Comscore Tracker

5 Bahan Alami di Dapur untuk Mengobati Keputihan, Bebas Kimia

gak berbahaya dan murah banget kok

Keputihan menjadi masalah kesehatan yang kerap mengintai para perempuan. Selain berbau gak sedap, keputihan juga kerap menimbulkan sensasi rasa gatal pada bagian vagina.

Alih-alih mengobati dengan obat-obatan kimia, coba yuk atasi masalah keputihan tersebut pakai bahan alami saja. Selain mudah didapat, bahan alami ini tentu lebih sehat dan tidak berbahaya kok.

1. Bawang putih

5 Bahan Alami di Dapur untuk Mengobati Keputihan, Bebas KimiaPexels/Buenosia Carol

Senyawa bioaktif yang terkandung dalam bawang putih berkhasiat menghilangkan bakteri, virus, maupun jamur tanpa memengaruhi pH vagina kamu. Cara mengkonsumsinya dengan cara ditumbuk lalu dilarutkan dengan segelas air putih pada pagi hari. Kamu juga bisa mengoleskan tumbukan bawang putih tersebut pada area keputihan.

2. Lidah buaya

5 Bahan Alami di Dapur untuk Mengobati Keputihan, Bebas KimiaPexels/Cintia Siqueira

Gak cuma sedap diolah menjadi minuman. Rupanya lidah buaya juga ampuh menyembuhkan masalah keputihan karena mampu meredam jaringan-jaringan pada rahim. Cukup dengan membuat jus lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, lalu direbus bersama daun sambiloto dan air secukupnya. Minumlah secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

Baca Juga: 7 Penyebab Berat Badanmu Gak Turun-turun Meski Makan Sedikit

3. Daun sambiloto

5 Bahan Alami di Dapur untuk Mengobati Keputihan, Bebas Kimiaginanjarherbal.com

Rasanya memang pahit, namun daun sambiloto ini punya segudang khasiat, salah satunya untuk mengobati keputihan. Senyawa bermanfaat yang dikandungnya, seperti mineral dan asam kersik, dapat membantu menghentikan masalah kesehatan vagina kamu tersebut.

Kamu bisa merebus daun sambiloto tanpa ditambah bahan lain, atau bisa juga ditambahkan pada rebusan lidah buaya yang sudah dihaluskan.

4. Kunyit

5 Bahan Alami di Dapur untuk Mengobati Keputihan, Bebas Kimiafoodsforbetterhealth.com

Berikutnya, kamu bisa mencoba mengkonsumsi kunyit yang telah diparut lalu diambil air perasannya. Kunyit ini mengandung zat anti bakteri yang bisa membantu menghilangkan keputihan yang membandel. Minum sehari dua kali untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Rebusan air beras

5 Bahan Alami di Dapur untuk Mengobati Keputihan, Bebas KimiaPexels/Bilguun Bayarmagnai

Terakhir, bahan alami yang bisa kamu coba adalah rebusan air beras. Namun, beras yang bisa dipakai hanyalah beras putih. Saat kamu sedang merebus beras, ambillah sebagian air rebusan tersebut setelah mendidih. Konsumsi rebusan air beras tersebut secara teratur segelas per hari.

Dijamin deh kalau kamu pilih satu dari bahan-bahan di atas pasti gak berbahaya. Selamat mencoba dan masalah keputihannya sembuh ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Intan Deviana di IDN Times Community dengan judul 5 Bahan Alami untuk Obati Keputihan, Sudah Tahu?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You