6 Tes Kesehatan yang Harus Dilaksanakan Pasangan Sebelum Menikah

Jadi gak hanya menyiapkan dekorasi hingga undangan aja

Menikah merupakan tahapan paling penting dalam kehidupan setiap manusia. Karena hanya terjadi sekali seumur hidup, maka idak ada salahnya jika setiap orang pasti akan mempersiapkan pernikahannya sebaik mungkin. Mulai dari dekorasi, gaun, venue, undangan, hingga suvenir pernikahan.

Namun selain itu, ada satu hal yang paling utama harus dipersiapkan oleh pasangan yang hendak menikah. Yaitu premarital check up.

Premarital check up adalah tes kesehatan yang dilakukan pasangan sebelum melangsungkan pernikahan. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa kedua calon mempelai dinyatakan sehat baik secara fisik maupun psikis. Tes ini juga memungkinkan kamu mendapatkan keturunan yang sehat.

Mungkin sebagian pasangan sudah menyadari pentingnya premarital check up, tapi kebanyakan dari mereka masih ada yang belum tahu akan hal ini. Lalu bagaimana ya tahapan premarital check up ini? Berikut rangkaian premarital check up yang harus kamu ketahui.

1. Pemeriksaan kesehatan secara umum

6 Tes Kesehatan yang Harus Dilaksanakan Pasangan Sebelum Menikahotravilsja.ru

Pemeriksaan ini terdiri dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, rhesus dan pemeriksaan urinalisis lengkap. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi penyakit tertentu atau tidak.

2. Pemeriksaan penyakit hereditas

6 Tes Kesehatan yang Harus Dilaksanakan Pasangan Sebelum Menikahpenyakitguladarah.com

Hereditas ini yang dimaksud adalah penyakit yang diturunkan orangtua. Calon pengantin juga harus tahu riwayat kesehatan dari garis keturunannya.

3. Pemeriksaan penyakit menular

6 Tes Kesehatan yang Harus Dilaksanakan Pasangan Sebelum Menikahshutterstock.com

Penyakit menular disini seperti HIV, hepatitis B dan hepatitis C. Selin itu akan dilakukan tes TORCH yang berfungsi untuk menguji adanya infeksi penyakit yang bisa menyebabkan gangguan pada kesuburan laki-laki maupun perempuan. Kemudian pemeriksaan untuk penyakit syphilis dan IMS (infeksi menular seksual).

4. Pemeriksaan yang berhubungan dengan organ reproduksi dan kesuburan

6 Tes Kesehatan yang Harus Dilaksanakan Pasangan Sebelum Menikahwartakesehatan.com

Bagi perempuan, pemeriksaan ini meliputi USG dan HSG. Pemeriksaan lebih lanjut juga harus dilakukan untuk perempuan yang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Sedangkan bagi laki-laki, dilakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan penis, skrotum, prostat dan hormon FSH, serta analisis sperma.

5. Pemeriksaan tambahan

6 Tes Kesehatan yang Harus Dilaksanakan Pasangan Sebelum Menikahshutterstock.com

Pemeriksaan ini dilakukan jika kedua calon memiliki alergi. Selain itu akan dilakukan vaksinasi dewasa.

6. Pemeriksaan kesehatan untuk ibu dan calon ibu

6 Tes Kesehatan yang Harus Dilaksanakan Pasangan Sebelum Menikahkeluarga.or.id

Pemeriksaan ini khusus untuk calon pengantin perempuan karena mereka akan menjadi calon ibu. Pemeriksaan ini terdiri dari pemeriksaan periodontal, pemeriksaan thyroid stimulating hormone (TSH), pemeriksaan CBC, pap smear dan pemeriksaan kepadatan mineral tulang.

Waktu yang tepat untuk melakukan premarital check up ini adalah enam bulan sebelum hari pernikahan. Jangan beranggapan kalau premarital check up ini dapat menggagalkan pernikahan kamu. Tapi justru bisa mengatasi masalah kesehatan dan dapat mengubah pola hidup kalian nanti menjadi lebih sehat.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You