Comscore Tracker

Teori Ini Patahkan Perempuan Bisa Hamil Jika 1 Kolam Renang Sama Pria

Hmmm, emang bisa ya?

Benar gak sih perempuan bisa hamil ketika berenang di kolam renang bersama pria? Pertanyaan ini kemudian mulai bermunculan, pascapernyataan kontroversi Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI, Sitti Hikmawatty, Jumat (21/2) lalu.

Pernyataan itu bermula, ketika Sitty menanggapi kasus aborsi di Paseban yang diungkap oleh kepolisian. Ia menjelaskan, proses kehamilan pada perempuan di bawah umur dapat terjadi ketika kaum hawa telah memproduksi sel telur. Sitty lalu berpendapat, kehamilan dapat terjadi pada perempuan yang sedang berenang di kolam renang bersama pria. Kehamilan ini sebagai contoh hamil tak langsung (Bersentuhan secara fisik).

"Pertemuan yang tidak langsung misalnya, ada sebuah mediasi di kolam renang, ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat, walaupun tidak terjadi penetrasi, tapi ada pria terangsang dan mengeluarkan sperma, dapat berindikasi hamil," katanya.

Nah, kini kembali lagi ke pertanyaan semula: benarkah perempuan bisa hamil ketika satu kolam renang bersama pria? Berikut ini teori para ahli, yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Umumnya, perempuan bisa hamil ketika penis ejakulasi di dalam saluran vagina

Teori Ini Patahkan Perempuan Bisa Hamil Jika 1 Kolam Renang Sama Priaunsplash.com/Louishansel

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, harus diluruskan terlebih dulu. Memang ada kemungkinan kecil bahwa perempuan bisa hamil tanpa ada penetrasi ke dalam vagina. Tetapi tak semudah itu juga.

Cara paling umum untuk hamil adalah ketika penis ejakulasi di dalam saluran vagina, tanpa dibatasi pengaman atau penggunaan alat kontrasepsi. Ejakulasi mengeluarkan air mani yang mengandung sperma. Sperma tersebut akan bergerak naik melalui leher rahim dan masuk ke dalam uterus.

Jika ada telur di saluran tuba falopi atau uterus, maka sperma dapat membuahinya, dan menempel pada uterus. Baru setelah itu, perempuan bisa hamil. Masih belum bisa menjawab pertanyaan yang awal ya.

Lantas bagaimana caranya bisa hamil tanpa ejakulasi di dalam vagina? Yuk, kita pahami dulu tentang sistem reproduksi manusia di bawah ini:

2. Sel reproduksi pria jumlahnya bisa mencapai 20 juta sel dalam 1 mililiter air mani

Teori Ini Patahkan Perempuan Bisa Hamil Jika 1 Kolam Renang Sama Priathatsnonsense.com

Jumlah sel sperma seorang pria subur dalam satu mililiter semen alias air mani, bisa mencapai 20 juta. Di bawah angka itu, sperma dinilai rendah jumlahnya. Meski begitu tetap berpotensi menyebabkan kehamilan jika masuk ke dalam vagina.

Cairan praejakulasi juga mengandung sperma, namun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Tetapi jarak antara praejakulasi dan ejakulasi sungguhan sangatlah kecil. Keduanya sering bercampur. Sehingga cairan yang keluar tetap mengandung sperma, dan berpotensi membuahi telur jika berhasil masuk ke vagina.

3. Gak mustahil sperma bisa masuk ke dalam vagina, kalau berada dekat dengan vulva atau lubang vagina

Teori Ini Patahkan Perempuan Bisa Hamil Jika 1 Kolam Renang Sama PriaIDN Times/Irma Yudistirani

Tuhan telah merancang sperma agar sanggup bergerak naik ke saluran vagina, dan menemukan sel telur. Sperma tetap bisa bergerak masuk meski dia berada cukup dekat dengan lubang vagina. Semakin banyak air mani yang berada di dekat vulva, semakin besar peluang sperma masuk ke dalam vagina.

Ingat ya! Sperma hanya bisa membuahi sel telur melalui saluran vagina. Tidak melalui pori-pori kulit, atau lubang lain, bahkan diminum sekali pun. Kecuali sperma itu berada di lubang anus dan keluar meluber, dan berada cukup dekat dengan lubang vagina.

4. Sperma bisa bertahan hidup 10 detik sampai lima hari, tergantung pada tempat jatuhnya dia

Teori Ini Patahkan Perempuan Bisa Hamil Jika 1 Kolam Renang Sama Priadpgmedia.be

Masa hidup sperma belum diketahui secara pasti. Tetapi para ilmuwan tahu, bahwa sperma bisa bertahan beberapa menit di udara bebas. Itu juga bergantung pada tempat sperma tersebut jatuh. Kalau sperma tersebut jatuh di daerah seperti kulit selangkangan atau belahan pantat, maka kesempatan dia untuk bertahan hidup sedikit lebih lama.

Perlu kamu catat: bahwa sperma tidak bisa mencari jalan sendiri ke vagina!

Tetapi kalau jatuh di lantai atau air dalam jumlah besar, sperma akan cepat mati. Maksimal dia dapat bertahan 10 sampai 30 detik. Tetapi kalau jatuh ke dalam air dengan suhu dingin, panas atau mengandung bahan kimia seperti kaporit selayaknya di kolam renang, maka sperma akan langsung mati sesaat setelah diejakulasikan.

Masa bertahan hidup sperma justru lebih lama ketika sudah masuk ke dalam saluran vagina. Masa hidupnya bisa mencapai lima hari. Sampai di sini, kamu sudah paham?

5. Seorang perempuan bisa hamil jika ada yang ejakulasi di atas atau dekat vulvanya

Teori Ini Patahkan Perempuan Bisa Hamil Jika 1 Kolam Renang Sama Priaunsplash/Lotte Lohr

Seorang pria yang ejakulasi di atas atau dekat vulva perempuan berpeluang hamil, meski tidak melakukan penetrasi. Jadi meski hanya melakukan gesekan di luar vagina, masih ada kemungkinan bagi sperma untuk bergerak masuk ke dalam.

Sperma juga bisa menembus kain lho. Tetapi kemungkinan untuk hamil relatif kecil, karena ada pembatas pakaian di antara kedua belah pihak.

Air mani yang menempel di jari tangan atau benda lain dan masih tergolong segar (Baru keluar), juga berpotensi menyebabkan kehamilan kalau digesekkan atau dimasukkan ke dalam vagina. Misalnya tanpa cuci tangan langsung menyentuh vagina, atau menggunakan alat bantu seks yang terkena ejakulasi segar. Semua hal itu berpotensi hamil meski tidak melakukan penetrasi penis ke dalam vagina.

Meski secara teori semua hal di atas bisa mengakibatkan hamil tanpa penetrasi ke dalam vagina, namun secara statistik bukti ilmiahnya sangat sedikit. Jadi boleh saja dikatakan, peluangnya juga masih sangat kecil.

Rata-rata kemungkinan di atas melibatkan semacam kegiatan seksual. Seperti menggesek-gesekkan kemaluan, atau memicu ejakulasi dengan tangan. Bukan karena berenang di kolam bersama pria. Semoga penjelasan teori di atas bisa menjawab seluruh pertanyaanmu ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya