Comscore Tracker

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahu

Gak usah malu. Ini adalah hal yang wajar

Mimpi basah merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami orgasme tanpa disadarinya karena mimpi, baik yang memuat unsur erotis maupun tidak. Kamu barangkali sudah sangat paham akan hal ini. Tapi tahukah kamu, ada fakta-fakta lain tentang mimpi basah yang belum ketahui. Ini di antaranya:

1. Perempuan juga bisa mengalami mimpi basah

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahugreatist.com

Seorang perempuan dapat mengalami mimpi basah ketika mengalami orgasme. Keadaan ini tak lain sebagai bagian dari sekresi vagina tambahan yang diperoleh dari rangsangan. Hanya saja memang, laki-laki lebih sering mengalami kejadian ini. Karena secara alami mereka ereksi beberapa kali dalam satu malam saat tidur.

2. Mimpi basah tidak mengurangi sistem imun tubuh

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahu24life.com

Pernyataan bahwa mimpi basah dapat membuat seseorang jadi berimunitas rendah adalah mitos. Sebaliknya, mimpi basah membantu mengurangi kelebihan sperma yang ada pada testis. Tentunya, aktivitas alami tubuh ini merupakan tanda sistem reproduksi yang berfungsi dengan sehat.

3. Banyak terjadi di masa pubertas

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahunextgenerationvillage.com

Bukan tidak mungkin orang dewasa mengalami mimpi basah. Namun, kebanyakan momen ini dialami pada usia pubertas karena adanya perubahan hormon.

Pada usia dewasa, kadar hormon cenderung lebih stabil. Selain itu, individu dalam masa pubertas juga tidak memiliki frekuensi bercinta maupun masturbasi sebanyak orang dewasa sehingga sperma yang sudah tua dilepaskan pada saat tidur.

4. Masturbasi tidak menjamin bebas dari mimpi basah

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahupixels.com

Meski masturbasi dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengalami mimpi basah, hal ini bukan jaminan bahwa mimpi basah pasti tak akan terjadi. Bukti yang menghubungkan antara masturbasi dan mimpi basah masih sangat sedikit. Untuk itu, bila ingin membuktikannya, kamu bisa mempraktikkannya sendiri.

5. Seseorang mungkin saja tidak pernah mengalami mimpi basah

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahuskylandtrail.org

Mimpi basah dapat terjadi pada laki-laki maupun wanita dan tidak dapat dikontrol maupun dihentikan. Kendati demikian, sangat mungkin pula seseorang tidak pernah mengalami mimpi basah.

6. Posisi tidur dapat memicu terjadinya mimpi basah

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahuitsblossom.com

Sebuah studi di American Psychological Assosiation menyatakan bahwa posisi tidur telungkup dapat memicu seseorang untuk bermimpi seksual. Namun, bukti untuk mendukung hal ini masih sangat terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar menemukan apakah posisi tidur tertentu dapat memengaruhi seseorang untuk mengalami mimpi basah.

7. Mimpi basah bukan pertanda penyakit tertentu

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahuromper.com

Jangan percaya bila ada yang mengatakan mimpi basah adalah sebuah pertanda adanya kondisi medis atau penyakit tertentu. Justru, mimpi basah bisa jadi indikator bahwa organ seksual masih berfungsi dengan sehat.

8. Mimpi basah tidak mengurangi jumlah sperma

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahuruntastic.com

Ada orang-orang yang meyakini bahwa mimpi basah akan mengurangi jumlah sperma seorang laki-laki. Kenyataannya, mimpi basah hanyalah cara testis untuk mengeluarkan sperma yang sudah cukup lama tertimbun, sehingga memberi ruang bagi sperma yang baru dan sehat di dalam tubuh.

9. Mimpi basah tidak mengurangi ukuran penis

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahuyoungmenshealthsite.org

Beberapa orang percaya bahwa mimpi basah dapat mengurangi ukuran penis. Sayangnya hingga kini, belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan hal tersebut. Bahkan, tak ada penyakit atau hal alami apa pun yang dapat menyebabkan organ reproduksi laki-laki ini dapat menyusut.

10. Mimpi basah tidak selalu karena mimpi erotis

Tak Selalu Erotis, 10 Fakta Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahuhealth.clevelandclinic.org

Mimpi basah sering dihubungkan dengan mimpi seksual atau erotis. Faktanya, seseorang bisa saja mengalami mimpi basah tanpa harus bermimpi terkait aktivitas seksual. Percaya atau tidak, stimulasi yang dihasilkan dari kenyamanan tempat tidur saja bisa memicu terjadinya mimpi basah.

Biasanya orang akan malu jika ketahuan sedang mimpi basah sekalipun tak ada mimpi 'menggairahkan' yang dialami. Jadi, dengan mengetahui info ini kamu sedikit lebih tahu fakta-fakta soal mimpi basah ya.

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Bau Vagina dan Bahayanya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya