Comscore Tracker

5 Kebiasaan Perempuan yang Bikin Payudaranya Jadi Gatal, Awas Iritasi!

Mending dicubit pelan daripada digaruk. Iritasi nanti

Hampir setiap perempuan pasti pernah merasa gatal di bagian payudaranya. Terutama di sekitar puting dan bagian samping dekat ketiak. Sensasi gatal ini hanya muncul sesekali saja. Jadi tak perlu dikhawatirkan. Rasa gatal ini muncul karena perubahan kondisi hormon menjelang menstruasi atau saat hamil.

Tapi ada kebiasaan lain yang bisa memicu munculnya rasa gatal. Tanpa disadari, banyak perempuan yang masih melakukannya sampai sekarang. Seperti berikut ini:

1. Mengenakan bra ketat. Bahaya lho

5 Kebiasaan Perempuan yang Bikin Payudaranya Jadi Gatal, Awas Iritasi!freepik/iatsunnadiia

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat memang gak baik bagi kesehatan. Penggunaan celana ketat bisa membahayakan area organ intim. Selain itu, kaus yang terlalu ketat juga bisa memicu iritasi kulit.

Bagaimana dengan bra yang terlalu ketat? Ternyata juga gak baik untuk payudara, lho. Selain menghambat kelancaran aliran darah, bra ketat juga menimbulkan iritasi pada kulit payudara.

Tekanan yang dihasilkan tepian bra pada kulit payudara meninggalkan bekas kemerahan hingga rasa gatal. Pastikan kamu memilih bra dengan ukuran yang sesuai, ya.

2. Kurang tepat memilih jenis bra

5 Kebiasaan Perempuan yang Bikin Payudaranya Jadi Gatal, Awas Iritasi!freepik/yanalya

Pemilihan jenis bra juga berpengaruh terhadap kesehatan payudara. Gunakan tipe bra yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan. Misalnya saat akan berolahraga, pilih sport bra yang bisa menopang payudaramu dari banyak gerakan.

Cermati juga bahan bra yang akan kamu pilih. Jenis kain bisa memengaruhi kemampuan penyerapan keringat. Selain itu, cocokkan juga dengan karakter kulitmu. Ada beberapa perempuan yang kulitnya sensitif terhadap jenis kain tertentu.

Gak kalah penting, perhatikan motif atau aksen yang terpasang pada bra. Renda, kombinasi brokat, hingga bordiran berpotensi menyebabkan gatal dan iritasi jika terlalu sering bergesekan dengan kulit.

3. Membiarkan area payudara lembap

5 Kebiasaan Perempuan yang Bikin Payudaranya Jadi Gatal, Awas Iritasi!freepik/user11167029

Area payudara yang sering lembap memicu munculnya jamur dan bakteri. Apalagi jika kamu memiliki payudara dengan ukuran cukup besar, celah di antara kedua payudara lebih rentan lembap.

Jangan biarkan payudara terlalu lama dalam kondisi lembap. Segera keringkan area tersebut, ganti bra dan pakaian jika dirasa basah.

4. Kurang cermat saat mencuci bra

5 Kebiasaan Perempuan yang Bikin Payudaranya Jadi Gatal, Awas Iritasi!freepik/lifemorning

Sering diabaikan nih, ternyata proses mencuci bra juga bisa memengaruhi kesehatan payudara. Sisa partikel deterjen dan pewangi pakaian yang masih tertinggal di kain bisa menimbulkan iritasi pada kulit payudara.

Pastikan mencuci bra dengan baik dan benar, bilas hingga sisa sabun gak bersisa. Sebenarnya bra gak perlu ikut direndam dalam pewangi pakaian, lho.

Kamu juga bisa mengganti deterjen dengan sabun mandi saat mencuci pakaian dalam. Komposisi sabun mandi lebih aman untuk kulit di area sensitif ketimbang deterjen.

5. Terus menggaruk bagian payudara yang gatal

5 Kebiasaan Perempuan yang Bikin Payudaranya Jadi Gatal, Awas Iritasi!freepik/Freepik

Selain empat kebiasaan di atas, sensasi gatal ini juga bisa muncul karena perubahan hormonal. Seperti menjelang menstruasi, hamil, dan menyusui. Kulit payudara yang pernah terluka atau menjalani pembedahan juga rentan gatal. Ketika hal itu terjadi, sebaiknya cubit pelan atau tepuk-tepuk bagian tersebut untuk mengurangi rasa gatal.

Menggaruk bukannya menghilangkan sensasi gatal tersebut. Kamu bakal kecanduan dan terus ingin menggaruknya, sehingga berpotensi menimbulkan luka baru. Semoga kebiasaan-kebiasaan di atas kamu hindari ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You