No Hee Kyung umumnya mengisahkan kehidupan urban yang mengiris hati. Karakter dalam drama No Hee Kyung juga cenderung kompleks. Namun dialognya ringan dan dalam.

Drama That Winter, The Wind Blows (2013), dan It's Okay, That's Love (2014) adalah dua drama No Hee Kyung yang paling terkenal. Proyek terbaru No Hee Kyung adalah drama Here. 

Jo In Sung yang bergabung di dua drama di atas menolak tawaran naskah drama ini. Namun, drama ini akan dibintangi jajaran artis papan atas seperti Lee Byung Hyun, Han Ji Min, Shin Min Ah, Bae Sung Woo, dan Nam Joo Hyuk.

6. Kim Young Hyun

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama PopulerDok. tvN dan asianwiki.com

Kiprah penulis Kim Young Hyun dalam penulisan drama kerajaan atau sageuk tak perlu diragukan lagi. Penonton Indonesia seakan dibawa kembali ke masa lalu berkat A Jewel in the Palace (2003) dan The Great Queen Seondeok (2009).

Drama terbarunya yang mencuri hati adalah Arthdal Chronicles (2019). Drama yang mengisahkan konflik antarsuku kuno ini dibintangi Song Joong Ki, Kim Ji Won, dan Jang Dong Gun. 

7. Kim Eun Hee

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama PopulerDok. Netflix dan asianwiki.com

Pencinta drama thriller pastinya familiar dengan drama Signal (2016) dan Kingdom (2019 dan 2020) dong? Kalau kamu adalah penggemar kedua drama tersebut, kamu patut ngefans dengan Kim Eun Hee. Ia adalah penulis naskah drama yang patut diperhitungkan.

Penulis yang baru debut tahun 2010 ini pernah memenangkan penghargaan Best Screenplay film Signal pada tahun 2016.

8. Kim Eun Sook

Jarang Terekspos, Ini 8 Penulis Naskah KDrama PopulerDok. SBS dan soompi.com

Bisa dibilang Kim Eun Sook adalah penulis naskah drama Korea yang paling populer saat ini. Drama yang ditulis Kim Eun Sook umumnya bertema pop culture dengan dialog dan adegan romansa yang mudah menyentuh hati.

Drama Lovers in Prague (2004), The Heirs (2013), Descendants of The Sun (2015), Guardian: The Lonely and Great God (2016), hingga yang terbaru The King: Eternal Monarch (2020). Banyak yang bilang, drama Mr. Sunshine (2018) yang dibintangi Lee Byung Hyun dan Kim Tae Ri adalah drama terbaik yang ditulis Kim Eun Sook. 

Nah itulah 8 penulis naskah drama Korea yang termasuk paling berhasil. Ide cerita dan plot yang mereka bangun mengantarkan karya keseluruhan bisa diterima luas oleh publik. Kita nantikan ide mereka berikutnya ya atau mungkin kamu bisa terinspirasi dari para penulis ini.

Baca Juga: Sempat Diragukan, 9 Momen Mesra Lee Min Ho dan Kim Go Eun di The King

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya